Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo

Cara mendaftarkan hak cipta logo sebenarnya tidaklah sulit. Anda cukup meminta bantuan konsultan hki kami. Siapa pun berhak untuk mendaftarkan hasil karyanya. Dan, pihak lain akan terkena sangsi saat menggunakan logo tersebut untuk kepentingan pribadi dan diakui sebagai karya pribadi. Terlebih jika penggunaan logo tersebut untuk keperluan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo

Dengan kata lain, pemberian hak cipta ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap hasil kreativitas anak bangsa. Ada banyak keuntungan jika Anda mempunyai hak paten dari logo Anda. Berikut ini beberapa informasi tentang keuntungan yang bisa Anda peroleh sekaligus cara mendaftarkan hak cipta.

# Keuntungan Mempunyai Hak Paten Logo

Cara mendaftarkan hak cipta logo dapat Anda lakukan kapan saja ketika logo itu sendiri sudah selesai dibuat.

Akan lebih baik, pendaftaran dilakukan sebelum logo dipublikasikan ke masyarakat. Dengan begitu, tidak memberi kesempatan kepada pihak lain yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakannya secara ilegal. Berikut beberapa keuntungan jika Anda sudah mempunyai hak paten logo.

  1. Logo yang Anda buat tidak akan ditiru oleh pihak lain tanpa seizin dari Anda sebagai pemilik logo. Sebab, siapa pun yang mencoba untuk meniru seluruh maupun sebagian, akan terkena sangsi hukum. Dan, aturan ini berlaku untuk siapa saja, baik pengusaha besar maupun kecil.

    Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo merek

  2. Logo yang Anda patenkan jelas tidak boleh dipublikasikan ke masyarakat oleh pihak lain tanpa seizin dari Anda.
  3. Produk yang menggunakan logo Anda akan terhindar dari pemalsuan dari pihak lain yang ingin mendapatkan pasar Anda. Orang akan berpikir ulang untuk membuat produk serupa dan menggunakan logo Anda untuk menarik konsumen Anda.
  4. Konsumen dari produk Anda akan merasa aman karena produk Anda selalu terjaga keasliannya. Tidak akan ada produk tiruan yang sama persis apalagi logonya. Sebab, hal ini bisa berbuntut panjang pada masalah hukum.
  5. Anda dapat terus menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Berbeda jika logo Anda tidak dipatenkan. Orang lain bisa menggunakannya untuk memasarkan produknya, padahal kualitas yang diberikan jauh di bawah standar. Akibatnya, kepercayaan konsumen akan hilang terhadap produk Anda, sebab menganggap produk palsu tersebut sebagai produk Anda.
  6. Logo yang sudah dipatenkan dan sudah menjadi brand dari perusahaan Anda yang cukup terkenal bisa mendatangkan royalty saat digunakan sebagai media untuk bekerja sama dengan pihak lama. Sebagai contoh logo produk yang kemudian franchise-kan.

Sebenarnya, masih banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan mematenkan logo perusahaan. Anda akan benar-benar bisa merasakan setelah mendaftarkannya. Lalu, bagaimana cara mendaftarkan hak cipta logo yang benar ? Mudah, cukup hubungi konsultan merek kami.

    Chat WA