021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cek Merek HAKI yang Akurat dan Profesional

cek merek HAKI

Bagaimana cara cek merek HAKI yang akurat dan profesional? Pengecekan merek sangat penting agar merek yang didaftarkan bisa diterima. Lakukan cek merek dagang dengan bantuan konsultan HKI terdaftar Patendo dan dapatkan biaya yang terjangkau, hubungi 0853 5122 5081.

Alasan kenapa perlu Konsultan HKI saat cek merek HAKI. Kenapa perlu Konsultan HKI saat cek merek HAKI. Konsultan HKI Terdaftar telah berpengalaman bertahun tahun dalam pengecekan merek, mempunyai metode khusus dalam penelusuran merek tentu berbeda hasilnya jika melakukan penelusuran sendiri, silahkan hubungi Patendo untuk cek merek sebelum pendaftaran merek.

Merek bagi suatu usaha merupakan aspek penting yang tidak bisa dianggap enteng. Banyak pebisnis yang gagal dan terpaksa gulung tikar karena tidak memiliki merek yang kuat.

Salah satu yang dapat memperkuat merek adalah melindungi merek itu sendiri. Bagaimana caranya?
Merek akan memperoleh perlindungan hukum ketika sudah didaftarkan dan disetujui oleh pihak terkait yaitu Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dengan diterbitkannya sertifikat merek.

Tahapan perolehan sertifikat merek tersebut memang tidak mudah dan memakan waktu yang cukup lama. Salah satu tahap paling penting dalam proses pendaftaran brand ialah trademark search atau cek merek dagang.

Apa itu Cek Merek HAKI ?

Cek merek HAKI atau penelusuran merek merupakan upaya untuk mengetahui ketersediaan merek yang akan didaftarkan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Cek merek ini dapat dilakukan secara mandiri oleh pendaftar atau pemilik merek melalui mesin pencarian google.

Di samping itu, pendaftar juga dapat menelusuri ketersediaan merek melalui laman resmi Dirjen KI yang memuat semua data kekayaan intelektual termasuk merek.

Akan tetapi, hasil yang ditunjukkan oleh pencarian mandiri tersebut dinilai kurang akurat karena tidak dilakukan secara menyeluruh.

Selain itu, para pendaftar juga tidak memiliki keahlian dan minim pengetahuan di bidang tersebut sehingga hasilnya tidak bisa dijadikan pedoman.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena Patendo, konsultan HKI terdaftar siap membantu Anda mencari tahu ketersediaan merek yang akan Anda daftarkan.

Dengan bantuan kami, Anda akan memperoleh hasil cek merek dagang yang akurat sehingga Anda tidak akan salah dalam mengambil langkah selanjutnya.

apa itu penelusuran merek

Cara melakukan cek merek dagang

Cek merek dagang dapat dilakukan secara mandiri maupun melalui konsultan seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Anda dapat mengecek lewat search engine google dengan mengetikkan nama merek yang ingin didaftarkan.

Dengan begitu, segala hal yang berkaitan dengan nama merek tersebut akan muncul dan Anda dapat menelusurinya satu per satu hingga dipastikan tidak ada nama merek yang sama.

Merek terkait yang muncul biasanya sudah didaftarkan karena memiliki website dan marketing tool lainnya di internet. Namun tidak menutup kemungkinan jika merek yang tidak muncul bisa juga belum didaftarkan.

Maka dari itu cek merek dagang lewat pencarian google tidak bisa dijadikan patokan ketika akan mendaftarkan merek.

Hasilnya seluruh pendaftaran dengan nama merek tersebut akan muncul di semua kelas barang atau jasa. Anda tinggal membuka satu per satu sesuai kelas dan jenis barang Anda.

Dengan cara ini, hasil cek merek Haki akan lebih spesifik dibanding dengan mencari ketersediaan merek di google search.

Agar Anda lebih yakin dengan hasil pengecekan yang dilakukan, Anda bisa menghubungi konsultan Patendo untuk membantu Anda melakukan cek merek dagang.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memberikan data nama merek yang ingin dicek dan jenis barang atau jasa yang akan didaftarkan melalui email tanpa perlu datang ke kantor.

Biaya pengecekan merek sebesar 200 ribu per merek per kelas. Anda akan mendapatkan hasil cek merek HAKI maksimal 2 hari kerja setelah bukti transfer biaya pengecekan diemail.

Hasil pengecekan akan diberikan secara rinci dan detail disertai dengan saran dari konsultan HKI terdaftar Patendo. Tentu akan lebih maksimal cek merek HAKI melalui konsultan HKI Patendo karena sudah berpengalaman bertahun tahun dan telah dipercaya banyak klien dari dalam dan luar negeri, hasil cek merek HAKI akan lebih maximal.

cara melakukan penelusuran merek

Klasifikasi barang & jasa

Setiap jenis barang atau jasa yang akan didaftarkan memiliki klasifikasinya masing-masing. Dalam pendaftaran brand ada 45 kelas barang atau jasa yang terdiri atas 34 kelas barang dan 11 kelas jasa.

Klasifikasi barang atau jasa sangat penting dalam cek merek dagang karena dijadikan salah satu pedoman dalam melakukan pengecekan.

Jika Anda ragu dan bingung menentukan kelas barang atau jasa yang sesuai, hubungi kami untuk membantu Anda. Cukup sebutkan jenis barang atau jasa Anda, kami akan bantu memilihkan kelas yang sesuai.

Kelas barang atau jasa yang tepat dan sesuai dengan jenis barang atau jasa dapat memengaruhi proses cek merek HAKI dan pendaftaran brand Anda. Oleh karena itu, buatlah keputusan yang tepat dengan menghubungi Patendo.

penelusuran merek lewat konsultan

Ketentuan merek dalam undang-undang

Setiap kekayaan intelektual memiliki dasar hukumnya masing-masing yang mengatur segala ketentuannya. Dalam UU Merek sendiri tertera jelas ketentuan soal merek yang dapat didaftarkan maupun yang ditolak.

Hal ini erat kaitannya dengan cek merek dagang karena dalam tahap ini, merek Anda akan dianalisis apakah sesuai dengan ketentuan undang-undang atau tidak.

Apabila tidak sesuai, Anda dapat mengganti nama merek tersebut sesuai ketentuan kemudian segera mendaftarkannya.

Berikut ketentuan perihal merek yang harus Anda pahami agar mudah saat melakukan pendaftaran merek.

1. Diajukan atas dasar iktikad buruk

Merek yang akan didaftarkan tidak boleh diajukan dengan niatan buruk seperti membonceng merek terkenal yang sudah terdaftar.

Misalnya ada merek Aqual dengan jenis barang air mineral maka tidak dapat didaftarkan karena pendaftar memiliki iktikad tidak baik yaitu membonceng atau memanfaatkan kepopuleran merek yang sudah terdaftar yaitu Aqua.

2. Bertentangan dengan peraturan, agama dan moralitas

Apabila merek yang diajukan tidak sesuai dengan peraturan, agama dan moralitas yang berlaku maka Dirjen harus menolak merek tersebut, seperti pada contoh merek Budha Bar yang dianggap telah bertentangan dengan peraturan dan agama.

3. Tidak memiliki daya pembeda

Merek dianggap tidak punya daya beda jika terlalu rumit atau sederhana misal hanya menggunakan satu garis, huruf dan lainnya.

Misalnya merek “K” tidak dapat didaftarkan karena hanya mengandung satu huruf saja. Berbeda dengan merek Circle K yang menggunakan huruf K sebagai mereknya namun dikombinasikan dengan kata lain.

4. Telah menjadi milik umum

Salah satu tanda yang dianggap menjadi milik umum adalah tanda tengkorak yang berarti berbahaya. Jika ada merek menggunakan gambar tersebut sebagai mereknya maka akan bermasalah pendaftarannya.

5. Menunjukkan barang/jasa yang diajukan

Misalnya merek Kopi Pahit untuk jenis barang kopi tidak dapat diajukan karena mengandung kata deskriptif yang menunjukkan jenis barang dan kualitas atau rasa dari barang tersebut.

Berbeda jika Kopi Pahit diajukan untuk jenis barang/jasa kedai atau resto, masih memiliki daya beda karena tidak menunjukkan jenis dan kualitas barang/jasa yang akan didaftarkan.

6. Memiliki persamaan dengan merek lain

Apabila ada merek terdaftar Sandy, maka merek Sandi, Sandhi, Sandie dan lainnya yang mirip atau sama dengan merek Sandy, tidak dapat didaftarkan. Persamaan ini bisa dilihat dari pokok maupun keseluruhannya.

7. Memiliki persamaan dengan merek terkenal

Indikasi merek terkenal dilihat dari pendaftarannya di berbagai negara. Misalnya merek IKEA asal Swedia yang sudah mendaftarkan mereknya di beberapa negara di dunia.

Jadi jika ada merek dengan nama IKEA diajukan, maka Dirjen berhak menolak pendaftarannya.

8. Memiliki persamaan dengan indikasi geografis

Indikasi geografis merupakan tanda yang menunjukkan daerah asal produk yang karena faktor alam atau manusia menghasilkan karakteristik tertentu pada produk dan tidak bisa ditemukan di daerah lain.

Salah satu indikasi geografis terkenal adalah Kopi Kintamani. Kopi tersebut hanya bisa dihasilkan oleh daerah Kintamani di Bali. Jadi apabila ada merek dengan nama Kopi Kintamani maka dapat ditolak permohonannya.

9. Menyerupai nama orang terkenal dan lambang negara

Merek yang menyerupai nama dan foto orang terkenal serta badan hukum pihak lain maka tidak dapat didaftarkan, kecuali ada perjanjian lain.

Misalnya merek Zaskia Gotik Resto n Bar, tidak dapat didaftarkan kecuali ada perjanjian tertulis yang ditandatangani pihak terkait.

Di samping itu, merek juga dapat ditolak jika menyerupai lambang negara atau lembaga tertentu seperti pada merek Larutan Cap Kaki Tiga yang menggunakan lambang Negara Isle of Man.

Itulah beberapa ketentuan merek yang bisa Anda jadikan pedoman saat melakukan pendaftaran dan cek merek HAKI agar tidak bermasalah saat mendaftarkannya.

penelusuran merek dgip

Fungsi cek merek dagang

Jika Anda masih ragu dan abai terhadap cek merek HAKI, sebaiknya Anda simak beberapa fungsi pengecekan merek berikut ini.

1. Menghindari kesalahan kelas barang atau jasa

Ketika melakukan cek merek HAKI, Anda harus tahu berada di kelas mana barang atau jasa yang akan didaftarkan. Jika Anda melakukan cek merek dagang terlebih dahulu, risiko kesalahan dalam memilih kelas dapat diminimalisasi.

Berbeda jika langsung mendaftarkan merek tanpa cek merek HAKI, risiko terjadinya kesalahan kelas akan lebih tinggi.

2. Meminimalisasi risiko penolakan

Dengan melakukan cek merek HAKI, Anda akan tahu ketersediaan merek dan ketentuan merek lainnya. Apakah merek yang akan didaftarkan belum ada yang menggunakan dan apakah merek sesuai peraturan perundang-undangan atau tidak.

Jika hasil cek merek HAKI menunjukkan adanya kemiripan atau kesamaan dengan merek lain, atau bertentangan dengan peraturan maka Anda bisa mengganti merek tersebut sebelum didaftarkan.

Hal ini dapat mengurangi risiko penolakan di tengah jalan ketika merek sudah terlanjur dimohonkan pendaftarannya.

3. Memudahkan proses pendaftaran

Setelah kelas barang dan ketersediaan merek sudah sesuai, maka proses pendaftaran tidak akan terhambat hanya karena merek tidak sesuai kriteria yang telah ditetapkan undang-undang.

Tanpa cek merek HAKI maka merek memiliki kemungkinan ditolak oleh Dirjen KI dan akan menghambat proses pendaftaran serta bisnis Anda.

Maka dari itu sangat urgen untuk melakukan cek merek HAKI sebelum pendaftaran.

Manfaat Pendaftaran Merek Secara Umum

Manfaat Pendaftaran Merek Secara Umum

Manfaat merek terdaftar secara umum yang bisa Anda dapatkan adalah:

• Jaminan Perlindungan Hukum

Perlindungan hukum sendiri sangat penting untuk sebuah perusahaan. Sebagai pengusaha, Anda tentu saja harus mendaftarkan merek dan cek merek HAKI. Karena ini salah satu bentuk pengakuan hukum dari daya cipta, merek dan bentuk penemuan Anda. Dengan adanya hak ini maka brand dari perusahaan bisa diakui secara hukum dan sah.

Untuk sesuatu yang diciptakan oleh perusahaan juga akan memiliki kekuatan hukum dengan adanya merek terdaftar ini.

• Menambah Kepercayaan Konsumen

Dan dengan adanya merek terdaftar ini, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari konsumen. Hal ini karena hal yang hasil karya cipta sudah diakui secara sah oleh hukum dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Hal ini tentu saja akan memberikan bukti jika semua yang dihasilkan dari perusahaan adalah milik perusahaan dan tidak ada pihak lain yang bisa melakukannya. Dengan demikian maka terbukti jika produk dan hasil karyanya original dan terjamin sehingga tidak ada pihak lain yang berhak mengklaim hal yang sama.

• Memberikan Keuntungan

Dengan mendaftarkan dan cek merek HAKI maka ini merupakan hal yang harus dilakukan untuk masa depan. Pengakuan berupa hak ini memberikan passive Income dalam sebuah bisnis. Orang lain yang menggunakan hasil karya cipta diharuskan untuk membayar royalti atau lisensi dari produk yang sudah Anda ciptakan dan harus mendapatkan izin resmi atasnya.

• Sebagai Aset

Merek terdaftar sendiri bisa menjadi salah satu bentuk aset yang tidak berwujud. Dimana merek terdaftar yang sudah terdaftarkan bisa membantu kebutuhan branding untuk bisa menarik para investor yang nantinya akan membantu permodalan dalam keuangan Anda.

Dengan demikian, maka merek terdaftar bisa sangat berharga untuk kemajuan bisnis yang Anda jalankan.
Merek terdaftar juga bisa melindungi segala bentuk ide dan hasil karya dari seseorang atau perusahaan yang bisa menjadi sebuah aset yang sangat penting yang memiliki kekuatan hukum yang sangat kuat dan sah.

• Mencegah Plagiarisme

Plagiarisme adalah satu hal yang paling merugikan terutama pemilik merek terdaftar. Dalam bisnis, tindakan ini memang paling mengancam. Dan dengan adanya merek terdaftar  ini maka tidak ada pihak yang bisa menirukannya. Jadi tindakan plagiarisme bisa dicegah karena semua penemuan dari hasil karya dilindungi oleh hukum dan undang – undang.

• Hindari Eksploitasi Karya

Eksploitasi karya sendiri seringkali terjadi karena tidak ada perlindungan atas hasil karya. Dan tindakan klaim dan plagiarisme paling sering terjadi, dan dengan pendaftaran dan cek merek HAKI ini maka pihak lain tidak akan berani untuk melakukan tindakan klaim hasil karya untuk keperluan komersial.

• Memperluas jaringan

Dengan melakukan pendaftaran merek maka jangkauan bisnis Anda akan semakin luas. Pengembangan bisnis bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah karena ada lebih banyak pihak yang percaya dengan kemampuan dan Kredibilitas dari perusahaan Anda.

Karena adanya banyak sekali manfaat cek merek HAKI ini maka penting bagi sebuah perusahaan atau individu yang memiliki karya cipta untuk segera mendaftarkannya. Karena ada banyak peluang yang akan Anda dapatkan. Dengan pengakuan ini maka akan membantu Anda di masa depan.

Sebenarnya merek terdaftar dan cek merek HAKI sendiri bukan hanya bermanfaat untuk perusahaan tapi konsumen, produsen dan publik juga akan mendapatkan banyak manfaat.

penelusuran merek djki

Pengajuan merek

Langkah penting setelah menelusuri ketersediaan merek adalah mengajukan permohonan pendaftaran. Pengajuan ini dapat dilakukan melalui konsultan Patendo dengan cara mudah.

Dokumen persyaratan yang dibutuhkan antara lain:

1. Bukti transfer biaya pendaftaran.
2. Logo merek.
3. KTP pendaftar.
4. KTP direktur, jika merek didaftarkan atas nama perusahaan.
5. NPWP perusahaan, jika merek didaftarkan atas nama perusahaan.
6. Surat pernyataan kepemilikan merek.
7. Surat kuasa.

Biaya pendaftaran brand sebesar 3 juta per merek, per kelas, per logo. Jadi jika Anda mengajukan 3 merek maka biaya pendaftaran dikali tiga.

Seluruh pengurusan merek ini akan dilakukan oleh konsultan. Anda hanya perlu mengirimkan data dan dokumen melalui email dari gadget maupun laptop.

Proses pengurusan merek ini akan selesai dalam 2 minggu kerja. Setelah itu, Anda akan mendapatkan bukti permohonan pendaftaran brand dan merek bisa langsung dijalankan tanpa menunggu sertifikat.

Sertifikat merek akan diterbitkan sekitar 2,5 tahun jika disetujui oleh Dirjen KI. Sebelum disetujui, merek akan melalui proses pemeriksaan di Dirjen seperti yang kami jelaskan berikut ini.

kelas dalam penelusuran merek

Proses pemeriksaan merek

Untuk dapat menerbitkan sertifikat merek, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual mengadakan pemeriksaan terhadap merek terlebih dahulu.

Setidaknya ada 4 tahap pemeriksaan yang dilakukan dari awal merek diajukan hingga mendapat sertifikat.

1. Pemeriksaan formalitas

Tahap pertama adalah pemeriksaan formalitas yang ditujukan untuk mengecek kelengkapan persyaratan pendaftaran.

Apabila ada dokumen persyaratan yang tertinggal atau kurang, Dirjen akan mengirim surat permintaan untuk memenuhi persyaratan tersebut. Jangka waktu yang diberikan yaitu paling lambat 2 bulan sejak tanggal pengiriman surat tersebut.

Jika dalam jangka waktu tersebut tidak ada tanggapan dan persyaratan pendaftaran masih kurang, maka permohonan merek tersebut dianggap ditarik kembali dan biaya yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali.

Jika Anda mendaftar melalui konsultan Patendo, Anda tidak perlu khawatir akan ketertinggalan dokumen persyaratan pendaftaran.

2. Pemeriksaaan substantif

Pemeriksaan selanjutnya yaitu pemeriksaan substantif yang dilakukan paling lambat 30 hari sejak tanggal penerimaan. Proses pemeriksaan ini berlangsung selama paling lama 9 bulan dan dilaksanakan sesuai UU Merek 2001.

Dalam tahap ini, jika pemeriksa melaporkan bahwa permohonan merek dapat disetujui untuk didaftar, maka permohonan tersebut akan dimuat dalam berita resmi merek atas persetujuan Direktur Jenderal.

Sebaliknya, jika pemeriksa melaporkan bahwa permohonan tersebut tidak dapat didaftar, atas persetujuan Direktur Jenderal, maka pemohon atau kuasanya akan diberi tahu secara tertulis disertai dengan alasannya.

Surat pemberitahuan tersebut bisa ditanggapi sebelum 30 hari sejak tanggal penerimaan surat dengan menyertakan alasan yang kuat.

Jika dalam kurun waktu yang diberikan tersebut tidak ada tanggapan dari pemohon atau kuasanya, maka Dirjen KI akan memutuskan penolakan permohonan merek tersebut.

Apabila pemohon memberikan tanggapan atas surat pemberitahuan tersebut dan pemeriksa melaporkan bahwa tanggapan dapat diterima, maka atas persetujuan Direktur Jenderal, permohonan diumumkan dalam berita resmi merek.

Sebaliknya, jika pemeriksa menilai bahwa tanggapan tidak dapat diterima, maka atas persetujuan Direktur Jenderal, permohonan merek tersebut ditolak.

Keputusan penolakan akan disampaikan kepada pemohon atau kuasanya secara tertulis disertai dengan alasan penolakan dan seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali.

3. Pengumuman dan keberatan

Permohonan merek yang diumumkan dalam berita resmi merek, harus menunggu apakah ada keberatan dari pihak lain atau tidak. Pengumuman dalam berita resmi merek tersebut berlangsung selama 3 bulan.

Selama pengumuman berlangsung, siapa pun berhak mengajukan keberatan atas permohonan merek tersebut kepada Dirjen KI. Keberatan disampaikan secara tertulis dan dikenai biaya.

Pengajuan keberatan harus disertai alasan jelas dan bukti yang menunjukkan bahwa merek yang dimohonkan tersebut tidak dapat didaftarkan atau ditolak berdasarkan undang-undang.

Dirjen KI akan mengirimkan salinan surat keberatan kepada pemohon dalam waktu paling lama 14 hari sejak tanggal penerimaan keberatan.

Kemudian pemohon berhak memberikan sanggahan atas keberatan pihak lain tersebut secara tertulis kepada Dirjen paling lambat 2 bulan sejak tanggal penerimaan salinan keberatan.

4. Pemeriksaan kembali dan putusan penerimaan/penolakan

Jika terdapat keberatan dan sanggahan, maka Dirjen HKI akan menggunakan kedua hal tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam memeriksa kembali permohonan merek yang telah selesai masa pengumuman.

Dirjen KI akan menyelesaikan pemeriksaan kembali dalam jangka waktu paling lama 2 bulan sejak berakhirnya masa pengumuman. Hasil pemeriksaan kembali akan diberitahukan kepada pihak yang mengajukan keberatan secara tertulis.

Apabila pemeriksa melaporkan bahwa keberatan dapat diterima, maka Dirjen KI memberitahukan kepada pemohon bahwa merek tidak dapat didaftar atau ditolak dan pemohon berhak mengajukan banding.

Namun jika pemeriksa melaporkan bahwa keberatan tidak dapat diterima maka merek tersebut dapat disetujui dan didaftar dalam daftar umum merek.

Apabila tidak ada keberatan, sertifikat merek akan diberikan kepada pemohon dalam waktu paling lama 30 hari sejak masa pengumuman berakhir.

Itulah proses pemeriksaan merek yang penting untuk Anda ketahui, agar tidak menyepelekan pentingnya cek merek dagang di awal pendaftaran.

Hubungi konsultan Patendo untuk membantu Anda melakukan pengecekan dan pendaftaran brand dengan mudah dan cepat.

0 0 votes
Article Rating
Bagikan :
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x