Cara Mengurus Hak Paten Produk

Cara mengurus hak paten produk perlu dipahami oleh anda yang mempunyai gagasan atau konsep usaha tertentu yang nantinya menghasilkan sebuah produk. Hal ini juga berlaku kalau perusahaan yang Anda kelola mempunyai logo. Untuk mencegah penyalahgunaan terhadap produk maupun logo, Anda disarankan untuk mengurus hak patennya. Adapun manfaat-manfaat yang akan Anda dapatkan setelah mempelajari cara mengurus paten produk, antara lain produk dan logo yang sah di mata hukum dan hak paten yang diberlakukan menjadi proteksi terhadap usaha atau bisnis yang Anda rintis.

Cara Mengurus Hak Paten Produk

Tidak jarang kita mendengar kasus pelanggaran hak paten atau tuntutan terhadap sebuah produk maupun logo yang menyerupai karya yang sudah terdaftar. Hak paten bersifat eksklusif, sehingga pihak-pihak yang berniat untuk menggunakan produk dan logo yang telah terdaftar harus menghubungi pemilik hak paten tersebut. Jika tidak, pelaku pelanggaran akan dituntut dengan pasal hak cipta. Sementara Anda yang sudah punya hak paten produk dan logo secara resmi, selain dapat menggunakannya, juga bisa membuat, menyewa, menjual, mengimpor, mengekspor, menyediakan, dan menyerahkannya berdasarkan izin dan prosedur. Pengelolaan yang baik dan tertata terhadap logo dan produk akan membawa keuntungan kepada Anda sebagai pemilik juga untuk pihak lain yang merasa diuntungkan dengan keberadaan karya Anda.

Lantas, bagaimana cara mengurus hak paten produk bagi mereka yang mau mendaftarkannya? Hubungi konsultan HKI kami

Cara Mengurus Hak Paten Produk merek

Sebelum kita menyimak langkah-langkahnya, mari simak lebih dalam tentang benefit yang akan Anda peroleh saat mempunyai logo dan produk yang sudah berhak paten. Antara lain—seperti yang telah disebutkan—logo dan produk yang memiliki hak paten tak boleh dijiplak atau ditiru tanpa izin; tak boleh didistribusikan atau dipasarkan tanpa izin, terhindar dari penipuan atau pemalsuan; terjaga orisinalitas atau keasliannya; bisa menghasilkan royalti kalau menjalin mitra dengan pihak lain. Masih ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan Anda peroleh setelah menerapkan hak paten produk yang benar.

Cara Mengurus Hak Paten Produk usaha

    Chat WA