Cek Hak Paten Merek

Cek Hak Paten Merek Terlebih Dahulu Sebelum Anda Mendaftarkan Produk Atau Merek. Kenapa? Ada Banyak Alasannya. Pertama, Agar Anda Tidak Akan Mengalami Tuntutan di kemudian hari karena secara tidak sengaja menggunakan merek yang telah memiliki hak paten. Oleh karena, produk dan merek yang telah memiliki hak paten akan terlindungi secara kuat oleh hukum. Jika sang pemiliknya keberatan maka mereka bisa mengajuk tuntutan hukum jika tidak terima. Kedua, agar pengajuan Anda tidak ditolak.

cek hak paten merek

Karena jika ada merek yang memiliki persamaan dengan milik Anda yang akan didaftarkan maka pendaftaran hak paten Anda pastinya tidak akan berhasil. Mematenkan merek dagang adalah wajib agar terhindar dari segala permasalahan di kemudian hari. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti dan peduli dengan hal ini. Sehingga jika suatu saat nama merek mereka digunakan orang lain mereka tidak bisa melaporkan dan mengklaim merek tersebut karena tidak sah dan tidak dilindungi hukum. Makanya segera daftarkan merek Anda, caranya adalah dengan mendaftarkan ke direktorat jenderal kekayaan intelektual melalui bantuan jenderal direktorasi kekayaan intelektual.

contoh merek dagang

Cek hak paten merek adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan

Jika sudah yakin bahwa merek yang akan Anda gunakan tidak dimiliki oleh siapa pun maka Anda bisa menggunakan nama merek tersebut. Untuk mendaftarkannya Anda bisa menghubungi konsultan merek kami.

Kekayaan intelektual adalah berbagai jenis produk yang berdasarkan kepada pemikiran seseorang seperti karya tulis, lagu, sampai merek sebuah produk. Bagi orang yang mendaftarkannya maka memiliki hak kekayaan intelektual yang didaftarkan sehingga memiliki wewenang terhadapnya. Sebelum mendaftarkan hak paten maka Anda juga harus memiliki etiket merek dagang yang benar dan sesuai.

Mematenkan merek dagang

Anda bisa melakukan cek hak paten merek melalui konsultan HKi kami. Setelah pengecekan selesai dan nama merek yang akan Anda pakai aman maka sekarang bisa langsung mendaftar. Ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan dan beberapa syarat yang wajib dimiliki. Beberapa syarat yang harus Anda lengkapi antara lain memberikan biodata berupa nama, alamat, dan kewarganegaraan Anda.

Lalu siapkan fotokopi KTP dan NPWP, surat pernyataan kepemilikan merek, daftar jasa atau produk Anda, dan beberapa contoh merek dagang yang sekiranya akan Anda gunakan. Oleh karena contohnya harus lengkap maka buat berbagai nama merek dagang tersebut sekaligus dengan logonya.

Demikianlah bagaimana cara cek hak paten merek dan apa manfaatnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan membantu Anda.

    Chat WA