Cara membuat brand name

Cara membuat brand name bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada banyak nama yang bisa Anda gunakan namun tidak semua nama tersebut cocok dan bisa membuat brand Anda melejit. Membuat nama brand merupakan bagian dari langkah untuk membuat sebuah brand. Dalam upaya membuat sebuah brand, Anda juga harus menentukan kerakter dan desain visul yang akan digunakan. Nama brand bisa dianggap sebagai investasi awal dari sebuah brand.

Selain kualitas dan konten yang menarik, nama brand juga tidak kalah penting. Berikut ini akan kita bahas satu persatu langkah dalam membuat sebuah nama brand.
Nama yang mencerminkan produk

Cara membuat brand name

Cara membuat brand name pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih nama yang sesuai dengan produk yang akan dijual.

Pilihlah nama yang ketika konsumen mendengar nama tersebut sudah memiliki bayangan mengenai produk yang dijual. Misalnya Anda memilih nama ‘gear’. Jika mendengar nama ini pasti Anda akan terbesit mengenai gear yang dikenal dalam dunia otomotif. Untuk memberikan kesan yang berbeda Anda bisa memilih variasi dalam penyematan nama. Berikut ini adalah beberapa variasi nama yang bisa Anda gunakan.

1. Nama deskriptif, adalah nama brand yang secara langsung menjelaskan produk yang dijual. Seperti misalnya nama ‘Teh Gelas’, nama tersebut mencerminkan sebuah produk minuman teh yang dijual di dalam gelas dan memang sesuai dengan produk yang dijual.

Cara membuat brand name sendiri

2. Nama akronim, adalah nama brand yang berasal dari singkatan nama perusahaan atau produk yang dijual. Misalnya nama ASP yang merupakan kependekan dari ayam saus pedas.

3. Nama-nama yang kreatif, adalah nama-nama yang bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan brand yang dibuat. Tidak masalah untuk memilih nama-nama kreatif namun harus berasal dari pemikiran yang matang dan penuh pertimbangan. Seperti misalnya, nama brand ‘Nike’ dipilih dari mitologi yunani.

Nama yang mudah diingat
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat brand name adalah memilih nama yang mudah diingat. Nama yang mudah diingat akan membuat konsumen lebih mudah untuk mengingat brand Anda. Jadi saat konsumen mencari produk yang berkaitan, mereka akan langsung memilih untuk mencari brand yang ada di dalam ingatan mereka. Dalam mencari nama yang mudah diingat, Anda bisa memilih kata-kata yang simpel dan terdengar friendly.

Cara membuat brand name t shirt

Atau Anda bisa memilih kata-kata yang lazim diucapkan oleh masyarakat. Jika ingin membuat sesuatu yag berbeda , Anda dapat memilih nama dari kata-kata yang bahkan belum pernah ada. Namun tetap kata-kata tersebut haruslah kata-kata yang mudah diingat.

Maksimal 3 suku kata
Sebenarnya cara membuat brand name yang satu ini sebenarnya masih berkaitan dengan bagaimana membuat nama yang mudah diingat. Buatlah nama brand yang singkat maksimal terdiri dari 3 suku kata. Sebab jika Anda membuat nama yang terlalu panjang atau membuat terlalu banyak suku kata akan membuat nama tersebut menjadi sulit untuk diingat. Seperti misalnya nama dari sebuah brand kamera ‘Nikon’.

Nikon berasal dari 2 suka kata yaitu Ni dan Kon. Penggabungan 2 suku kata tersebut sangat simpel dan mudah sekali diingat. Sehingga jika Anda sedang mencari sebuah kamera pasti akan ada nama brand Nikon yang Anda pikirkan. Pada intinya pilihlah nama yang simpel, mudah diingat dan tidak memuat terlalu banyak suku kata.

Ada hubungannya dengan desain logo
Selanjutnya mengenai cara membuat brand name adalah memilih nama yang ada hubungannya dengan desain logo. Jika desain logo Anda memuat pesan yang ingin disampaikan dalam brand tentunya Anda harus membuat nama yang ada hubungannya dengan desain logo. Anda bisa menyisipkan nama brand pada desain logo. Tujuan utamanya tentu agar nama brand lebih mudah diingat.

Membuat nama brand memang bukan perkara yang mudah. Namun jika Anda bisa menemukan nama yang tepat, itu berarti Anda sudah memiliki investasi awal yang besar dalam brand. Gunakan imajinasi Anda untuk bisa menemukan nama brand yang tepat. Dan yang terpenting, perhatikan dahulu cara membuat brand name.

    Call Us
    Chat WA