Membuat nama usaha perusahaan yang bagus

Membuat nama usaha perusahaan yang bagus adalah keputusan terbaik bagi sebagian orang yang baru memulai usaha. Hal itu tidaklah mudah, apalagi bagi mereka yang masih pemula dan belum punya pengalaman. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum terjun ke dunia usaha suatu bidang adalah memastikan dan meyakini bahwa diri Anda memiliki passion (gairah) untuk menjalankan usaha itu.

Tak jarang orang yang hanya memiliki modal kecil di awal, bisa sukses besar hanya karena memiliki passion tinggi di bidang usaha tersebut. Jadi, Anda harus mengumpulkan segala kepercayaan diri sebelum benar-benar ‘basah’ dalam pekerjaan beserta tantangan yang akan hadapi nantinya.

Membuat nama usaha perusahaan yang bagus

Yakinlah, bahwa bekerja yang paling nikmat adalah bekerja yang disukai hati dan pikiran. Mustahil orang yang kurang passion di dalam suatu bidang usaha, bisa bertahan lama hingga mencapai suksesnya. Kebanyakan dari mereka akan mundur dan ujung-ujungnya mencari bidang yang mereka sukai.

Setelah Anda menemukan passion Anda, lakukan langkah berikutnya, yaitu memperbanyak wawasan terkait bidang usaha yang akan Anda geluti, menentukan modal, target pasar, dan lain sebagianya. Jika Anda sudah mempunyai banyak ilmu tentang seluk beluk bidang usaha yang akan dijalankan, maka semua akan terasa mudah. Termasuk pada saat Anda berada di tahap membuat nama usaha perusahaan yang bagus.

Pada tahap membuat nama perusahaan yang bagus ini, banyak pengelola perusahaan yang dalam pembuatannya sampai menyewa jasa branding agar hasilnya maksimal. Yang perlu menjadi catatan adalah, sebuah nama perusahaan yang bagus memang tidak bisa menjmin seratus persen keberhasilan dan kesuksesan ada di tangan Anda.

Itu semua juga tergantung dari kemampuan para pengelola usaha perusahaan. Namun, membuat nama usaha bagus bisa membentuk pandangan stigma dan image masyarakat terhadap perusahaan yang Anda kembangkan.

Dalam membuat nama usaha bagus, haruslah sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Hindari membuat nama perusahaan yang asal-asalan. Anda tidak mau kan masyarakat menilai asal-asalan juga terhadap perusahaan Anda?

Tips Membuat Nama Usaha Perusahaan yang Bagus

Bagi Anda yang sedang bingung memilih nama perusahaan yang bagus. Nah, berikut ini ada tips-tips dalam membuat nama usaha perusahaan bagus, diantaranya :

1. Gunakan kalimat dengan aura positif
Cara membuat nama perusahaan yang baik tentulah harus dengan kalimat positif, dengan tujuan akan banyak kebaikan yang didapatkan oleh perusahaan. Hal ini bukan hanya membuat image baik (positif) di hadapan khalayak luas, tapi percaya atau tidak, membuat nama usaha perusahaan yang bagus juga bisa mempengaruhi psikologi kinerja pengelola perusahaan agar lebih baik lagi.

Anda bisa membuat nama yang bagus sesuai dengan tujuan atau cita-cita perusahaan kedepannya. Sebagai contoh jaya makmur, maju jaya, dan kata-kata yang hampir serupa lainnya. Penggunaan kata atau kalimat yang positif bisa membawa nasib positif pula bagi perusahaan tersebut.

2. Gunakan nama yang unik
Membuat nama usaha bagus juga diperlukan unsur keunikan di dalamnya. Unik bukan berarti tidak bermakna ya. Pemberian nama unik pada perusahaan perlu dilakukan untuk memberikan kesan penasaran serta tertarik bagi masyarakat terhadap perusahaan yang Anda kembangkan. Selain itu, nama perusahaan yang unik juga biasanya akan mudah diingat, asalkan tidak terlalu panjang dan sulit diucapkan.

3. Sesuaikan dengan target pasar perusahaan
Nama usaha yang bagus serta sesuai dengan target pasar yang ingin disentuh perusahaan, juga sangat penting. Sebagai contoh Anda akan membuat usaha di bidang klinik kecantikan yang diperuntukkan bagi kaum perempuan, maka Anda bisa membuat nama usaha “Clinic of Beauty, Glowing For Lady, Clinic Rania, dan lain sebagainya”.

Membuat nama usaha perusahaan yang bagus mudah

4. Sesuaikan dengan logo
Nama usaha perusahaan sebaiknya juga disesuaikan dengan logo. Dengan begitu, masyarakat akan mudah mengenali perusahaan apakah itu. Sebagai contoh Anda membuka usaha kuliner pedas yang belakangan memang lagi banyak diperbincangkan, maka Anda bisa menggunakan nama “Warung Serba Sambel, Kuliner Lombok Jahat, dan lain sebagainya”.

Saat masyarakat membaca nama usaha Anda, mereka akan langsung memahami bahwa kuliner Anda dikhususkan bagi mereka pecinta sambel.

5. Hindari nama singkatan
Membuat nama usaha bagus memang susah-susah gampang. Bagi sebagian orang, membuat nama perusahaan yang nantinya terbentuk sebuah singkatan, biasanya akan sulit diingat. Mengapa demikian? Misalkan sebagai contoh, ada toko aksesoris dinamakan ADH, ternyata tak jauh dari tempat itu ada juga toko yang diberi nama DHA atau AHD.
Nah, sulit bukan untuk membedakannya?.

6. Hindari penggunaan angka
Nama perusahaan yang bagus bukanlah nama yang memiliki kombinasi berlebihan antara suatu kata dengan angka-angka. Hal itu akan menyulitkan masyarakat saat akan mencari. Biasanya si pemilik usaha sengaja menambahkan angka dengan alasan disesuaikan dengan alamat atau nomor toko-nya di pasar.

Sebagai contoh Toko Abadi 50. Lalu bagaimana kalau misalnya suatu hari toko tersebut pindah? Masyarakat akan kesulitan mencari toko dengan nama Abadi 50.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah mendapat pencerahan untuk membuat nama usaha perusahaan yang bagus? Tips-tips di atas wajib untuk Anda terapkan agar dapat memiliki perusahaan dengan nama yang bagus.

    Call Us
    Chat WA