Cara Mengecek Merek Terdaftar Penting Untuk Diketahui

Cara mengecek merek terdaftar sangat penting diketahui. Terutama untuk anda yang berencana mendaftarkan nama produk yang dimiliki. Kegiatan pengecekan merek dagang ini tidak hanya berfungsi sebagai langkah untuk mengantisipasi ditolaknya merek yang akan didaftarkan. Mengingat, menurut UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek, Pasal 6 ayat 1 huruf a dan b dijelaskan bahwa memiliki persamaan secara keseluruhan atau pokok dari merek pihak lain yang sebelumnya telah terdaftar dapat menjadi salah satu alasan mengapa merek dagang ditolak oleh Direktorat Jenderal.

Cara mengecek merek terdaftar

Tentu dapat merugikan jika ternyata merek yang akan didaftarkan memiliki kesamaan dengan merek dagang yang terlebih dahulu sudah terdaftar. Salah satu cara untuk mengecek merek terdaftar bisa Anda lakukan dengan bantuan konsultan merek kami. Anda bisa langsung mengecek merek melalui konsultan hki terdaftar kami.

Yang perlu diperhatikan dalam hal cara mengecek merek terdaftar lainnya adalah HKI paten logo.

HKI sendiri merupakan lembaga resmi Republik Indonesia yang menangani permasalahan seputar merek dagang dan hak paten. Dalam hal paten logo, HKI memiliki beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pemilik merek dagang yang akan didaftarkan. Persyaratan dan ketentuannya tidak jauh berbeda dengan pendaftaran merek sendiri.

cek paten merek dagang online

Perlu diketahui, dalam ruang lingkup HKI ada berbagai macam hal kekayaan intelektual. Hal yang paling mendasar dalam hal tersebut adalah merek, paten, dan hak cipta. Hak merek meliputi nama, symbol, gambar, hingga logo. Dalam penggunaannya, pemilik diberi hak untuk menggunakan merek dagangnya oleh negara. Untuk paten, cakupannya lebih khusus mengingat hak yang diberikan negara ini khusus diberikan kepada mereka yang menemukan sesuatu hal yang baru. Biasanya untuk paten, HKI lebih memfokuskan dalam bidang industri kreatif berbasis teknologi dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk hak cipta merupakan hak eksklusif dari lembaga HKI kepada pemilik merek dagang yang ingin memperbanyak, membatasi, hingga memberikan izin bebas untuk karya cipta. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa untuk hak cipta jangkauan yang diberikan oleh lembaga HKI sangatlah luas. Tidak hanya sebatas teknologi, seni, atau sastra, tetapi juga merek suatu produk, barang dan lain sebagainya.

HKI Paten Logo

Dari penjelasan mengenai cara mengecek merek terdaftar di konsultan kami, dapat disimpulkan bahwa pendaftaran mengenai merek dagang sangatlah penting dilakukan. 3 hal dasar yang meliputi hak kekayaan intelektual, di antaranya paten, merek, hingga hak cipta. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada pendaftaran merek, didalamnya sudah menyangkut simbol atau gambar.

Hal ini bahkan sudah diatur dalam UU Nomor 15 Tahun 2001 Pasal 1 Ayat 1. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa merek bisa diartikan sebagai tanda berupa nama, kata, huruf, angka, gambar, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang digunakan untuk kegiatan perdagangan barang atau jasa. Pengecekan logo merek sendiri sama dengan cara pengecekan merek terdaftar, dengan menghubungi konsultan kekayaan intelektual kami.

Bagi Anda yang memiliki usaha baik itu pemula maupun expert, tidak ada salahnya mengetahui cara cek merek dagang melalui konsultan kekayaan intelektual kami. Selain mudah, cara cek merek juga akan berguna untuk bisnis Anda kedepannya.

    Chat WA