Prosedur & Syarat Pendaftaran Merek Dagang

Prosedur & syarat pendaftaran merek dagang sudah diatur di dalam undang undang merek. Kami konsultan kekayaan intelektual siap membantu anda dalam pendaftaran merek. Adanya peraturan ini tentu saja dimaksudkan agar tidak ada pihak yang melanggar ketentuan dan diharapkan proses yang dilangsungkan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Ingin Daftar Merek Dagang Berikut Caranya

Prosedur & syarat pendaftaran merek seperti di atas, perlu Anda ketahui, pada pasal 1 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001, disebutkan bahwa merek merupakan tanda dalam bentuk nama, gambar, angka-angka, kata, susunan warna, huruf-huruf, atau kombinasi dari  beberapa unsur yang sudah disebutkan dan mempunyai daya beda serta dipakai dalam kegiatan perdagangan barang maupun jasa.

Daftar Merek Dagang Berikut

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyiapkan merek yang sekiranya akan memberi sejumlah keuntungan pada saat nantinya dipublikasikan di ranah masyarakat. Sebab, merek akan menjadi salah satu hal penting yang bisa Anda pertahankan hingga jangka waktu tertentu.

Prosedur & syarat pendaftaran merek dagang menurut Undang Undang Nomor 15 Tahun 2001.

Pada Undang Undang tersebut dijelaskan bahwa agar merek bisa diterima sebagai cap dagang atau merek, maka ada syarat mutlak yang harus diketahui. Syaratnya merek tersebut wajib memiliki daya pembeda yang dinilai cukup. Maksudnya adalah tanda yang digunakan merek tersebut harus didesain sedemikian rupa, sehingga memiliki kekuatan yang cukup untuk membedakan produk satu pihak dengan hasil dari pihak lain yang masih sejenis.

Barang-barang yang diberi tanda atau merek tersebut wajib bisa dibedakan dari barang-barang pihak lain karena adanya merek. Dengan demikian, daya beda sudah jelas menjadi unsur pertama yang dinilai penting. Adanya daya beda yang bisa membuat produk Anda diminati masyarakat juga penting. Daya beda itu sendiri nantinya juga akan bisa menentukan seberapa kuat merek yang Anda berikan bisa melekat dan memberi kesan untuk masyarakat. Dengan adanya kesan positif, maka masyarakat akan bisa menjadi pelanggan untuk produk yang sudah Anda buat, baik berupa barang, jasa, maupun keduanya.

Ingin Daftar Merek Dagang

Itulah beberapa informasi yang berhubungan dengan prosedur & syarat pendaftaran merek dagang. Jika Anda termasuk pihak yang ingin mendirikan usaha dengan mengandalkan adanya produk berupa barang, jasa, atau keduanya, maka segera minta bantuan konsultan HKI kami. Dengan demikian, prosedur pendaftaran merek yang Anda ikuti bisa berjalan dengan lancar dan proses pun semakin cepat dilakukan untuk diselesaikan.

    Call Us
    Chat WA