021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

10+ Prosedur Pendaftaran Desain Industri

Desain industri termasuk dalam jenis hak atas kekayaan intelektual. Ingin mengetahui penjelasannya lebih lanjut? Silakan hubungi kami Patendo, konsultan HKI terdaftar WA 0853 5122 5081.

Desain untuk industri adalah salah satu jenis hak atas kekayaan intelektual. Apabila Anda memiliki desain sendiri untuk usaha Anda, maka segera daftarakan supaya tidak dibajak oleh pihak lain.

Berikut kami akan menjelaskan lebih detail mengenai desain atas industri yang ada di Indonesia.

pengertian desain industri

Pengertian desain industri

Setiap manusia memiliki ide kreatif yang berbeda-beda. Imajinasi, kreativitas serta kesenian lahir dari otak manusia mulai dari seni melukis, seni tari, seni pahat dan berbagai jenis seni lainnya.

Seperti lukisan, ada banyak lukisan yang memiliki pola, warna, garis serta gabungan dari keduanya yang berbeda. Itu juga termasuk dalam kekayaan intelektual yang dimiliki oleh manusia.

Anda dapat melihat berbagai karya atau kreasi unik yang terbentuk dalam sebuah patung atau karya fisik lainnya. Oleh karena itu, banyak jenis kekayaan intelektual yang dapat dilindungi.

Jenis kekayaan intelektual yakni merek, paten, desain untuk industri, perlindungan varietas tanaman serta rahasia dagang. Jadi desain atas industri termasuk dalam salah satu jenis kekayaan intelektual yang perlu dilindungi.

Banyak masyarakat yang tidak paham tentang desain untuk industri. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan apa itu desain untuk industri?

Berdasarkan UU No. 31 Tahun 2000, desain untuk industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, komposisi garis dan warna atau gabungan antara keduanya yang dapat berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Kreasi tersebut dapat memberikan kesan yang estetis dan juga sering digunakan untuk menghasilkan barang, produk kerajinan tangan serta komoditas industri.

Mengapa desain atas industri perlu dilindungi? Adanya perlindungan desain tersebut guna menyelamatkan dan melindungi desain yang Anda miliki supaya tidak dibajak atau ditiru oleh pihak lain.

Apabila Anda memiliki desain sendiri, maka segera daftarkan, supaya aman dan juga terlindungi. Masa perlindungan desain tersebut adalah 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal penerimaan.

Jika desain atas industri telah melebihi masa perlindungan, maka desain tersebut menjadi public domain atau tidak memiliki perlindungan. Selain itu desain ini juga dapat digunakan oleh orang lain.

dasar hukum desain industri

Pendesain dapat memiliki hak desain jika telah mendaftarkan desainnya secara resmi. Desain yang telah terdaftar dijamin aman dan dilindungi oleh negara. Desain untuk industri dapat didaftarkan jika:

1. Desain baru, desain yang didaftarkan tidak memiliki kesamaan dengan desain atas industri lainnya.

2. Tidak bertentangan dengan agama, asusila, ketertiban umum serta peraturan perundang-undangan.

Hak desain adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara Republik Indonesia atas hasil kreasi selama waktu yang telah ditentukan sendiri serta hak tersebut dapat diberikan kepada pihak lain atas persetujuan bersama. Ciri khusus perlindungan desain atas Industri yakni:

1. Special apperence (menunjukkan keunikan produk Anda sehingga dapat menarik pembeli atau pengguna produk).

2. Non technical aspect (tidak melindungi fungsi teknisnya, namun hanya melindungi aspek estetika sebuah produk saja).

3. Visible (berbentuk fisik dan dapat dilihat).

4. Embodiment in a utilitarian article (dapat diterapkan pada produk atau barang yang memiliki kegunaan).

Ada 3 (tiga) jenis desain atas industri yang dapat diajukan permohonan pendaftarannya, yakni:

1. Seperangkat produk, produk yang telah umum yang ada di pasaran, memiliki karakter desain yang sama, memiliki jenis kelas yang sama dan juga melindungi keseluruhan produk, contoh: furniture (set meja kursi).

2. Produk utuh, berupa produk atau komponen yang dapat dibongkar pasang seperti desain motor dan mobil.

3. Parsial, merupakan bagian dari produk yang tidak dapat dibongkar pasang seperti botol air mineral.

1. Ruang lingkup desain untuk industri

Hak desain atas industri memiliki lingkup sebagai berikut:

1. Pemakaian desain atas industri untuk kepentingan pendidikan dan penelitian sehingga tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pemegang hak desain.

2. Pemegang hak desain memiliki hak eksklusif untuk melaksanakan haknya.

Pendesain atau pemegang hak desain juga berhak melarang pihak lain untuk menjual, mengekspor, mengimpor, memakai, membuat serta mengedarkan barang yang telah diberi hak desain.

prosedur pendaftaran desain industri

Subjek dan objek hak desain

Subjek hak desain adalah pendesain. Pendesain berarti seseorang atau sekelompok orang yang menghasilkan desain atas industri.

Jika desain telah didaftarkan, pendesain memiliki hak resmi yang diberikan oleh Negara RI untuk menghasilkan kreasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Jika seseorang telah membuat desain, maka ia akan dianggap sebagai pendesain atau pemegang hak desain sehingga nama pendesain tercantum pada sertifikat desain industri sebagai pencipta.

Berikut beberapa hal yang diperoleh pendesain setelah mendaftarkan desainnya:

1. Memperoleh hak desain atas industri.

2. Jika desain untuk industri dibuat dalam hubungan dinas/kerja, maka desain tersebut akan dibuat atas dasar pesanan dan dikerjakan, maka pemegang hak desain adalah yang memberi pesanan atau pekerjaan.

3. Desain atas industri dibuat dalam hubungan dinas/kerja, orang yang membuat desain dianggap sebagai pemegang hak atau pendesain, kecuali jika ada persetujuan lain antara kedua pihak.

4. Jika pendesain terdiri dari sekelompok orang, maka hak desain diberikan kepada mereka secara bersama, kecuali jika ada persetujuan lain.

Selain subjek hak desain, ada juga objek yang meliputi desain atas industri. Objek yang terdapat pada desain tersebut memberikan kesan estetis.

Suatu kreasi yang memiliki berbagai bentuk yang dianggap unik dan menarik seta dapat didaftarkan secara resmi. Suatu desain yang menarik akan mempengaruhi daya saing dan juga dapat menaikkan nilai komersial suatu produk.

Hak desain akan diberikan untuk desain industri baru, apabila Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual telah menerima permohonan pendaftaran desain atas industri.

Contoh objek desain atas industri yang dapat dilindungi yakni desain pakaian, bentuk furniture kursi, meja, lemari, barang kerajinan tangan, seperangkat cangkir, teko dan lain sebagainya.

pengalihan hak desain industri

Dasar hukum desain industri

Kekayaan intelektual wajib memiliki dasar hukum yang kuat untuk melindungi segala bentuk yang berkaitan dengan kekayaan intelektual. Berbagai jenis hak atas kekayaan intelektual telah dijelaskan di atas.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Desain Industri dibentuk dengan beberapa pertimbangan, yakni:

1. Dalam memajukan industri perdagangan dari dalam negeri hingga luar negeri, maka diperlukan kreasi dan inovasi dari masyarakat dalam bidang desain untuk industri.

2. Indonesia telah mengesahkan undang-undang baru yang berkaitan dengan Persetujuan Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia.

Hal tersebut mencakup Persetujuan TRIPs (Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights) dengan UU No. 7 Tahun 1994 tentang Desain Industri.

3. Indonesia memiliki kekayaan budaya dan etnis yang beraneka ragam. Hal ini dapat dijadikan sumber pengembangan desain atas industri.

Keberagaman budaya yang ada di Indonesia diikutsertakan dalam globalisasi perdagangan dengan cara memberikan perlindungan hukum terhadap desain atas industri supaya dapat mempercepat pembangunan industri nasional.

Indonesia juga perlu memajukan sektor industri untuk dapat meningkatkan daya saing. Selain itu, Indonesia juga perlu membuat undang-undang dalam bidang desain atas industri untuk melindungi hak pendesain.

Adanya perlindungan hukum yang diberikan kepada pendesain untuk meningkatkan kreativitas pendesain supaya menciptakan desain baru secara terus menerus.

Perlindungan hukum dalam bidang desain atas industri supaya terhindar dari penjiplakan, peniruan dan pembajakan yang dilakukan oleh pihak lain.

Ada beberapa syarat pendaftaran yang harus dipenuhi oleh pendesain untuk mendapatkan perlindungan hak desain secara resmi.

Apabila ada seseorang yang melanggar peraturan atas desain untuk industri, maka pihak tersebut akan mendapatkan sanksi dan didenda sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

contoh kasus desain industri

Prosedur pendaftaran desain industri

Desain berasal dari kreativitas, inovasi serta ide yang dimiliki oleh seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu. Suatu karya atau kreasi seseorang dapat disebut sebagai kekayaan intelektual dan dapat dilindungi.

Setiap orang memiliki ide yang berbeda dan desain yang dibuat juga memiliki hasil yang berbeda-beda dari segi bentuknya.

Desain atas industri juga termasuk dalam kekayaan intelektual yang perlu dilindungi agar desain tidak dapat dijiplak, dibajak atau ditiru oleh pihak lain. Karya ciptaan seseorang yang telah didaftarkan maka akan dijaga keasliannya.

Untuk menghindari terjadinya pembajakan dan peniruan, Anda sebagai pelaku industri dapat mendaftarkan desain Anda melalui konsultan HKI terpercaya seperti Patendo.

Berikut kami akan menjelaskan beberapa langkah dalam mendaftarkan desain industri.

1. Buat surat permohonan

Pendaftaran desain atas industri dilakukan dengan cara membuat surat permohonan pendaftaran diketik rangkap 3 (tiga) dalam bahasa Indonesia, lalu mengisi formulir yang telah tersedia.

Pendaftar diwajibkan melampirkan beberapa hal, yakni:

1. Nama, alamat lengkap dan kewarganegaraan pemohon.

2. Tanggal, bulan dan tahun surat permohonan pendaftaran.

3. Nama negara dan tanggal penerimaan permohonan yang pertama kali, dalam hal permohonan diajukan dengan hak prioritas.

4. Nama dan alamat lengkap kuasa apabila permohonan diajukan oleh kuasa.

5. Nama, alamat lengkap dan kewarganegaraan pendesain.

2. Siapkan lampiran

Surat permohonan yang ditandatangani oleh pemohon maupun kuasa harus dilampiri:

1. Surat kuasa khusus, jika pengajuan permohonan pendaftaran melalui kuasa, lalu melampirkan surat pernyataan tentang desain industri yang menyatakan bahwa desain tersebut adalah milik pendesain atau pemohon.

2. Melampirkan contoh fisik, foto, gambar maupun uraian dari sebuah desain. Hal tersebut akan mempermudah proses pendaftaran. Lampirkan contoh gambar atau foto dalam bentuk yang dapat discan atau bentuk softcopy (file).

3. Jika permohonan pendaftaran diajukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama, maka surat permohonan tersebut dapat ditandatangani oleh salah satu pemohon dengan melampirkan persetujuan tertulis dari para pemohon lain.

4. Apabila permohonan diajukan oleh pihak lain (bukan pendesain), pihak tersebut harus melampirkan surat pernyataan serta bukti kuat bahwa pemohon memiliki hak atas desain tersebut.

5. Biaya pendaftaran untuk desain atas industri sebesar Rp 3.000.000 per desain.
Oleh karena itu, kekayaan intelektual harus dilindungi supaya terhindar dari pembajakan dan peniruan terhadap karya cipta seseorang.

Desain yang telah terdaftar akan aman dan dilindungi negara, serta pemilik desain juga mendapatkan hak yang sesuai.

biaya daftar desain industri

Berapa lama perlindungan hak desain

Hak desain atas industri memiliki perlindungan dengan masa waktu yang telah ditentukan.
Menurut UU No. 31 Tahun 2001 menyebutkan bahwa perlindungan hak desain diberikan untuk jangka waktu 10 tahun yang terhitung sejak tanggal penerimaan.

Apabila desain telah lebih dari 10 tahun, maka desain tersebut tidak memiliki perlindungan atau disebut dengan public domain. Siapa saja dapat menggunakan desain tersebut tanpa adanya izin dari pemilik desain.

Banyak pengusaha telah memasarkan produknya terlebih dahulu lalu mendaftarkan desainnya, namun desain tersebut tidak memiliki pembaruan karena telah menjual produknya terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, sebaiknya para pengusaha mendaftarkan produknya terlebih dahulu lalu memasarkannya.

Berdasarkan UU tentang desain dijelaskan bahwa pemilik desain (pendesain) diberi waktu maksimal 6 bulan dari tanggal pertama publikasi karyanya dalam sebuah pameran nasional maupun internasional.

Adanya publikasi karya tersebut dapat dimanfaatkan oleh pendesain untuk meriset karyanya. Hal itu akan terjadi apabila Anda mendaftarkan desain Anda melalui kantor HKI terpercaya.

Jika desain tidak dapat dipublikasi dalam jangka waktu yang telah diberikan, maka desain tersebut tidak dianggap baru dan tidak dapat didaftarkan lagi.

manfaat desain industri

Pengalihan hak desain industri

Hak desain dapat dialihkan apabila mendapatkan persetujuan dari pihak lainnya. Hak desain adalah hak eksklusif yang diberikan Negara Republik Indonesia kepada pendesain atas hasil kreasinya selama waktu tertentu untuk melaksanakan sendiri desainnya.

Hak tersebut dapat diberikan kepada pihak lain apabila mendapatkan persetujuan dari kedua pihak untuk melaksanakan hak desain tersebut. Hak desain dapat dialihkan atau beralih dengan cara sebagai berikut:

1. Hibah;

2. Pewarisan;

3. Wasiat;

4. Perjanjian tertulis, atau

5. Sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan.

Adanya pengalihan hak desain atas industri tersebut harus disertai dengan beberapa lampiran dokumen yang mendukung pengalihan hak desain tersebut.

Pengalihan hak desain tidak menghilangkan identitas pendesain dan tetap mencantumkan nama serta identitas pendesain dalam daftar umum desain atas industri, sertifikat maupun dalam berita resmi desain tersebut.

Pengalihan hak desain akan diumumkan dalam berita resmi desain untuk industri.

subjek dan objek hak desain

Lisensi hak desain

Lisensi adalah izin yang diberikan oleh pemegang hak desain atas industri kepada pihak lain melalui suatu perjanjian atas dasar pemberian hak (bukan pengalihan hak).

Lisensi hak desain dapat diberikan kepada pihak lain apabila pihak tersebut menggunakannya dengan baik dan memiliki persetujuan dari pemegang hak desain.

Pemegang hak desain dapat memberikan lisensinya pada pihak lain untuk melaksanakan hak desain atas industri dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Selain jangka waktu, ada juga syarat yang harus dipenuhi oleh pihak kedua untuk melarang orang lain untuk mengekspor, menjual, memakai, mengedarkan dan juga membuat tanpa adanya persetujuan.

Perjanjian ini dapat bersifat non eksklusif dan juga ekslusif. Perjanjian tersebut wajib dicatat dalam daftar umum desain atas industri di Dirjen HKI dan dikenai biaya yang telah ditentukan dalam undang-undang.

Apabila penjanjian lisensi tersebut tidak tercatat di Dirjen HKI, maka desain tersebut tidak berlaku kepada pihak ketiga.

berapa lama perlindungan hak desain

Contoh kasus desain industri

Di Indonesia banyak kasus desain atas industri. Dari banyaknya kasus yang tersebar, kami akan menjelaskan salah satu kasus desain atas industri yang pernah populer di kalangan masyarakat.

Berikut adalah contoh kasus desain kanal pintu besi lipat dan daun pintu besi lipat.
Kasus desain kanal pintu besi dan daun pintu besi lipat terjadi di kalangan distributor besi atau pengusaha bengkel folding gate.

Hal itu terjadi karena Jusman Husein yang tergugat mendaftarkan desainnya yang berupa kanal pintu besi lipat dan daun pintu besi lipat. Ia mendapatkan hak eksklusif melalui pendaftaran hak desain.

Ia memperoleh sertifikat desain industri kanal pintu besi terdaftar dengan No. ID 010 726-D dan No. ID 0 010746-D. Selain itu, daun pintu besi juga terdaftar dengan No. ID 0 010 723-D dan No. ID 0 10 735-D.

Tody menggugat Jusman Husein di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat atas dasar pembuatan folding gate. Tody menyatakan bahwa pembuatan folding gate adalah menjadi public domain/milik umum.

Folding gate telah dikenal secara luas dan umum. Jadi tidak masalah jika memiliki kesamaan bentuk, warna, maupun desainnya.

Tody menyatakan bahwa Jusman Husein memiliki iktikad tidak baik. Ia sengaja mendaftarkan seluruh objek sengketa desain atas industri tersebut.

Oleh karena itu, pengadilan membatalkan desain atas industri milik Jusman Husein. Hakim Pengadilan Niaga memutuskan bahwa tidak adanya unsur kebaruan yang telah ditentukan dalam Undang-Undang No.31 Tahun 2000 tentang Desain Industri.

Desain milik Jusman tidak berbeda dengan desain atas industri lainnya yang telah ada sebelumnya mulai dari bentuk, warna, desain serta konfigurasi. Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan gugatan Tody mengenai desain tersebut.

Pengadilan menyatakan pembatalan atas sertifikat desain pintu kanal besi dan daun pintu besi yang telah terdaftar. Pengadilan juga menyatakan bahwa Jusman memiliki iktikad tidak baik karena mendaftarkan desain atas industrinya.

Jusman juga memiliki iktikad melawan hukum serta tidak jujur. Sertifikat desain industri atas nama Jusman Husein dengan No. ID 0 010 723-D telah dibatalkan.

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat juga memerintakan Dirjen HKI untuk mencoret pendaftaran desain atas industri kanal pintu besi dan juga daun pintu besi yang telah terdaftar.

Putusan Pengadilan Niaga dan Mahkamah Agung telah menyatakan bahwa pengadilan dengan benar dan tepat memutuskan perkara desain kanal pintu besi dan daun pintu besi.

Kasus pelanggaran banyak terjadi di Indonesia karena dipengaruhi oleh pandangan serta sikap masyarakat terhadap kebutuhan finansial dan juga para pelaku ekonomi lainnya.

Para pelaku ekonomi yang memiliki kesadaran hukum tidak akan melanggar peraturan hukum. Pelanggaran desain atas industri yang terjadi dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman hukum serta kekeliruan terhadap pemahaman desain atas industri.

Fungsi hukum yang tidak efektif membuat kurangnya kesadaran hukum masyarakat yang mengakibatkan adanya pelanggaran hukum yang sering terjadi di Indonesia.

lisensi hak desain

Pembatalan hak desain

Hak desain atas industri dapat dibatalkan apabila ada persetujuan dari pemegang hak dan pihak kedua. Hak desain yang telah terdaftar dapat dibatalkan dengan 2 (dua) cara, yakni:

1. Berdasarkan gugatan (putusan pengadilan)

Hak desain atas industri dapat dibatalkan apabila ada gugatan pembatalan pendaftaran desain yang diajukan oleh pihak lain yang berkepentingan dengan alasan yang telah ditetapkan dalam Pasal 2 atau Pasal 4 dalam UUDI.

Gugatan tersebut dilayangkan kepada pihak Pengadilan Niaga. Putusan Pengadilan Niaga akan disampaikan kepada Dirjen HKI paling lama 14 (empat belas) hari setelah tanggal putusan.

2. Berdasarkan permintaan pemegang hak

Hak desain atas industri dapat dibatalkan oleh Dirjen HKI atas dasar permintaan tertulis yang diajukan oleh pemegang hak.

Jika hak desain telah terlisensi, maka harus ada surat persetujuan tertulis dari penerima lisensi yang telah tercatat dalam daftar umum desain atas industri.

Surat persetujuan penerima lisensi tersebut dilampirkan bersamaan dengan permintaan pembatalan desain atas industri. Apabila tidak ada persetujuan, maka pembatalan hak desain tidak dapat dilakukan.

Desain tersebut memang perlu dilindungi, supaya desain yang Anda ciptakan tidak diklaim, dibajak atau ditiru oleh pihak lain.

Apabila Anda memiliki desain khusus untuk industri Anda, segera daftarkan melalui Patendo. Silahkan hubungi kami di 0853 5122 5081.

Kami siap membantu Anda. Pastikan segera daftarkan hasil kreasi Anda supaya desain Anda aman dan terhindar dari pembajakan dan peniruan. Selain itu, Anda juga memiliki hak resmi atas desain yang Anda miliki.

0 0 vote
Article Rating
Bagikan :
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x