Merek dagang

Merek dagang, telah menjadi identitas bagi orang yang mempunyai usaha. Ibaratkan sebuah nama yang menjadi penanda bahwa produk tersebut adalah milik seseorang. Merek dagang menjadi penting karena tanpa adanya hal tersebut orang-orang akan bingung tentang produk tersebut. Lihatlah berbagai produk makanan atau minuman dengan bahan dasar yang sama pasti akan punya nama yang berbeda-beda untuk menandakan siapa pemilik juga merek dagang tersebut akan menjadi ciri khas.

merek dagang produk

6 Manfaat Merek Dagang dan Kerugian Jika Harus Menunda Mendaftarkan Merek Dagang

Merek dagang yang dimiliki sebuah perusahaan memiliki manfaat yang sangat besar. Manfaat tersebut tidak hanya bisa dirasakan saat ini tetapi juga di masa mendatang. Berikut ini adalah 6 manfaat merek dagang dan kerugian menunda mendaftarkan merek dagang yang perlu diketahui setiap pengusaha baik pemula maupun senior.

  1. Kekayaan Intelektual Dilindungi Undang – Undang

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 15 Tahun 2001, terdapat aturan jelas bahwa negara akan melindungi kekayaan intelektual seseorang yang mendaftarkan merek dagangnya secara legal. Jadi, jika ada pembuatan merek dagang dengan konsep sangat identik maka hal ini akan dapat dicegah atau diatasi. Pelaku pembuatan merek dagang yang mirip tersebut dapat dianggap plagiat dengan beberapa ketentuan dan wajib mencabut konsepnya.

  1. Karya Tidak Diambil Orang Lain

Manfaat merek dagang yang kedua adalah karya tidak diambil orang lain. Dengan mendaftarkan merek dagang maka secara legal karya tersebut telah menjadi hak milik si pendaftar atau pengusaha yang bersangkutan. Jadi tidak ada pihak yang diperbolehkan memakai karya tersebut dalam hal ini adalah merek dagang. Jika ingin menggunakannya maka harus ada kerjasama waralaba dan pada sistem ini pengusaha diuntungkan dengan perizinan pemakaian SOP serta identitas usaha.

  1. Dapat Berkompetisi Secara Sehat

Kompetisi yang sehat akan terjadi apabila semua aspeknya terpenuhi. Jika tidak mendaftarkan merek dagang maka salah satu aspek sudah tidak dipenuhi. Dengan demikian, akan ada masalah di kemudian hari seperti terciduk oleh penyelidik atau merek dagangnya diplagiat orang lain. Apabila tidak didaftarkan maka negara tidak punya wewenang dan kewajiban untuk melindungi merek dagang yang bersangkutan meskipun diplagiasi.

  1. Tidak Dihantui Penyelidikan

Penyelidikan tentang merek – merek dagang nakal atau tidak terdaftar kerap dilakukan secara rutin. Sanksinya tentu beragam sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan segera mendaftarkan merek dagang maka seseorang akan lebih tenang dalam menjalankan bisnis karena tidak dihantui penyelidikan. Jikapun ada proses penyelidikan maka pengusaha tidak perlu was – was karena semua data telah valid dan legal.

  1. Filosofi Merasuk Dalam Setiap Produk

Pembuatan merek dagang tidak bisa dilakukan serta merta. Perlu dilakukan diskusi mendalam supaya filosofi dan identitas produsen dapat merasuk sebagai jati diri dalam produk atau layanan jasa. Oleh karena itu, ketika merek dagang telah terdaftar maka visi dan misi perusahaan akan lebih terwakili.

  1. Menambah Nilai Jual

Produk bermerek tentu berbeda nilai jual dengan produk tidak bermerek. Hal inilah yang membuat merek dagang sangat penting dalam sistem jual beli. Tidak hanya dalam sistem jual beli pribadi, tetapi ketika berkompetisi pun pengusaha juga membutuhkan adu merek untuk meningkatkan volume penjualan. Ketika sudah berada di atas angin, maka merek tersebut akan sangat penting dalam menjelaskan tentang kualitas produk.

Merek dagang palsu

5 Aalasan ini kenapa Anda yang mempunyai usaha wajib mendaftarkan merek dagang Anda:

1. Peraturan Perundang-undangan
Untuk merek dagang ini telah di atur dalam perundang-undangan yaitu no 15 tahun 2001. Pendaftaran merek dagang di atur ketat dalam undang-undang. Pendaftaran ini ibarat ijin usaha yang akan Anda kantongi selama memproduksi suatu produk. Jika ada yang tidak mendaftarkan merek dagangnya akan mendapat sanksi sesuai yang ada dalam undang-undang.

2. Bukan Produk Ilegal
Dengan adanya merek dagang yang Anda kantongi akan membuat produk yang Anda hasilkan dianggap legal. Jika produk tersebut telah di daftarkan tentu akan punya ijin usaha hingga orang akan semakin yakin dengan produk yang Anda jual. Banyak orang yang meremehkan hal tersebut, terutama usaha kecil yang baru berdiri. Akibatnya orang akan ragu dan tidak tertarik dengan produk yang belum mengantongi ijin usaha.

3. Menghindari Plagiat
Sekarang makin marak penjiplakan atau plagiat akan suatu produk agar dapat bersaing dalam bisnis ekonomi. Apalagi jika produk tersebut laris dan belum punya ijin usaha atau belum terdaftar merek dagangnya.

Yang seperti ini rawan akan penjiplakan. Hingga merek dagang sangat penting untuk di daftarkan. Agar Anda yang sudah lelah menghasilkan suatu produk yang bermutu dan bermanfaat, tapi orang lain yang akan menikmati keuntungan dari nama dagang yang dijiplak.

4. Sebagai Identitas
Suatu produk yang mempunyai merek dagang akan punya ciri khas dan identitas akan merek yang disandang. Identitas ini yang akan membedakan antara produk yang satu dengan produk yang lain yang serupa. Orang lain juga akan lebih ingat dengan produk yang mempunyai merek dagang yang unik dan menarik.

5. Sumber Keuntungan
Untuk pendaftaran merek dagang memang akan melaui proses yang panjang. Terkadang hal tersebut yang membuat sebagian orang malas untuk mendaftarkan merek dagang mereka. padahal ini adalah hal yang sangat penting. Selain punya nama paten, apabila sudaf didaftarkan, Anda akan mendapat keuntungan yang berlipat. Dengan nama tersebut orang yang membeli produk Anda akan lebih familiar dan mudah mengingatnya.

Otomatis akan banyak orang yang datang yang berakibat pada meningkatnya omset penjualan produk Anda. Jika sudah mengalami pelonjakan tentu keuntungan yang akan Anda dapat akan berlimpah dibandingkan saat Anda belum mendaftarkan merek dagang Anda.

Merek dagang

Dengan alasan tersebut Anda tidak perlu lagi untuk ragu saat Anda punya produk dan ingin produk Anda dikenal banyak orang. Bayangkan jika Anda tidak bergegas untuk mendaftarkan merek dagang produk Anda, mungkin saja orang yang melihat peluang bagus dari penjualan produk Anda, akan mencuri merek dagang yang Anda punya.
Selain itu dengan adanya merek dagang yang paten tentu Anda akan lebih percaya diri dalam memasarkan produk yang Anda jual. Karena nama adalah identitas dan menunjukkan reputasi suatu produk.

    Call Us
    Chat WA