Formulir Perpanjangan Merek

Formulir perpanjangan merek dapat dilakukan oleh pemilik merek tersebut setelah jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan sertifikat hak atas sebuah merek. Mengajukan perpanjangan merupakan langkah yang dapat dilakukan oleh pemilik merek agar merek yang dimiliki kembali mendapatkan perlindungan hukum dari pemerintah Indonesia.

Formulir perpanjangan merek

Panjangnya masa perpanjangan perlindungan hukum yang didapat adalah sama atau 10 tahun dan pemilik merek dapat kembali memperpanjang ketika perlindungan hukum tersebut habis. Pengajuan perpanjangan hak atas merek dagang tersebut dibuat dalam bahasa Indonesia. Salah satu aturan penting mengenai perpanjangan hak atas merek tersebut adalah melakukan perpanjangan perlindungan hukum atas merek yang dimiliki selambat – lambatnya 6 bulan sebelum masa perlindungan hukum atas merek tersebut habis.

Pemilik hak atas merek yang tidak memperpanjang hingga masa berakhirnya perlindungan hukum atas merek tersebut akan kehilangan hak perlindungan hukum. Agar dapat kembali memperoleh perlindungan hukum dan hak atas merek yang sebelumnya telah didaftarkan; maka pemilik merek harus mengulang kembali proses mendaftarkan merek. Adapun biaya untuk mendaftarkan kembali merek yang telah habis masa perlindungan hukumnya adalah sama dengan biaya untuk mendaftarkan sebuah merek yang baru. Kesadaran untuk mendaftarkan merek dan memperoleh hak perlindungan hukum atas sebuah merek dagang menunjukkan iklim usaha yang semakin baik dan juga sadar akan kekayaan intelektual yang dimiliki.

hak merek dagang

Memperoleh perlindungan hukum atas sebuah merek dagang yang dimiliki perorangan ataupun lembaga usaha merupakan hak yang bisa didapat oleh setiap warga negara Indonesia. Memiliki merek untuk suatu jenis produk barang ataupun jasa yang dijadikan komoditi perdagangan merupakan salah satu cara memajukan usaha dan memperoleh perlindungan hukum dari tindak pemalsuan atau tindak penyalahgunaan merek yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak berhak menggunakan merek tersebut. Agar hak perlindungan hukum atas merek tersebut tetap dimiliki, maka pemilik merek wajib mengajukan perpanjangan perlindungan hak atas merek.

formulir perpanjangan merek dagang

Dalam dunia usaha. merek merupakan salah satu bentuk identitas pelaku usaha dan juga produk yang diperdagangkan. Setiap pelaku usaha dapat menggunakan merek apapun secara bebas selama merek tersebut belum digunakan oleh pihak lain. Penggunaan merek dapat memberi identitas pada produk atau jasa yang diperdagangkan dan juga mewakili reputasi dari produk dan juga pelaku usaha pemilik merek.  Guna memperoleh perpanjangan hak atas perlindungan kepemilikan merek maka pemilik merek diwajibkan untuk melakukan perpanjangan.

    Chat WA