Contoh Merek Yang Ditolak Oleh Pemerintah

Contoh merek yang ditolak oleh Pemerintah adalah hal yang nantinya bisa berguna untuk anda yang hendak mendaftarkan merek dagang produk atau jasa yang Anda miliki, sehingga dengan adanya contoh merek yang ditolak oleh pemerintah itu maka Anda bisa memiliki pengetahuan dan bisa menghindari faktor-faktor yang membuat sebuah merek ditolak pengajuan pendaftarannya. Sebuah merek merupakan hal yang sangat penting dalam perdagangan. Seandainya Anda tidak membuat sebuah merek sejak awal Anda memulai usaha tersebut maka hal itu bisa menjadikan Anda akan kesulitan di kemudian hari.

Contoh merek yang ditolak oleh pemerintah

Setidaknya nama merek itu harus dibuat sedari awal berdirinya perusahaan, pada perjalanannya barulah nanti merek tersebut didaftarkan kepada konsultan HKI kami. Dengan demikian jika Anda bisa membuat merek Anda diakui oleh pemerintah maka untuk ke depannya hanya Andalah yang menjadi pemilik hak atas merek tersebut. Orang lain tidak boleh memakai apalagi meniru merek Anda, jika orang lain memakai atau meniru merek yang telah didaftarkan oleh Anda, maka orang itu bisa dikenakan denda, sanksi atau hukuman sesuai yang telah ditentukan dalam perundang-undangan oleh pemerintah.

Merek adalah nama yang akan menjadi identitas dari sebuah produk atau jasa, namun dalam hal ini merek tidak hanya boleh terdiri dalam bentuk kata saja, melainkan juga dapat terdiri dari gambar atau logo. Pemilihan merek tidak boleh sembarangan. Jangan sampai Anda dituntut oleh orang lain yang telah menggunakan merek yang serupa dengan Anda. Untuk membuat merek dagang menjadi lebih orisinil maka tentunya Anda bisa mengembangkan kreativitas Anda sendiri, bagaimana pun caranya agar Anda bisa membuat sebuah merek yang dapat mewakili produk atau jasa yang Anda tawarkan, namun tentunya merek tersebut harus bisa berbeda daripada yang lain sehingga dengan demikian merek yang akan Anda daftarkan tersebut tidak akan mengalami penolakan dari pihak pemerintah karena keasliannya.

Contoh merek yang ditolak oleh pemerintah bisa lebih Anda mengerti jika Anda bisa mengetahui seperti apakah merek yang ditolak oleh pemerintah tersebut. Pertama, merek yang bisa ditolak pemerintah adalah merek yang sejenis yang memiliki kesamaan nama, misalnya untuk merek parfum jika sebelumnya sudah ada merek parfum yang menggunakan nama merek aroma, maka untuk parfum lainnya tidak boleh menggunakan nama aroma juga karena nama aroma sudah digunakan oleh merek parfum lain dan sudah didaftarkan sebelumnya kepada pemerintah.

merek yang ditolak oleh pemerintah

Sehingga jika Anda mengajukan pendaftaran dengan nama merek aroma pada produk parfum maka jelas-jelas bahwa merek tersebut akan langsung ditolak oleh pemerintah karena sudah ada produk lain yang menggunakannya. Kedua, merek bisa ditolak pemerintah apabila merek serupa sudah dipakai oleh produk lain yang lebih dulu terkenal, tidak terkecuali jika merek terkenal itu berada di luar Negara dimana Anda ingin mendaftarkan nama merek produk Anda yang baru. Namun mengenai pemberian nama merek terkenal yang ditolak oleh pemerintah ini belum diperjelas bagaimana sebenarnya merek tersebut disamakan.

Ketiga sebuah merek bisa ditolak pemerintah apabila di dalam nama merek tersebut disebutkan juga nama lokasi geografis yang sudah terkenal atau memang menjadi asal produk tersebut. Misalnya bakpia adalah makanan yang berasal dari Jogja, maka merek produk makanan bakpia Jogja tidak bisa diterima pemerintah dan akan segera ditolak pendaftarannya. Atau bisa juga merek dagang kopi yang terkenal dari tanah Gayo, Aceh, nama merek kopi Gayo juga tidak akan diterima oleh pemerintah sebagai merek resmi karena memang dari tanah Gayo itu banyak terkenal produksi kopinya. Keempat, sebuah merek bisa ditolak oleh pemerintah apabila merek tersebut menyematkan nama atau foto dari lembaga atau orang terkenal. Kecuali orang atau lembaga yang disematkan dalam merek memang sudah menyetujui dirinya menjadi brand atau model dari produk tersebut. Namun jika tidak ada persetujuan sama sekali maka merek tersebut tidak bisa didaftarkan sebagai merek dagang yang resmi dan sah.

Contoh merek yang ditolak pemerintah

Kemudian jika merek yang Anda buat merupakan hasil tiruan dari merek terkenal lainnya, menyerupai nama orang terkenal atau bahkan simbol Negara yang sudah dikenal maka sudah pasti bahwa merek tersebut akan ditolak oleh pemerintah. Tentunya barang tiruan tidak akan diakui oleh siapa pun termasuk pemerintah, karena jika terjadi tuntutan dari pihak yang memiliki nama merek tersebut secara sah maka bukan hanya Anda sebagai pemilik merek yang akan diberi hukuman namun pemerintah yang memberi persetujuan terhadap merek tersebut juga bisa mendapatkan sanksi serius. Namun tentunya hal tersebut tidak akan terjadi mengingat pemerintah memang akan menolak mentah-mentah apabila Anda mendaftarkan merek tiruan yang sudah dikenal secara luas.

Terutama jika merek yang Anda buat itu meniru lambang kenegaraan, maka tentunya hal ini bukanlah masalah yang kecil, melainkan dua Negara bisa bersengketa lantaran ada lambang Negara yang ditiru oleh seorang warga Negara lain. Dengan semua ketentuan yang menjadi contoh merek yang ditolak maka tentunya Anda sudah mengerti bukan bagaimana merek yang bisa ditolak? Dengan adanya contoh merek yang ditolak oleh pemerintah ini akan bisa membuat Anda lebih berhati-hati dalam membuat merek agar jangan sampai ditolak atau menimbulkan perpecahan diantara dua pihak. Perlu diingat juga bahwa pendaftaran ini akan memerlukan waktu dan proses yang tidak sebentar.

    Chat WA