021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Memperoleh Hak Merek

Tak hanya itu, mengetahui hal tersebut sangat penting, terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan info serupa.

Sebenarnya, hak merek dagang endiri menjadi identitas dari sebuah usaha yang meliputi merek produk, logo, dan beberapa simbol yang bisa membuat bisnis atau suatu produk terlihat berbeda atau unik jika dibandingkan dengan kompetitor yang lain.

Agar Tidak Ribet Memperoleh Hak Paten

Adanya hak merek sendiri akan bisa membantu Anda demi melindungi sebuah produk atau bisnis dari kemungkinan adanya penyalahgunaan, termasuk juga dengan pemalsuan ataupun penjiplakan yang memanfaatkan nama dan juga produk yang Anda miliki.

Jika terjadi pemalsuan atas merek dagang terjadi, maka pihak penyalahguna akan bisa dengan kewajiban membayar denda sebesar Rp 200juta sampai dengan 1 milyar rupiah.

Maka dari itu, sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara dapatkan hak merek dagang agar hal seperti ini tak terjadi dan merugikan pihak Anda.

Sebelum mengetahui bagaimana cara dapatkan hak merek, tak ada salahnya jika Anda mengetahui sedikit mengenai sejarah merek dagang.

Pada awalnya, merek dagang berasal dari hukum para pedagang dan juga hukum kebiasaan, yang digunakan untuk menjadi hak yang sah bagi seorang pedagang untuk memberikan ciri khas pada produk yang ditawarkan serta menjaga agar pesaingnya tak meniru hal tersebut.

Di Inggris sendiri, pengakuan merek dagang sudah dimulai sekitar tahun 1656 berdasarkan Clothier’s Case.

Agar Tidak Ribet Memperoleh Paten

Sementara itu, di Indonesia, pengenalan Hak Kekayaan Intelektual sudah dilakukan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1840.

Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan para pengusaha yang ada di beberapa negara Eropa dan Amerika.

Masih banyak pengusaha di Indonesia yang marah dan baru merasa kelimpungan ketika produknya dibajak oleh oknum yang kurang bertanggung jawab, tanpa bisa menuntut kasus tersebut ke ranah hukum.

Hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas merek produk yang diproduksi.

Bagaimana cara dapat hak merk?

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana langkah yang bisa diambil untuk dapatkan hak merek, maka Anda tak perlu merasa khawatir.

Beberapa cara tersebut adalah dengan mencari informasi terlebih dahulu apakah merek atau nama usaha yang Anda sudah terdaftar dan dipakai oleh pihak lain atau belum.

Bila sudah, maka Anda harus mencari merek lain untuk digunakan, untuk pengecekan merek anda bisa hubungi kami.

Memperoleh Hak Paten

 

 

Itulah informasi mengenai cara dapatkan hak merek. Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam proses penataan ini terdapat beberapa tahapan yang nantinya akan membutuhkan waktu.

Dengan demikian, wajar jika sertifikat hak merek mungkin akan terkesan sedikit lama untuk diterbitkan.

Adanya informasi di atas mengenai cara medapat hak merek di atas diharapkan akan bisa membuat Anda dapat tambahan wawasan dan kemudahan untuk menyiapkan beberapa hal yang ada hubungannya dengan pengelolaan hak merek.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.