Cara Mengatur Modal Membuat Brand Baju Sendiri

Modal membuat brand baju sendiri sebenarnya tidaklah berat. Dengan catatan anda bisa mengatur modal yang anda miliki dengan baik. Di artikel ini akan dibahas bagaimana cara anda bisa mengatur modal agar anda bisa memulai bisnis baju dengan brand yang anda miliki sendiri.

Berbisnis baju saat ini banyak digeluti oleh masyarakat. Hal ini karena bisnis baju memang sedang sangat populer dan banyak diminati. Apalagi saat ini berjualan baju semakin mudah dengan adanya media sosial dan aneka marketplace.

menghitung Modal membuat brand baju sendir

Akan semakin membanggakan jika anda bisa menjual produk baju dengan brand anda sendiri. Tentu hal ini akan membuat anda semakin dikenal di dunia bisnis fashion. Yang terpenting adalah anda bisa mendapat banyak keuntungan dengan menjual baju dari brand anda sendiri.

Cara Mengatur Modal Membuat Brand Baju Sendiri

Namun untuk mewujudkan impian tersebut, anda membutuhkan modal membuat brand baju sendiri. Seperti pelaku bisnis lainnya, pengaturan modal memang seringkali menjadi tantangan tersendiri. Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatur modal agar anda bisa membuat brand baju sendiri.

  1. Buat List Pengeluaran
    Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mengatur modal adalah menyusun list pengeluaran. Catat berapa jumlah modal membuat brand baju sendiri yang anda miliki. Kemudian buat daftar pengeluaran apa saja yang harus dilakukan.

    Ketika membuat list pengeluaran ada baiknya anda sudah lebih dulu melakukan survei dan mengetahui anggaran setiap rencana pengeluaran. Misalnya brapa besarnya untuk modal kain, berapa besarnya anggaran mengurus merek, dan lain sebagainya.

  2. Daftarkan Merek
    Lebih baik anda segera mendaftarkan merek secepatnya. Apalagi jika nama  merek tersebut memiliki arti khusus dan sangat anda inginkan menjadi merek produk anda. Sebelum orang lain mendaftarkan paten untuk merek tersebut maka anda perlu melakukannya terlebih dahulu.

    Mendaftarkan merek terlebih dahulu juga membuat anda bisa mengeluarkan modal untuk keperluan yang utama. Dengan begitu, sisa modal bisa digunakan untuk mengurus hal-hal lainnya. Yang penting anda sudah memiliki merek sendiri.
    besar Modal membuat brand baju sendir

  3. Cari Sumber Bahan dengan Harga Termurah
    Untuk memproduksi baju anda memerlukan bahan, agar biaya modal bisa mencukupi maka lebih baik anda meminimalkan biaya bahan. Caranya bukan dengan menurunkan kualitas bahan yang anda rencanakan.

    Lalu bagaimana caranya menurunkan biaya modal produksi? Caranya adalah dengan menemukan sumber bahan yang menawarkan bahan dengan harga termurah. Agar bisa mendapatkannya anda bisa melakukan survei terlebih dahulu.

  4. Perkecil Biaya Produksi
    Anda bisa menghemat modal dengan memperkecil biaya produksi. Jika anda bisa memproduksi sendiri maka akan jauh lebih baik jika anda sendiri yang memproduksi. Jika tidak, maka pilih penjahit yang bisa menawarkan harga produksi yang paling rendah.

    Modal membuat brand baju sendiri bisa membengkak jika biaya produksi tidak dikontrol dengan maksimal. Oleh karena itu usahakan untuk teliti memilih penjahit dengan biaya produksi yang paling sesuai dengan anggaran dana.
    Modal membuat brand baju sendir

  5. Gunakan Media Gratis untuk Promosi
    Promosi tidak harus menggunakan banyak uang. Anda bisa melakukan promosi hemat dengan menggunakan media yang gratis. Contohnya adalah media sosial seperti Instagram dan Facebook.

    Selain gratis, berjualan di media sosial juga bisa memudahkan anda memperkenalkan produk kepada konsumen. Selain media sosial anda juga bisa menjual produk di marketplace karena ada beberapa pilihan marketplace yang juga menggratiskan biaya promosi.

Modal membuat brand baju sendiri bisa diatur sedemikian rupa agar anda bisa menjalankan bisnis impian anda. Prinsip yang perlu dipegang adalah selalu ingat untuk menghitung setiap pengeluaran yang dilakukan. Dengan begitu anda bisa mengevaluasi bisnis anda ketika nanti sudah menghasilkan.

    Call Us
    Chat WA