021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Jasa Pendaftaran Merek

Jasa pendaftaran merek terpercaya Patendo adalah Konsultan Merek Terdaftar yang siap membantu anda dalam pendaftaran brand dengan biaya terjangkau.
Pendaftaran merek Patendo, jasa pendaftaran merek dagang terpercaya, siap membantu Anda.

Segera kunjungi website kami sebelum terlambat atau hubungi 0813 8670 6312. Memiliki nama brand atau merek pada sebuah produk adalah suatu keharusan. Mengapa? Merek atau brand tidak hanya menjadi sebuah identitas semata, akan tetapi jauh diluar itu dapat memberikan dampak yang besar baik bagi produsen dan konsumen serta pihak-pihak terkait lainnya.

jasa pendaftaran merek

Dua produk yang sama dapat dijual dengan harga yang berdeda jika dilabeli dengan merek atau brand berbeda. Mengapa demikian? Brand dapat memberikan citra berbeda terhadap setiap produk meskipun produk tersebut sama dengan produk lain.

Merek adalah sebuah nama yang diasosiasikan terhadap sebuah produk atau jasa yang dapat menggambarkan produk atau jasa tersebut.

Definisi merek oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual menjelaskan bahwa merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

jasa pendaftaran merek dagang
Fungsi Merek

Merek atau brand bukanlah hanya sebuah nama atau identitas semata. Akan tetapi, penggunaan sebuah nama merek atau brand akan memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi para penggunanya. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan sebuah merek atau brand:

• Berfungsi sebagai identitas atau tanda pengenal yang disematkan kepada sebuah produk atau jasa.

• Berfungsi sebagai alat bantu dalam memperkenalkan sebuah produk atau jasa kepada masyarakat umum. Ini sangat berarti bagi konsumen karena mereka akan dengan mudah mengenali suatu produk dan dapat membelinya kembali di kemudian hari.

• Berfungsi untuk mencegah tindakan atau hal-hal yang dapat merugikan pihak pemegang hak merek dari pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap produk atau jasa sejenis. Suatu merek atau brand akan mampu mencegah hal yang merugikan bagi pemegang haknya apabila telah terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual melalui proses pendaftaran merek.

Pendaftaran merek adalah kegiatan pemeriksaan dan pencatatan setiap merek barang/jasa/usaha, oleh pejabat pendaftaran, dalam buku daftar yang disediakan untuk itu, berdasarkan permohonan pemilik atau pemegang hak, menurut syarat-syarat dan tata cara yang diatur undang-undang, dengan tujuan untuk memperoleh kepastian status kepemilikan dan perlindungan hukum, dan sebagai bukti pendaftaran diterbitkan sertifikat merek.

Lantas apa saja fungsi pendaftaran merek? Berikut pentingnya pendaftaran merek yang wajib Anda ketahui:

1. Pendaftaran merek dagang untuk menjadi bukti.

Fungsi pertama dari pendaftaran merek dagang ialah alat bukti. Pendaftaran merek dagang atas produk barang atau jasa yang dikelola tersebut dapat menjadi bukti yang menunjukkan bahwa produk barang maupun jasa tersebut benar merupakan milik Anda. Jadi, hal ini bisa meminimalisasi risiko plagiarisme.

2. Pendaftaran merek dagang untuk mencegah penyalahgunaan merek.

Fungsi berikutnya terkait pendaftaran merek dagang ialah dapat dijadikan dasar untuk mencegah adanya pihak lain yang tidak bertanggung jawab ketika hendak memakai merek dagang serupa dengan merek dagang yang Anda daftarkan. Persamaan tersebut bisa dalam bentuk beberapa bagian bahkan tidak menutup kemungkinan adanya persamaan secara keseluruhan.

Jika penyalahgunaan tersebut terjadi, tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan Anda, sebab bisa mengancam kelangsungan bisnis Anda seperti yang sudah dijelaskan pada awal artikel.

3. Pendaftaran merek dagang untuk mencegah risiko plagiarisme.

Fungsi pendaftaran merek dagang selanjutnya adalah dapat mencegah risiko plagiarisme atau penjiplakan atas merek dagang Anda oleh pihak lain yang tidak memiliki keterkaitan dengan bisnis Anda. Dengan memiliki merek dagang terdaftar, maka Anda akan memperoleh perlindungan hukum atas merek dagang Anda.

Jangan lupa untuk memastikan status pendaftaran merek Anda dengan melakukan cek status pendaftaran merek secara rutin agar terhindar dari permasalahan pendaftaran merek.

jasa pendaftaran merek hki

Sistem Konstitutif dalam Pendaftaran Merek.

Tahukah Anda bahwa negara Indonesia menganut sistem “first to file” dalam hal memberikan pendaftaran suatu merek dagang. Sistem “first to file” itu sendiri dapat diartikan bahwa pendaftaran merek hanya akan diberikan kepada pihak yang sudah lebih dahulu mengajukan permintaan pendaftaran suatu merek dagang.

Terkait definisi “first to file” tersebut, maka dapat diterjemahkan bahwa negara tidak akan memberikan izin pendaftaran merek yang memiliki persamaan dengan merek yang telah diajukan terlebih dahulu kepada pihak lain yang serupa.

Anda baru bisa mendapatkan perlindungan merek dagang apabila merek Anda tersebut telah terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM.

Pendaftaran merek tersebut akan memberikan hak eksklusif kepada pemohon pendaftaran merek dalam jangka waktu selama 10 tahun lamanya.

Adapun jangka waktu perlindungan merek dagang tersebut dapat dilakukan perpanjangan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jangan lupa untuk melakukan cek status pendaftaran merek untuk mengetahui kepastian terdaftarnya merek Anda.

Pendaftaran Merek Mandiri.

Untuk memiliki hak penuh terhadap sebuah merek atau brand, seseorang atau perusahaan harus melakukan pendaftaran merek pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

Pendaftaran merek dilakukan agar sang pemilik memiliki kekuatan hukum yang sah terhadap kepemilikan sebuah hak merek serta mendapat manfaat pendaftaran lainnya.

Segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran merek atau brand di Indonesia sudah diatur dalam undang-undang. Aturan mengenai pendaftaran merek atau brand dirujuk pada hukum yang berlaku saat ini yakni pada Pasal 6 Ayat 1 Undang-undang No.20 Tahun 2016:

Permohonan untuk lebih dari satu kelas barang dan /atau jasa dapat diajukan dalam satu permohonan.

Penjelasan dari pasal di atas adalah pengajuan pendaftaran merek atau brand cukup dilakukan dalam satu permohonan saja meskipun brand tersebut didaftarkan kedalam beberapa kelas berdasarkan ketentuan dari “Trademark Law Treaty”.

jasa pendaftaran merek murah

Apa saja tahapan dalam pendaftaran merek atau brand? Berikut tahapan-tahapan yang harus Anda lalui untuk melakukan pendaftaran merek atau brand:

1. Pengecekan atau Penelusuran Merek.

Tahap awal yang perlu dilakuan dalam pendaftaran merek atau brand adalah melakukan cek merek atau penelusuran merek. Cek merek dilakukan untuk mengetahui apakah merek atau brand yang akan Anda daftarkan telah terdaftar terlebih dahulu oleh pemilik lain atau belum.

Pengecekan atau penelusuran merek dapat Anda lakukan dengan bertanya langsung kepada pihak terkait yakni Dirjen HKI atau dapat dilakukan dengan secara online melalui laman DGIP yang memuat Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Untuk melakukan pengecekan atau penelusuran merek dagang yang lebih detail dan akurat, Anda dapat menggunakan jasa pendaftaran merek yaitu Konsultan HKI terdaftar yang telah memiliki nama serta kredibilitas di bidangnya.

2. Mengajukan Permohonan Pendaftaran Merek.

Setelah melakukan pengecekan atau penelusuran merek atau brand dan mengetahui bahwa brand yang akan Anda gunakan belum didaftarkan, maka Anda dapat melakukan pengajuan permohonan pendaftaran untuk merek Anda.

Pengajuan permohonan pendaftaran merek dilakukan dengan melampirkan atau memenuhi sejumlah syarat pendaftaran merek HAKI yang telah ditentukan. Apa saja persyaratan pendaftaran merek?

• Menyiapkan biodata.

Syarat pendaftaran merek yang pertama adalah mengisi biodata lengkap baik pemohon perorangan maupun perusahaan. Biodata tersebut berupa nama lengkap, alamat lengkap, serta kewarganegaraan.

• Melampirkan contoh merek

Syarat pendaftaran yang kedua adalah melampirkan contoh merek. Setiap pemohon diwajibkan untuk menyiapkan sebanyak 30 contoh yang akan di daftarkan dengan minimal ukuran 2 x 2 serta maksimal 9 x 9.

• Menentukan kelas barang atau jasa.

Bagian penting yang harus disiapkan yaitu menentukan kelas barang atau jasa yang ingin didaftarkan. Jika menggunakan jasa pendaftaran merek, Anda bisa dengan mudah menentukan kelas barang atau jasa tanpa khawatir salah pilih kelas.

• Surat pernyataan kepemilikan merek.
Pemohon diwajibkan melampirkan surat pernyataan kepemilikian merek yang akan didaftarkan.

• Melampirkan surat kuasa.
Pemberian surat kuasa ini dilakukan jika pengurusan pendaftaran merek di kuasakan kepada orang lain atau Konsultan HKI/jasa pendaftaran merek.

• Melampirkan fotokopi identitas pemohon. Pemohon wajib melampirkan fotokopi identitas saat melakukan pengajuan permohonan.

• Melampirkan fotokopi NPWP. Persyaratan NPWP ini diperuntukkan bagi pemohon atas nama perusahaan atau badan hukum dan tidak berlaku untuk pemohon perorangan.

3. Prosedur Pendaftaran Merek.
Setelah semua berkas persyaratan telah dilengkapi, selanjutnya pihak pemohon menyerahkan berkas tersebut kepada pihak Direktorat Jenderal HKI. Setiap berkas yang telah diterima akan melalui beberapa prosedur yang telah ditetapkan oleh Dirjen HKI.

Berikut beberapa prosedur pendaftaran merek yang diterapkan oleh Dirjen HKI mulai dari penerimaan berkas hingga penerbitan sertifikat hak merek:

1. Prosedur Pemeriksaan Substantif.
Pemeriksaan substantif adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Dirjen HKI terhadap merek atau brand yang dimohonkan. Pemeriksaan ini di antaranya mengenai masalah kategori merek yang dimohonkan apakah nama merek atau brand tersebut telah terdaftar atau belum.

2. Pengumuman Permohonan.
Setelah melakukan pemeriksaan substantif dan apabila permohonan disetujui, selanjutnya pihak Dirjen HKI mengeluarkan pengumuman dalam bentuk berita resmi dalam kurun waktu maksimal 10 hari setelah permohonan disetujui dengan durasi pengumuman selama 3 bulan.

3. Prosedur Keberatan dan Sanggahan.
Selama masa pengumuman yakni 3 bulan setelah pengumuman diterbitkan, setiap pihak terkait dapat mengajukan nota keberatan apabila ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai.

4. Prosedur Pemeriksaan Kembali.
Pihak Dirjen HKI akan melakukan pemeriksaan kembali pada setiap keberatan yang disampaikan oleh pemohon. Setiap keberatan yang diajukan dalam prosedur keberatan dan sanggahan akan digunakan sebagai pertimbangan dalam prosedur pemeriksaan kembali.

Namun jika pada tahap ini tidak terdapat nota keberatan ataupun sanggahan dari pihak pemohon atau pihak lain maka pihak Dirjen HKI akan melakukan penerbitan sertifikat hak merek yang diberikan kepada pemohon dengan dikenakan biaya untuk sertifikat tersebut.

jasa pendaftaran merek mudah

Biaya Pendaftaran Merek.

Pada dasarnya, aturan mengenai pendaftaran sebuah merek atau brand masih membingungkan bagi masyarakat awam. Apalagi banyaknya situs-situs web para Konsultan HKI yang memuat berbagai macam biaya pendaftaran merek barang.

Namun pemerintah tentu sudah punya aturan tersendiri mengenai biaya pendaftaran merek dagang. Adapun biaya pendaftaran merek sebagaimana ditetapkan dalam aturan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ditetapkan bahwa pengenaan tarif diberikan berdasarkan kelas.
Berikut biaya pendaftaran merek yang ditetapkan pemerintah:

A. Usaha Kecil atau Usaha Mikro

1. Biaya pendaftaran secara elektronik dikenakan tarif Rp. 500.000 per kelas.

2. Biaya pendaftaran non elektronik dikenakan tarif Rp. 600.000 per kelas.

B. Umum

1. Biaya pendaftaran secara elektronik/online dikenakan tarif Rp. 1.800.000 Per Kelas.

2. Biaya pendaftaran secara non elektronik Rp. 2.000.000 Per Kelas.

Dari penjelasan di atas, apabila pemohon mengajukan satu merek dan didaftarkan pada dua kelas berbeda maka pemohon akan dikenakan biaya pendaftaran untuk tiap kelasnya.

jasa pendaftaran merek haki

Pentingkah Jasa Pendaftaran Merek?

Perlukah menggunakan jasa pendaftaran merek dalam proses pengajuan permohonan pendaftaran merek ke Dirjen HKI? Pada dasarnya, pendaftaran merek dapat dilakukan secara mandiri dengan datang langsung ke Dirjen HKI melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang ada di masing-masing daerah.

Namun sebenarnya Anda juga bisa melakukan pendaftaran merek melalui Konsultan HKI terdaftar.

Konsultan HKI adalah orang yang memiliki keahlian di bidang Hak Kekayaan Intelektual dan secara khusus memberikan jasa di bidang pengajuan dan pengurusan permohonan di bidang Hak Kekayaan Intelektual yang dikelola oleh Direktorat Jenderal dan terdaftar sebagai Konsultan Hak Kekayaan Intelektual di Direktorat Jenderal.

Konsultan HKI di sini adalah Konsultan HKI terdaftar yang telah melalui pendidikan khusus dan dilantik dengan diambil sumpah oleh Menteri Hukum dan HAM, serta terdaftar di Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Lantas seberapa pentingnya peran konsultan HKI sebagai jasa pendaftaran merek? Simak ulasannya berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek

Apabila pendaftaran merek dilakukan secara mandiri, tentu segala urusan mulai dari persyaratan hingga prosedur pendaftaran merek harus dilakukan oleh Anda sendiri. Prosedur pendaftaran merek sendiri memang mudah tetapi cukup melelahkan karena prosesnya yang memakan waktu lama.

Belum lagi jika ada persyaratan yang kurang saat mengajukan permohonan pendaftaran merek, penolakan permohonan pendaftaran merek, hingga munculnya pihak oposisi yang mengajukan keberatan.

Segala permasalahan ini tidak perlu Anda pusingkan jika menggunakan jasa pendaftaran merek. Apabila Dirjen HKI mengirimkan surat kekurangan terhadap persyaratan pendaftaran merek atau memberikan surat penolakan permohonan pendaftaran merek, maka segala urusan surat tersebut akan ditangani dengan benar oleh jasa pendaftaran merek.

Tak jarang ada pula jasa pendaftaran merek yang juga memberikan layanan arbitrase terkait sengketa merek. Sengketa merek umumnya terjadi ketika ada pihak lain yang menggunakan merek terdaftar tanpa izin/lisensi dari pemilik. Dengan bantuan pihak yang lebih profesional, Anda pun bisa mendapatkan solusi dan penanganan terbaik terkait penyelesaian sengketa merek.

jasa pendaftaran merek makanan
Tips Memilih Jasa Pendaftaran Merek

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jasa pendaftaran merek yang beredar dapat diandalkan. Nah, agar tidak salah langkah, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih jasa pendaftaran merek di Indonesia. Cermati tips memilih jasa pendaftaran merek/konsultan HKI yang tepat berikut:

1. Pastikan bila jasa pendaftaran merek yang Anda tunjuk benar-benar Konsultan HKI dan terdaftar di Pangkalan Data Konsultan Kekayaan Intelektual.

Bagaimana cara mengetahuinya? Silakan kunjungi laman Dirjen HKI, kemudian pilih menu e-informasi HKI lalu Pangkalan Data Konsultan KI. Setelah itu Anda tinggal menggunakan fitur “search” untuk mencari konsultan yang Anda maksud.

2. Pastikan bahwa konsultan HKI patuh pada kode etik profesi Konsultan HKI Indonesia yang berlaku. Adapun penjelasan mengenai kode etik profesi konsultan HKI Indonesia adalah:

• Publikasi tentang jasa pendaftaran merek atau Konsultan HKI tidak dibenarkan memuat informasi yang tidak benar, menyesatkan, mendiskreditkan Konsultan HKI lain dan memuat unsur-unsur yang dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap citra dan martabat profesi Konsultan HKI.

• Konsultan HKI tidak dibenarkan untuk menyatakan baik secara langsung maupun tidak langsung bahwa Konsultan HKI yang bersangkutan mempunyai pengaruh dan atau mempunyai kemampuan untuk memengaruhi pegawai instansi pemerintah terkait;

• Konsultan HKI tidak dibenarkan untuk menjamin atau pernyataan lain yang mengindikasikan adanya jaminan bahwa apabila suatu pengurusan kepentingan diberikan kepada Konsultan HKI tersebut maka pengurusan kepentingan tersebut dipastikan berhasil.

3. Anda bisa melihat jam terbang Konsultan HKI tersebut dengan melihat portofolio klien-klien sebelumnya yang biasanya tertera di website.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Apa motif kita menyewa jasa pendaftaran merek atau Konsultan HKI sebagaimana kita menyewa advokat atau perencana keuangan. Apakah pasti merek Anda sudah ditolak dan Anda meminta bantuan Konsultan HKI tersebut untuk mengajukan banding?

Apabila itu yang Anda butuhkan maka bisa ditanyakan ke Konsultan HKI tersebut apakah memiliki pengalaman dalam pengajuan banding.

jasa pendaftaran merek terjangkau

Setelah sebelumnya dijelaskan tata cara permohonan pendaftaran merek secara mandiri artinya Anda sendiri yang melakukan pendaftaran merek ke Dirjen HKI, kali ini akan dijelaskan bagaimana langkah melakukan pendaftaran merek melalui jasa pendaftaran merek atau Konsultan HKI terdaftar.

Sebagian besar konsultan melayani pendaftaran online tanpa perlu datang langsung ke kantor. Simak prosedur pendaftaran merek melalui jasa pendaftaran merek atau Konsultan HKI terdaftar berikut:

• Mengisi data yang diminta oleh jasa pendaftaran merek atau konsultan, meliputi: nama merek yang ingin didaftarkan, jenis barang/jasa/usaha, nama pendaftar, nomor telefon dan lain-lain bergantung pada jasa pendaftaran merek yang Anda pilih.

• Melakukan pengecekan atau penelusuran merek dengan biaya tertentu.
Biasanya konsultan akan langsung melakukan pengecekan merek setelah Anda melakukan pembayaran biaya pengecekan merek yang besarnya berbeda-beda tiap penyedia jasa pendaftaran merek.

• Setelah hasil pengecekan merek menunjukkan bahwa merek bisa daftarkan, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran yang besarnya berbeda-beda bergantung pada jasa yang Anda pakai.

• Melampirkan persyaratan pendaftaran merek.

Syarat pendaftaran merek atas nama perorangan: bukti pembayaran biaya pendaftaran merek, KTP/paspor pendaftar dan 1 logo merek.

Syarat pendaftar atas nama perusahaan atau badan hukum: bukti pembayaran biaya pendaftaran merek, KTP/paspor direktur, NPWP perusahaan dan 1 logo merek.
Persyaratan tersebut bisa berbeda bergantung pada jasa pendaftaran merek yang dipilih.

• Mengisi data yang digunakan untuk pembuatan dokumen yaitu surat kuasa dan surat pernyataan kepemilikan merek.

• Menandatangani dokumen yang sudah dibuat sebelumnya.

• Pendaftaran akan selesai setelah dokumen ditandatangani dalam waktu tertentu bergantung pada penyedia jasa pendaftaran merek yang dipakai.

• Cek status pendaftaran merek melalui link yang diberikan oleh konsultan.
Wajib bagi Anda untuk memantau status pendaftaran merek agar tahu kapan sertifikat merek diterbitkan oleh Dirjen HKI.

jasa pendaftaran merek restoran

Satu lagi hal yang tak kalah penting untuk Anda ketahui yaitu cara membuat merek dagang agar mampu bersaing. Tidak hanya memiliki merek kemudian mendaftarkannya, tetapi merek Anda harus bisa bersaing di dunia bisnis yang semakin ketat.

Beberapa cara di bawah ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin membuat merek Anda mampu menguasai persaingan usaha yang semakin ketat.

1. Buatlah merek yang menunjukkan bahwa produk Anda dapat mengatasi kebutuhan konsumen dengan cara yang kreatif dan inovatif. Anda bisa menampilkan video ataupun review dari produk Anda yang biasa disebut testimoni untuk meyakinkan pelanggan Anda lainnya bahwa produk Anda memang berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan mereka.

2. Buatlah citra yang baik bagi perusahaan dengan cara menampilkan kegiatan di balik produksi barang. Mulai dari suasana kerja, keakraban para karyawan dan salah satu proses pembuatan yang mampu menunjukkan keahlian dan profesionalitas perusahaan.

3. Buatlah tulisan yang menunjukkan merek dagang Anda melalui artikel. Anda bisa mengaitkan dengan isu-isu yang tengah tren saat ini atau seperti pada poin pertama yang mengaitkan dengan kebutuhan konsumen.

4. Libatkan konsumen dengan mengadakan kuis atau yang saat ini sedang marak yaitu dengan mengadakan “give away”. Selain itu bisa juga menggunakan video sharing, survei atau aplikasi.

5. Sebisa mungkin melibatkan konsumen dalam perencanaan masa depan merek Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur di aplikasi atau sosial media untuk melibatkan konsumen, seperti menggunakan polling atau survei.

6. Tunjukkan bahwa konsumen merupakan pahlawan bagi keberlangsungan merek Anda. Tanpa kontribusi mereka, bisnis Anda tentu tidak dapat berjalan hingga sekarang.

7. Lakukan sesuatu yang menginspirasi banyak orang, sehingga dapat menarik konsumen dengan pemahaman yang sama seperti Anda.

 

Peran Konsultan HKI sebenarnya sangat dibutuhkan sejak awal pada alur bisnis sebuah industri. Maksudnya, sejak tahap perencanaan suatu produk hingga diluncurkannya produk tersebut ke pasar perlu ada campur tangan dari seorang Konsultan HKI.

Akan tetapi, banyak orang beranggapan bahwa Konsultan HKI hanya berperan sebagai alat untuk mendaftarkan Kekayaan Intelektual atau lisensi yang dimilikinya.

Minimnya pemahaman sekaligus kesadaran akan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual ditambah dengan anggapan yang salah terhadap peran Konsultan HKI mengakibatkan maraknya aksi-aksi pembajakan sebagai sebuah perbuatan curang yang melanggar hukum.

Sayangnya, mereka sebagai pemilik merek tidak dapat berbuat banyak karena Hak Kekayaan Intelektualnya tersebut tidak diajukan permohonan perlindungannya sehingga belum memperoleh hak merek.

Salah satu peran Konsultan HKI dalam bidang merek yang paling krusial adalah menyarankan pemilik merek untuk melakukan penelusuran atau sering disebut pengecekan merek terhadap merek yang akan dimohonkan pendaftarannya. Hal ini penting agar dapat diketahui apakah sudah terdapat merek serupa untuk kelas barang/jasa yang sama sebelumnya.

Bukan hanya sampai pada tahap pengecekan saja, Konsultan HKI akan mengawal seluruh proses pendaftaran merek hingga merek terdaftar di Dirjen HKI dan si pemilik memperoleh hak merek. Selain itu, konsultan juga berperan dalam menjaga keberlakuan merek tersebut serta menghadapi gangguan-gangguan dari pihak-pihak yang ingin menyalahgunakan merek tersebut.

Dengan peran yang begitu besar, berbagai keuntungan sudah pasti ada di tangan. Keuntungan utama yang akan didapatkan adalah memperoleh hak merek dengan mudah, cepat dan aman. Tidak perlu takut lagi dalam menjalankan bisnis sekaligus dapat menghemat waktu dan biaya serta tenaga tentunya. Namun, kembali lagi segala keputusan ada di tangan Anda.

Apakah ingin mendaftarkan merek dagang secara mandiri ke Dirjen HKI atau mendaftarkan merek dagang dengan menggunakan jasa pendaftaran merek atau Konsultan HKI terdaftar. Jangan ragu lagi, segera ambil gadget Anda dan hubungi Konsultan HKI terdaftar Patendo. Kami melayani pendaftaran merek online dengan proses mudah, cepat dan biaya terjangkau.

Apa Itu Jasa Pendaftaran Merek ?
Pernahkah Anda mendengar tentang jasa pendaftaran merek? Sesuai dengan namanya, jasa ini hadir untuk memudahkan Anda mengurus pendaftaran merek. Sebagaimana Anda ketahui, merek merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Dengan kehadiran jasa membuat merek, Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan proses pendaftaran merek yang cukup melelahkan.

daftar merek

Anda hanya perlu membayar biaya jasa pendaftaran merek, dan menunggu proses pendaftaran selesai. Lantas, apa sebenarnya manfaat mendaftarkan merek dan mengapa jasa mendaftarkan merek diperlukan? Yuk, simak uraian berikut ini:
Manfaat Pendaftaran Merek
Merek merupakan simbol dari sebuah bisnis. Merek diperlukan untuk membedakan produk yang Anda jual dengan produk serupa di pasaran. Dengan merek, produk yang Anda jual pun lebih mudah dikenali. Adapun manfaat pendaftaran merek, antara lain sebagai berikut:

• Meningkatkan Nilai Jual Aset
Merek merupakan salah satu aset terbesar sebuah perusahaan. Bahkan, ketika sebuah perusahaan mengalami masalah keuangan dan hampir bangkrut, merek dapat menjadi penyelamat. Merek yang telah dikenal luas dapat menarik investor untuk menanamkan modal.
Merek yang telah sah dan terdaftar di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual memberikan nilai tambah dan meningkatkan kepercayaan investor.

Berbeda jika Anda tidak mendaftarkan merek. Meskipun produk yang Anda tawarkan berkualitas, merek Anda dapat dengan bebas digunakan oleh orang lain. Alhasil, nilai merek Anda pun turun. Jangan terkejut jika para investor enggan melirik produk yang Anda tawarkan.

• Alat Promosi
Disadari atau tidak, merek dagang merupakan salah satu alat promosi yang ampuh untuk mendongkrak popularitas produk yang Anda tawarkan. Merek dagang yang unik dan mudah diingat dapat memicu rasa tertarik dan minat pada produk Anda. Banyak di antara produk terkenal di dunia yang memiliki merek singkat, jelas, dan padat sehingga konsumen pun hafal di luar kepala.

jasa pendaftaran merek dagang

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan merek yang Anda miliki.

Kendati demikian, pastikan merek dagang Anda sesuai dengan citra perusahaan. Ingat, sebuah merek bukan hanya sebagai simbol suatu produk, melainkan juga citra diri Anda dan perusahaan yang Anda bangun. Sangat penting untuk menggunakan nama yang tepat dan sesuai.

• Mendapat Perlindungan Hukum

Keuntungan utama dari pendaftaran merek dagang adalah jaminan atas hak-hak Anda sebagai pemilik merek dagang. Hal sesuai dengan ketetapan yang berlaku, yakni Undang-undang Tentang Hak Cipta Tahun 2002 yang disahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

Perlindungan hukum tersebut menjadi senjata utama dalam melindungi perusahaan yang Anda bangun. Dengan perlindungan ini, kelak bila terjadi kasus penjiplakan atas merek Anda, Anda dapat membawa masalah ini ke meja hijau.

• Menghindari Risiko Plagarisme

Mendaftarkan merek dagang Anda artinya Anda telah melindungi aset yang berharga. Sebagaimana Anda ketahui, angka plagiarisme dalam berbagai bidang sangat tinggi. Tanpa adanya perlindungan hukum, merek Anda dapat digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

jasa pendaftaran merek

Dampaknya, tidak hanya membahayakan produk Anda di pasaran, melainkan juga menurunkan citra Anda sebagai seorang pengusaha. Lain halnya jika Anda mendaftarkan merek dagang. Merek yang Anda daftarkan memiliki kekuatan hukum sehingga kompetitor yang hendak meniru Anda akan berpikir ribuan kali sebelum menjiplak merek dagang ataupun memasarkan produk milik Anda tanpa izin.

Undang-undang yang mengatur tentang Hak Cipta menjamin perlindungan hak Anda sebagai pemilik merek yang sah secara hukum selama 10 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, Anda tak perlu mencemaskan masalah plagiarisme.

• Menjaga Citra Perusahaan

Mendirikan sebuah usaha atau perusahaan tidaklah mudah. Meskipun modal adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi, faktanya merek dagang pun memegang peranan penting. Merek dagang merupakan kunci sukses tidaknya sebuah produk di pasaran. Merek dagang yang baik pun memengaruhi citra perusahaan, termasuk Anda sebagai pemilik atau pendiri perusahaan. Semakin baik merek dagang yang Anda miliki, semakin tinggi citra Anda di mata konsumen dan kolega.

Dampaknya, Anda tidak hanya merasakan keuntungan dari peningkatan penjualan produk, melainkan juga dapat melebarkan sayap usaha Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Tidak menguasai pasar nasional, melainkan juga pasar internasional.

• Membuka Peluang Usaha Baru

Tak banyak yang menyadari bahwa merek dagang memiliki nilai eksklusif. Nilai ini akan memberikan banyak kelebihan, yakni terbukanya peluang usaha baru. Tak sedikit pemilik merek dagang yang justru menjadi jutawan setelah mendaftarkan merek dagangnya secara hukum. Salah satunya adalah penjualan bisnis waralaba. Hanya bermodalkan merek dagang, Anda dapat menambah pendapatan dengan mudah.

Mengingat bisnis ini begitu populer, bukan tidak mungkin omzet Anda akan meningkat tajam.
Selain bisnis waralaba, Anda pun dapat mengembangkan usaha lainnya. Misalnya dengan menambahkan produk baru. Berbekal merek dagang yang kuat, Anda tidak akan kesulitan untuk melebarkan sayap bisnis. Tak hanya itu saja, sebagian besar produk yang telah mengantongi merek dagang resmi lebih mudah mendapatkan tawaran investasi yang menggiurkan.

• Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memasarkan produk? Padahal produk yang Anda tawarkan tak kalah berkualitas dari merek yang lebih dulu beredar di pasaran? Jika produk Anda baik, tetapi kurang begitu diminati, bisa jadi masalahnya ada pada merek dagang Anda. Tanpa adanya merek dagang yang jelas dan terdaftar secara sah, produk yang Anda pasarkan akan sia-sia belaka.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar konsumen lebih memilih mengeluarkan uang untuk membeli produk bermerek. Meskipun merek tersebut belum begitu populer.
Hal ini sangat wajar, mengingat banyak sekali produk tanpa merek yang menyerbu pasaran dan hampir sebagian besar produk tersebut memiliki kualitas yang kurang bagus. Meskipun demikian, konsumen tidak dapat melakukan protes terkait produk tersebut lantaran tidak terdaftar secara sah.

Itulah salah satu alasan mengapa konsumen lebih menyukai barang bermerek dibandingkan barang nonmerek. Tanpa merek yang jelas, konsumen akan dirugikan apabila terjadi hal tidak diinginkan. Di sisi lain, hal ini memengaruhi citra perusahaan Anda yang akan dicap tidak melindungi hak-hak konsumen. Hal tersebut tidak akan terjadi bila Anda mendaftarkan merek dagang secara resmi. Produk Anda akan mudah dikenal.

Konsumen pun tak akan ragu mencoba produk yang Anda tawarkan. Citra perusahaan Anda pun akan terangkat lantaran menjual produk original dengan merek dagang yang jelas.
Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek ?
Mengingat pentingnya merek dagang, segera daftarkan merek dagang Anda. Jika Anda merasa kesulitan atau malas dengan proses yang berbelit, tak perlu khawatir. Pasalnya, tersedia jasa pembuatan merk dagang yang siap membantu Anda kapan pun. Dengan jasa tersebut, Anda tidak perlu bersusah-payah. Cukup menunggu selama beberapa waktu dan merek dagang Anda pun terdaftar secara sah. Nah, agar lebih yakin simak alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa pendaftaran merek berikut ini.

• Praktis

Jasa membuat brand hadir untuk memudahkan Anda dalam pengurusan merek dagang. Sebagaimana Anda ketahui, mendaftarkan merek cukup menghabiskan waktu. Terutama bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, jasa pendaftaran brand sangat membantu.
Dengan adanya jasa tersebut, segalanya jauh lebih praktis. Anda hanya perlu membayar biaya jasa dan semuanya beres. Sangat praktis, bukan?

• Dapat Berkonsultasi

Hampir sebagian besar pelaku bisnis kerap mengalami kesulitan dalam menentukan merek dagang yang tepat. Padahal merek dagang sangat memengaruhi citra perusahaan dan barang dagangan Anda di pasaran. Tak jarang sulitnya menentukan merek dagang membuat pelaku usaha mengurungkan niatnya. Jika Anda mengalami hal ini, jangan ragu untuk menghubungi jasa mematenkan merek. Mintalah saran mengenai merek dagang yang cocok untuk Anda.

Merek dagang yang baik adalah merek yang mampu mewakili perusahaan Anda, mencerminkan visi misi, dan tujuan produk Anda. Meskipun tidak mudah, menentukan merek dagang yang tepat dapat membantu Anda memperoleh kesuksesan. Ingat, merek dagang adalah aset Anda. Hal yang wajib Anda jaga karena merek menentukan kesuksesan sebuah produk di pasaran. Barang yang bagus, tetapi tidak didukung dengan nama merek yang tepat, tidak akan sesukses barang yang memiliki merek.

Bahkan, tak sedikit barang berkualitas rendah yang laris manis di pasaran hanya karena kepopuleran nama merek dagang. Ingat, nama merek dagang adalah identitas Anda di dunia bisnis. Jangan anggap remeh merek dagang. Pilihlah nama yang mudah diingat dan memiliki arti yang baik. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan jasa membuat nama brand dan lakukan konsultasi mengenai merek dagang yang cocok digunakan untuk produk ataupun jasa Anda. Dengan cara ini, Anda selangkah lebih dekat dengan kesuksesan.

• Proses Lebih Cepat

Umumnya, proses pendaftaran merek dagang memakan waktu yang cukup lama. Bahkan dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan jika formulir yang Anda serahkan tidak lengkap, termasuk kurangnya persyaratan atau merek dagang yang Anda ajukan sudah diklaim oleh pihak lain. Hal tersebut tidak akan Anda alami jika menggunakan jasa membuat branding. Mengapa? Karena jasa mendaftarkan hak paten merek memastikan bahwa seluruh formulir terisi dan tidak melewatkan persyaratan satu pun.

Selain itu, sebelum pengajuan merek dagang, jasa pendaftaran hak merek akan melakukan pengecekan terhadap merek yang hendak Anda ajukan. Jika ternyata merek yang ingin Anda gunakan tidak tersedia, jasa pendaftaran hak paten merek akan menyarankan penggantian nama. Bahkan, tak jarang konsultan merek dagang memberikan konsultasi penentuan nama merek dagang ini secara cuma-cuma, tanpa biaya tambahan. Dengan cara tersebut, proses pengajuan merek dagang pun jauh lebih cepat dan terhindar dari kesalahan. Mudah dan praktis, bukan?

• Terjamin

Jasa daftar paten merek memberikan jaminan bahwa pengajuan Anda akan berhasil dan merek dagang Anda terdaftar secara resmi. Berbeda jika Anda mendaftarkan merek dagang sendiri. Selain menghabiskan banyak waktu, belum tentu merek yang Anda daftarkan diterima.

Dengan menggunakan jasa konsultan merek, Anda secara tidak langsung telah meminimalisasi tingkat kegagalan yang disebabkan oleh kurangnya kelengkapan, salah prosedur, atau kesamaan nama merek dagang. Inilah salah satu alasan mengapa jasa pembuatan lisensi merek banyak digunakan oleh pelaku bisnis maupun perusahaan.

• Biaya Terjangkau

Banyak orang beranggapan bahwa jasa pengurusan merk sangat mahal. Padahal tidak demikian. Faktanya, mengajukan merek dagang melalui jasa pendaftaran merek lebih hemat dibandingkan mengajukan sendiri. Bayangkan, berapa banyak uang yang Anda keluarkan jika merek dagang Anda tidak diterima? Anda harus melakukan pengajuan ulang yang berarti pengeluaran tambahan. Hal ini tidak akan Anda alami jika menggunakan konsultan yang mengurus izin merek.

merek dagang

Bagaimana Cara Memilih Jasa Pengurusan Merek?

Bagi Anda yang tertarik menggunakan jasa pendaftaran merek, pastikan untuk memilih konsultan pendaftaran merek terbaik. Agar tidak salah pilih, simak sejumlah tips memilih jasa pendaftaran merek berikut ini :

• Kredibilitas Tinggi

Pilihlah jasa daftar merek yang memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sampai Anda tergiur harga jasa pendaftaran merek murah dan memilih konsultan pendaftaran merek abal-abal. Ingat, konsultan pendaftaran merek yang profesional seperti Patendo pasti memiliki rekam jejak yang baik. Umumnya, jasa pendaftaran merek dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran melalui internet. Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya untuk mencari informasi penting terkait latar belakang jasa yang hendak Anda gunakan.

Melalui website, Anda dapat mengecek testimoni pelanggan, jasa yang ditawarkan, hingga harga yang dipatok. Pastikan pula website konsultan pendaftaran merek tersebut masih aktif digunakan. Untuk memeriksanya, Anda hanya perlu melakukan chat pada customer service. Anda harus mengetahui kelas barang/jasa pendaftaran merek. Jika anda tidak tahu silahkan bertanya kepada konsultan HKI Terdaftar Patendo untuk menanyakan klasifikasi barang dan jasa pendaftaran merek.

Semakin bagus testimoni yang diberikan pelanggan, artinya jasa pendaftaran merek tersebut layak untuk dipilih.

• Mudah Dihubungi

Satu hal yang tak kalah penting dalam memilih konsultan pendaftaran hak paten merek adalah mudah dihubungi. Sebagus apa pun konsultan tersebut jika sulit dihubungi Anda akan kesulitan berkonsultasi atau sekadar bertanya mengenai progres pengajuan merek dagang.
Cobalah untuk mengontak nomor konsultan pendaftaran hak merek yang tercantum di website.

Lihat, apakah konsultan merek tersebut cepat tanggap atau justru sebaliknya. Jika konsultan tersebut cepat membalas chat Anda, maka jangan ragu untuk menjatuhkan pilihan Anda pada jasa tersebut.

• Pelayanan Baik

Pelayanan yang baik adalah nilai plus. Meskipun harga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan harga pasaran, tanpa pelayanan yang baik konsultan pengurusan merk dagang tidak akan dilirik. Untuk mengecek baik buruknya pelayanan suatu jasa, Anda dapat mencobanya dengan bertanya langsung melalui kontak yang tersedia atau langsung datang ke kantor jasa tersebut. Semakin baik pelayanan, seperti ramah, cepat tanggap, dan mau menjawab seluruh pertanyaan Anda, maka tidak ada alasan untuk tidak memilih jasa pendaftaran merek tersebut.

• Memberikan Harga yang Wajar

Dilihat secara sekilas, jasa konsultan pembuatan merek memang cukup menguras kantong. Padahal faktanya tidak demikian. Uang jasa yang Anda bayarkan sebanding dengan pelayanan yang diberikan. Anda tak perlu bersusah-payah atau menghabiskan waktu untuk mengajukan pendaftaran. Anda dapat bersantai di rumah atau beraktivitas seperti biasa tanpa mencemaskan pengajuan merek dagang yang bisa saja ditolak.

manfaat merek

Hal itulah yang membuat jasa konsultan pendaftaran merek terkesan mahal. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak jasa pendaftaran merek yang mematok biaya murah. Meskipun demikian, ada baiknya untuk memilih konsultan merek yang sudah terbukti profesional.

Apapun jenis barang / jasa yang anda jual harus didaftarkan agar tidak digunakan orang lain baik berupa obat, obat diet, beras, sembako, buku, jilbab, hijab, kosmetik, sabun,make up, skincare, deterjen, bulu mata, masker wajah, parfum, lipstik, cream bedak, fashion, pakaian, sepatu, sandal, clothing, jaket, tas, baju, baju muslim, batik, baju koko, kemeja, kerudung, jilbab bordir, pakaian anak kecil, jeans, konveksi, sandal jepit, restoran, kuliner.

Itulah sejumlah alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan jasa pendaftaran merek beserta kelebihannya. Nah, kalau sudah begini apalagi yang Anda tunggu? Segera daftarkan merek dagang Anda melalui jasa pendaftaran Patendo sekarang dan jadilah jutawan!

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.