Hak merek

Hak merek menjadi hal yang sangat penting bagi orang yang melakukan usaha. Karena hak merek tersebut merupakan identitas atas usaha yang telah dilakukan. Namun, tak jarang banyak orang yang enggan membuat nama merek akhirnya mencuri merek milik orang lain.

Kerugian dalam Menunda Mendaftarkan Brand Dagang Bagi Seseorang
Banyak cara untuk mencukupi kebutuhan bagi setiap orang. Setelah dewasa atau bahkan ketika merasa sudah cukup usia, akan ada momen di mana seseorang harus bekerja untuk dapat memenuhi keperluan sehari – harinya. Ketika sudah berkeluarga, kebutuhan itu juga bertambah karena ada pasangan dan anak – anak. Belum lagi jika orangtua telah memasuki usia tidak produktif dan membutuhkan penopang untuk memenuhi kebutuhannya.

Selain bekerja sebagai karyawan, ada juga beberapa orang yang lebih cenderung memilih jenis penghasilan tanpa batas. Dalam artian, sebagian orang lebih suka tidak terikat jam kantor seperti layaknya pegawai atau karyawan. Lalu, jenis pekerjaan apa yang secara waktu lebih fleksibel? Jawabannya adalah entrepreneur.

Hak merek

Ketika mengawali langkah sebagai entrepreneur, sangat disarankan untuk cepat menentukan merek dagang. Setelah menemukan sebuah merek dagang yang sesuai, jangan lupa untuk segera mendaftarkannya sesuai aturan perundangan. Mengapa hal ini sangat penting? Karena sebagai seorang entrepreneur pemula, ada banyak hal yang akan ditemui di depan masa karir berniaga. Sebagian hal bersifat positi dan sebagian lainnya bersifat negatif.

Masalah akan muncul apabila seseorang terlambat mendaftarkan merek dagang untuk dipastikan hak kekayaan intelekualnya. Karena dimiliki oleh seseorang saja, bisa jadi ketika ada kompetitor yang mengambil merek dagang tersebut atau membuat tandingan sangat mirip maka proses hukum kurang bisa memaksimalkan kemenangan pihak yang sendiri. Oleh karena itu, kekuatan perlindungan hak kekayaan intelektual dari merek dagang sangat penting untuk dimiliki seorang entrepreneur pemula.

Meskipun belum pernah terjun ke dunia bisnis dan hanya memulai dari usaha kecil – kecilan, tetapi merek dagang tetap perlu didaftarkan segera. Karena seseorang tidak akan pernah tahu bagaimana pesatnya perkembangan bisnis dari yang rumahan hingga sampai skala internasional. Sudah banyak pengusaha Indonesia yang meluaskan pangsa pasarnya ke jaringan internasional meskipun diawali dari nol.

Hak merek dagang

Akan banyak kerugian menunda mendaftarkan merek dagang bagi seseorang yang menjalankan bisnis sendiri. Hal ini juga dipengaruhi oleh terbatasnya petugas untuk mengurus masalah ini dan itu di dalam usaha yang baru dirintis. Karena prosedur pendaftaran juga tidak rumit, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda pendaftaran ini.

Proses pendaftaran merek dagang cukup mudah meskipun alurnya memang harus diikuti step by step. Jika merasa kesulitan karena belum pernah memproses, maka sebaiknya carilah informasi di majalan ekonomi atau internet. Seminar atau kuliah terbuka tentang merek dagang juga sangat perlu untuk diikuti sebagai cara menambah wawasan.

Jika perlu, libatkan beberapa rekan atau keluarga yang sekiranya pernah berurusan dengan proses pendaftaran merek dagang atau mengerti tentang hal ini. Tidak ada ruginya memulai sesuatu dengan prosedur yang sesuai. Meskipun kelihatannya rumit, tetapi saat dijalani sebenarnya proses ini justru sangat membantu para enterpreneur.

Apalagi jika usaha yang dijalankan berjalan lancar dan banyak peminat serta belum terdaftar merek nya, rawan sekali untuk dicuri atau di akui orang lain. Baik itu ide atau pun nama. Karena itu lah hak merek sangat penting untuk dilindungi agar tidak merugikan siapa pun.

cHak merek

5 cara dibawah ini yang perlu Anda lakukan agar hak merek yang Anda punya tidak diakui orang lain:

1. Penelurusan Merek
Sebelum menentukan merek maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memastikan bahwa merek yang akan Anda buat belum dipakai orang lain. Ini bertujuan agar merek Anda tidak menjiplak atau sama dengan milik orang lain. Sehingga hak merek Anda aman dan terjamin. Anda bisa melakukan penelurusan nama merek melalui patendo untuk memastikan apakah nama merek anda telah digunakan orang lain atau belum.

2. Daftarkan
Apabila dipastikan bahwa merek Anda tidak ada yang sama dengan orang lain, maka secepatnya Anda harus mendaftarkannya. Tentu saja gunanya agar hak merek Anda terlindungi secara hukum yang telah di atur dalam undang-undang. Sebagian orang enggan untuk mendaftarkan hak merek mereka karena beranggapan bahwa proses yang akan dilalui panjang, memakan waktu lama serta bertele tele.

Padahal tidaklah demikian. Apalagi jika pendaftaran merek anda melalui konsultan kami . Pendaftaran melalui konsultan kami tidak rumit dan mahal asalkan apa yang dibutuhkan saat pendaftaran lengkap maka hak merek Anda bisa cepat diterbitkan.

3. Kuatkan Hak-hak Anda
Menguatkan hak-hak merek Anda juga sama pentingnya. Dengan menguatkan hak tersebut hak merek Anda tidak akan mudah untuk dijiplak orang lain.

Hak merek dagang

5. Buat Merek yang Berbeda
Sebelum memutuskan untuk membuat merek setelah riset maka tentukanlah nama merek Anda dengan nama merek yang berbeda. Tentu saja gunanya agar berbeda dengan yang lain. Selebihnya dengan nama yang berbeda orang akan lebih mudah mengingatnya. Dengan begitu akan banyak orang yang membeli produk Anda. Nama yang berbeda juga akan menjadi ciri khas nama merek Anda jadi hak merek Anda tidak akan mudah ditiru orang lain.

Saat ini dimana usaha telah menjamur dimana pun, pengakuan hak merek orang lain tentu harus diwaspadai. Dengan usaha yang serupa dan hampir sama bukan tidak mungkin nama merek yang Anda buat bisa ditiru. Terutama usaha yang berkecimpung dalam dunia kuliner akan lebih rawan untuk diakui hak mereknya. Kuliner dengan bahan dan menu yang sama harus benar-benar mencari merek yang unik dan beda.

Dengan menggunakan nama berbeda serta lekas melakukan pengamanan pada hak merek Anda maka kelangsungan usaha Anda di masa depan akan terjaga.

    Call Us
    Chat WA