Bagaimana Bentuk Perlindungan Merek

Bagaimana bentuk perlindungan merek merupakan cara mengenal dan antisipasi yang dapat melindungi merek atau brand milik seseorang atau kelompok. Proteksi terhadap merek menentukan perkembangan serta kemajuan sebuah industri yang sedang Anda kelola. Selain itu, perlindungan brand juga mencegah sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Beberapa pelanggaran yang terjadi di Indonesia biasanya menyangkut pemakaian, pendomplengan, maupun penjiplakan brand ternama.

Bagaimana Bentuk Perlindungan Merek

Merek sangat mudah ditiru dan peluang besar ini akan semakin menguntungkan pelanggar bila merek tidak dilindungi pemiliknya. Maka, penting bagi Anda mengetahui bagaimana bentuk perlindungan merek usaha. Jika merek atau produk Anda memang belum terdaftar, segera daftarkan ke konsultan merek kami.

Situasi akan kian buruk kalau merek tadi didaftarkan orang lain, padahal bukan pencuri tersebut yang membuatnya. Lantas, bagaimana bentuk proteksi yang akan diterima merek atau brand yang diajukan perlindungan HKI?

UU tentang Merek telah mengatur bagaimana bentuk perlindungan merek secara hukum.

Sehingga siapa saja yang mendaftarkannya akan memperoleh proteksi, sedangkan yang melanggar akan mendapatkan sanksi setimpal. Kemudian, dengan sistem first to file, Anda harus bergerak cepat dalam pendaftaran merek atau brand sebelum ada yang mendahului.

 

bagaimana bentuk perlindungan merek usaha

Kemudian, pemilik brand atau merek maupun penerima lisensi dari merek tersebut dapat melayangkan tuntutan kepada pihak yang tanpa izin memakai brand yang mempunyai kesamaan sebagian maupun keseluruhan, baik dalam bidang barang dan jasa. Di sisi lain, mengenal bentuk perlindungan akan memudahkan Anda dalam memproteksi merek.

    Chat WA