Jenis-jenis Merk

Jenis-jenis merk, indonesia memiliki pemerintahan yang dikepalai oleh seorang presiden. Presiden dalam menjalankan tugasnya tentunya tidak sendirian. Biasanya seorang presiden dibantu oleh wakilnya dan juga menteri-menterinya.

Jenis-jenis Merk

Apa yang dimaksud dengan Haki ini? Banyak masyarakat awam yang belum mengetahui mengenai Haki. Haki merupakan kepanjangan dari Hak Kekayaan Intelektual yang mana istilah ini digunakan pertama kalinya pada tahun 1790.

Tetapi hal paling menonjol dari Haki adalah perlindungannya terhadap merek dan juga jenis-jenis merek dagang yang telah dikeluarkan oleh dunia perindustrian di Indonesia.Tujuan Haki ini sendiri adalah untuk nantinya melindungi sebuah merek yang suda tercipta selain itu juga nantinya diharapkan jika ada suatu pengklaiman atas sebuah merek pihak lain, maka tentu saja pemilik merek ini dapat mempertahankan merek miliknya karena sudah memiliki kekuatan hukum. Ada kata menarik di sini, katanya Haki tidak hanya melindungi satu merek saja melainkan juga melindungi ragam merek yang telah tercipta. Nah, apa saja ragam dari merek tersebut? Berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Merek yang Dilindungi Haki

Produk yang telah didaftarakan di Haki biasanya berupa merek yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok. Nah, apa itu merek? Merek sendiri memiliki sebuah definisi yakni sebuah nama atau simbol yang telah disematkan pada sebuah barang dagangan yang nantinya memiliki arti psikologi atau sosialis dan bisa digunakan untuk membuat perbedaan antara satu barang yang diperdagangkan dengan barang yang lainnya.

Jenis-jenis Merk terkenal

Sebagai sebuah pelindung dari suatu produk tertentu maka tentu saja Haki ini memiliki ragam hak untuk melindungi ragam merek yang sudah terdaftrakan. Jika berbicara merek yang telah diciptakan oleh seorang pelaku usaha ini tentunya terdapat jenis-jenis merek yang telah berhasil didaftarkan di Haki. Jenis-jenis merek secara umum itu terdiri atas 3 macam yakni:

  1. Merek Dagang
    Merek ini biasanya mengacu pada barang dagangan yang diperdagangkan oleh seseorang yang nantinya menurut payung hukum barang yang diperdagangkan tersebut memiliki perbedaan antara satu barang dengan barang yang diperdagangkan lainnya.
  2. Merek Jasa
    Merek yang menempel pada sebuah usaha jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau suatu kelompok tertentu yang mana nantinya merek jasa ini nanti membedakan antara satu jasa dengan jasa yang lainnya.
  3. Merek Kolektif
    Merek ini biasanya melekat pada suatu barang atau jasa yang diperdagangkan dimana pelaku usahanya merupakan industri per kelompok.

Itu merupakan jenis-jenis merek yang secara umum, namun berdasarkan tujuan produk atas merek tersebut. Jenis-jenis dari merek ini pun dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Merek Fungsional
    Merek ini disematkan pada sebuah produk tertentu yang mana nantinya untuk memberikan persepsi positif bagi anggota masyarakat atas produk yang dikonsumsinya. Jadi merek ini lebih kepada mewakili dari sebuah produk. Misalkan saja ada sebuah merek tas yang terkenal di kalangan banyak orang karena kualitas yang dimiliki. Nah, jika secara konsisten merek tersebut terus memberikan produk dengan nilai kualitas yang tinggi otomatis begitu mendengar nama merek tersebut masyarakat akan langsung mengasosiasikannya sebagai salah satu barang yang memang pantas dibeli dan berkualitas super.
  1. Merek Citra
    Merek ini digunakan untuk mengangkat nilai jual atas suatu produk tertentu. Produk yang dijual dengan merek yang dicitrakan dengan baik maka bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Misalkan saja kopi bermerek terkenal yang hanya dijual di cafe atau mall harganya jauh lebih tinggi dari kopi biasa yang Anda minum di rumah.
  1. Merek Ekspreriensial
    Merek jenis tipe ini bertujuan untuk memberikan kesan pada seorang konsumen agar nantinya bisa lebih menikmati barang yang telah dipakainya atau dikonsumsinya. Ini bisa berdasarkan contoh ada sebuah produsen batik yang sengaja membuat “batik bola” untuk nantinya bertujuan membuat para anak muda Bangsa Indonesia lebih mencintai produk lokalnya sendiri yang walaupun dipadu dengan simbol klub sepak bola luar negeri.

Itulah sekilas mengenai jenis-jenis merek usaha yang masuk dalam kategori yang bisa dilindungi oleh Haki. Semoga saja hadirnya artikel ini dapat memberikan pemahaman bagi pelaku usaha agar segera mendaftarkan merek yang berlum terdaftar. Dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya sebuah merek. Maka segera lindungi merek anda, silahkan hubungi konsultan kami.

    Chat WA