Biaya pendaftaran merek

Biaya pendaftaran merek cukup lumayan besar, ada manfaat-manfaat jangka panjang yang akan Anda terima. Mirisnya, sebagian besar masyarakat yang baru mengembangkan bisnis tidak sadar pentingnya mengurus merek atau brand merek. Ada pun yang menganggap kalau mempunyai merek hanya berlaku untuk usaha-usaha besar.

Lantas, apa yang membuat merek penting untuk produk? Berikut ini sejumlah benefit yang akan Anda dapatkan begitu selesai menangani pendaftaran merek.

• Produk mudah dikenal masyarakat luas
Apa yang dicari konsumen saat mereka membutuhkan produk? Tentu saja merek, bukan? Produk—baik barang maupun jasa akan cepat dikenali bila mereknya sudah dikenal luas masyarakat. Apalagi kalau Anda juga mengurusnya secara legal dengan membayar biaya pendaftaran merek. Bayangkan apa yang akan terjadi kalau Anda memasarkan produk tersebut tanpa brand atau merek? Jangankan langsung direkomendasikan masyarakat, dikenal saja kemungkinannya sangat kecil.

Biaya pendaftaran merek

• Menjadi pembeda dengan para kompetitor
Berkaitan dengan poin sebelumnya, merek yang dipasang untuk barang atau jasa secara tak langsung akan membedakannya dari kompetitor Anda. Terutama kalau Anda mengelola bisnis yang persaingannya cukup kuat seperti bidang kuliner. Merek yang kuat tak hanya menonjolkan Anda di tengah para pesaing, tetapi juga akan langsung mengundang perhatian calon konsumen. Sehingga mereka akan tertarik buat mengenal produk Anda dan membelinya.

• Meningkatkan angka penjualan produk

Biaya pendaftaran merek yang Anda keluarkan dijamin akan kembali selama brand yang dibuat memiliki konsep bagus dan mampu menjual produk.

Dengan kata lain, merek sangat mempengaruhi penjualan produk Anda. Konsumen yang puas dengan barang atau jasa Anda pasti akan merekomendasikannya ke teman-teman mereka dan dari sinilah angka keuntungan perlahan bertambah. Anda pasti tahu apa hal pertama yang keluar dari konsumen saat menceritakan produk: merek!

• Membantu menaikkan loyalitas konsumen
Masih berhubungan dengan konsumen, mereka yang suka dan puas dengan produk Anda pasti akan selalu memprioritaskan merek Anda dalam daftar mereka. Apalagi kalau jasa atau barang Anda ternyata mampu menyaingi kompetitor di pasaran. Ini berarti, produk Anda jadi yang terbaik dengan mereka. Di sisi lain, Anda juga harus membarenginya dengan peningkatan mutu serta evaluasi berkala agar produk dan merek tetap terjaga reputasinya.

Biaya pendaftaran merek pakaian

• Membuat konsumen tak sensitif pada harga
Ketika Anda menyukai sesuatu atau seseorang, Anda pasti tidak akan keberatan mengeluarkan biaya berapa pun untuk mendaparkannya. Hal tersebut berlaku juga pada merek. Jika Anda berhasil membuat konsumen jatuh hati dengan brand Anda, maka mereka tidak akan berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang walau harga yang Anda kenakan pada produk relatif tinggi. Keuntungan tinggi pun akan membalas pengorbanan Anda saat menyiapkan bujet untuk biaya pendaftaran merek.

• Komunikasi pemasaran jadi sangat lancar
Hampir semua ahli strategi pemasaran sepakat bahwa, sampai sekarang, kata-kata dari pelanggan yang puas menjadi iklan terbaik untuk produsen. Dalam hal ini, kepuasan pelanggan tidak terlepas dari merek yang pasang pada produk. Semakin baik brand tersebut dirancang, maka semakin mudah bagi Anda dan konsumen untuk mengkomunikasikannya. Jadi, Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk memperkenalkan merek ke konsumen baru.

• Membuka peluang bisnis yang menjanjikan
Ya, kesempatan bisnis akan semakin terbuka lebar kalau Anda tidak setengah-setengah memikirkan biaya pendaftaran merek. Merek merupakan intangible asset atau aset tak berwujud milik perusahaan maupun pebisnis yang dalam jangka waktu panjang akan melekat kuat dalam ingatan konsumen. Anda dapat memanfaatkan merek yang bagus untuk memperluas jangkauan bisnis seperti untuk waralaba (franchise), joint venture, hingga licensing.

• Menjadi magnet untuk menarik stakeholder
Manfaat terakhir dari produk bermerek legal adalah mengundang atensi dari pihak di luar konsumen, salah satunya adalah stakeholder. Mereka akan berusaha menemukan brand Anda untuk diajak kerja sama. Keuntungannya bagi Anda adalah tidak perlu kesulitan mencari pemasok, distributor, rekanan kerja, karyawan, hingga investor. Stakeholder akan menanganinya dan membuat daya tawar merek Anda tinggi di hadapan stakeholder lainnya.

Demikian manfaat-manfaat yang Anda dapatkan setelah mengurus biaya pendaftaran merek. Semoga bermanfaat!

    Call Us
    Chat WA