021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Manfaat Merek Dagang

Anda ingin mempunyai merek dagang terdaftar yang dilindungi oleh negara ? Silahkan hubungi konsultan merek Patendo. Biaya pendaftaran merek dagang terjangkau, Hubungi Patendo 0813 8670 6312. pendaftaran online prosesnya mudah dan cepat.

Merek adalah tanda, simbol, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, frasa, logo, lambang, gambar, susunan warna, desain atau gabungan diantaranya sebagai identitas suatu perorangan atau perusahaan pada barang atau jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk lainnya.

merek dagang

Merek Kolektif adalah Merek yang digunakan pada barang dan/atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang dan/atau jasa sejenis lainnya.

Di Indonesia, hak merek dagang diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001. Hak atas Merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada pemilik Merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri Merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

Fungsi Merek Dagang

Bagi perusahaan, mencantumkan merek atas setiap produk yang dihasilkan memiliki fungsi / kegunaan yaitu:

1. Mempermudah konsumen mengidentifikasi produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan.

2. Merek juga dapat membuat pembeli yakin akan memperoleh kualitas barang yang sama jika mereka membeli ulang.

3. Merek merupakan suatu yang dapat diiklankan dan akan dikenali konsumen jika sedang diperagakan dietalase took.

4. Merek secara tidak langsung membantu penjual mengendalikan pasar, karena para pembeli pada dasarnya tidak mau dibingungkan oleh produk yang satu dengan produk yang lainnya.

5. Merek mengurangi perbandingan harga dari dua macam barang dengan merk/cap yang berbeda.

6. Merek dapat menambah prestise untuk dibedakan dari komoditi biasa lainnya.

Fungsi utama dari sebuah merek adalah agar konsumen dapat mencirikan suatu produk (baik itu barang maupun jasa) yang dimiliki oleh perusahaan sehingga dapat dibedakan dari produk perusahaan lain yang serupa atau yang mirip yang dimiliki oleh pesaingnya.

Biasanya, konsumen yang merasa puas dengan suatu produk tertentu akan membeli atau memakai kembali produk tersebut di masa yang akan datang. Untuk dapat melakukan hal tersebut pemakai harus mampu membedakan dengan mudah antara produk yang asli dengan produk-produk yang identik atau yang mirip.

Untuk memungkinan satu perusahaan dapat membedakan dirinya dan produk yang dimiliki terhadap apa yang dimiliki oleh para pesaingnya, maka merek menjadi peran penting dalam pencitraan dan strategi pemasaran perusahaan, pemberian kontribusi terhadap citra, dan reputasi terhadap produk dari sebuah perusahaan di mata konsumen.

Citra dan reputasi perusahaan untuk menciptakan kepercayaan merupakan dasar untuk mendapatkan pembeli yang setia dan meningkatkan nama baik perusahaan. Konsumen sering memakai faktor emosional pada merek tertentu, berdasarkan serentetan kualitas yang diinginkan atau fitur-fitur yang terwujud dalam produk-produk yang dimiliki merek tersebut.

Merek juga dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam memelihara dan meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki guna menjamin bahwa merek produk yang mereka miliki memiliki reputasi yang baik.

merek dagang toko

Bagaimana Mengajukan Permohonan Merek Dagang?

Permohonan pendaftaran merek diajukan secara tertulis dalam bahasa Indonesia kepada Direkorat Jendral HKI dengan mencantumkan:

1. tanggal, bulan, dan tahun.

2. nama lengkap, kewarganegaraan, dan alamat Pemohon.

3. nama lengkap dan alamat Kuasa apabila Permohonan diajukan melalui Kuasa.

4. warna-warna apabila merek yang dimohonkan pendaftarannya menggunakan unsur-unsur warna.

5. nama negara dan tanggal permintaan Merek yang pertama kali dalam hal Permohonan diajukan dengan Hak Prioritas.

Permohonan ditandatangani pemohon atau kuasanya. Pemohon dapat terdiri dari satu orang atau beberapa orang secara bersama atau badan hukum. Permohonan dilampiri dengan bukti pendaftaran merek berupa pembayaran biaya. Permohonan untuk 2 (dua) kelas barang atau lebih dan/atau jasa dapat diajukan dalam satu Permohonan.

Direktorat Jendral melakukan pemeriksaan substantif terhadap permohonan dalam waktu paling lama tiga puluh hari terhitung sejak tanggal penerimaan pendaftaran. Dalam waktu paling lama 10 (sepuluh) hari terhitung sejak tanggal disetujuinya Permohonan untuk didaftar.

Dirjen mengumumkan permohonan tersebut dalam Berita Resmi Merek selama tiga bulan. Direktorat Jenderal mengumumkan Permohonan tersebut dalam Berita Resmi Merek selama 3 (tiga) bulan.

Selama jangka waktu pengumuman. Setiap pihak dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Direktorat Jenderal atas Permohonan yang bersangkutan dengan dikenai biaya.

Keberatan diajukan apabila terdapat alasan yang cukup disertai bukti bahwa Merek dagang yang dimohonkan pendaftarannya adalah Merek yang berdasarkan Undang-undang ini tidak dapat didaftar atau ditolak.

Setelah merek dagang disetujui Dirjen HKI. Sertifikat akan diterbitkan, sertifikat merek memuat:

a. nama dan alamat lengkap pemilik Merek yang didaftar.

b. nama dan alamat lengkap Kuasa, dalam hal Permohonan dikuasakan.

c. tanggal pengajuan dan Tanggal Penerimaan.

d. nama negara dan tanggal permohonan yang pertama kali apabila permohonan tersebut diajukan dengan menggunakan Hak Prioritas.

e. etiket Merek yang didaftarkan, termasuk keterangan mengenai macam warna apabila Merek tersebut menggunakan unsur warna, dan apabila Merek menggunakan bahasa asing dan/atau huruf selain huruf Latin dan/atau angka yang tidak lazim digunakan dalam bahasa Indonesia disertai terjemahannya dalam bahasa Indonesia, huruf Latin dan angka yang lazim digunakan dalam bahasa Indonesia serta cara pengucapannya dalam ejaan Latin; nomor dan tanggal pendaftaran.

f. kelas dan jenis barang dan/atau jasa yang Mereknya didaftar.

g. jangka waktu berlakunya pendaftaran Merek.

merek dagang makanan

Pengalihan dan Lisensi Hak Merek Dagang

Merek dagang yang terdaftar akan mendapat perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan. Merek yang sudah habis masa perlindungannya bisa diperpanjang untuk jangka waktu yang sama. Hak merek dapat beralih atau dialihkan karena:

a. Pewarisan

b. Wasiat

c. Hibah

d. Perjanjian

e. Sebab-sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan.

Pemilik Merek terdaftar berhak memberikan Lisensi kepada pihak lain dengan perjanjian bahwa penerima Lisensi akan menggunakan Merek tersebut untuk sebagian atau seluruh jenis barang atau jasa.

Perjanjian Lisensi berlaku di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia, kecuali bila diperjanjikan lain, untuk jangka waktu yang tidak lebih lama dari jangka waktu perlindungan Merek terdaftar yang bersangkutan.

Pemilik merek terdaftar yang telah memberikan Lisensi kepada pihak lain tetap dapat menggunakan sendiri atau memberikan Lisensi kepada pihak ketiga lainnya untuk menggunakan merek tersebut, kecuali bila diperjanjikan lain.

Permohonan pendaftaran Merek atau Merek Jasa sebagai Merek Kolektif hanya dapat diterima apabila dalam Permohonan dengan jelas dinyatakan bahwa Merek tersebut akan digunakan sebagai pendaftaran merek kolektif.

merek dagang buah

Aspek hukum pendaftaran Merek

Menyadari arti penting sebuah Merek, pemerintah Indonesia telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek UU Merek sebagai dasar dan payung hukum bagi pengaturan terkait merek di Indonesia.

Dalam Pasal 1 ayat 1 undang-undang tersebut, merek didefinisikan sebagai gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.

Untuk dapat mengklaim dan mendapatkan perlindungan serta manfaat dari sebuah merek, pemilik merek harus mendaftarkan merek tersebut ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HAKI) yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Terkait dengan pendaftaran tersebut, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

Merek Dagang tidak bisa didaftarkan?

Merek tidak dapat didaftar apabila Merek tersebut mengandung salah satu unsur di bawah ini:

a. Bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan, atau ketertiban umum.

b. Tidak memiliki daya pembeda.

c. Telah menjadi milik umum.

d. Merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Kenapa Merek Dagang ditolak Dirjen?

Permohonan harus ditolak oleh Direktorat Jenderal apabila merek tersebut:

a. Mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan Merek milik pihak lain yang sudah terdaftar lebih dahulu untuk barang dan/atau jasa yang sejenis.

b. Mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan Merek yang sudah terkenal milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis.

c. Mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan indikasi-geografis yang sudah dikenal.

Permohonan juga harus ditolak oleh Direktorat Jenderal apabila merek tersebut:

a. Merupakan atau menyerupai nama orang terkenal, foto, atau nama badan hukum yang dimiliki orang lain, kecuali atas persetujuan tertulis dari yang berhak.

b. Merupakan tiruan atau menyerupai nama atau singkatan nama, bendera, lambang atau simbol atau emblem negara atau lembaga nasional maupun internasional, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.

c. Merupakan tiruan atau menyerupai tanda atau cap atau stempel resmi yang digunakan oleh negara atau lembaga Pemerintah, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.

merek dagang sepatu

Penghapusan Merek pendaftaran dari Daftar Umum Merek dapat dilakukan atas prakarsa Direktorat Jenderal atau berdasarkan permohonan pemilik Merek yang bersangkutan. Penghapusan pendaftaran Merek atas prakarsa Direktorat Jenderal dapat dilakukan jika:

a. Merek tidak digunakan selama 3 (tiga) tahun berturut-turut dalam perdagangan barang dan/atau jasa sejak tanggal pendaftaran atau pemakaian terakhir, kecuali apabila ada alasan yang dapat diterima oleh Direktorat Jenderal.

b. Merek digunakan untuk jenis barang dan/atau jasa yang tidak sesuai dengan jenis barang atau jasa yang dimohonkan pendaftaran, termasuk pemakaian Merek yang tidak sesuai dengan Merek yang didaftar.

Permohonan penghapusan pendaftaran Merek oleh pemilik Merek atau Kuasanya, baik sebagian atau seluruh jenis barang dan/atau jasa, diajukan kepada Direktorat Jenderal.

Dalam hal Merek masih terikat perjanjian Lisensi, penghapusan hanya dapat dilakukan apabila disetujui secara tertulis oleh penerima Lisensi. Penghapusan pendaftaran dapat pula diajukan oleh pihak ketiga dalam bentuk gugatan kepada Pengadilan Niaga.

Untuk setiap pengajuan Permohonan atau perpanjangan Merek, permohonan melakukan Daftar Umum Merek, pencatatan pengalihan hak, perubahan nama dan/atau alamat pemilik Merek terdaftar, pencatatan perjanjian Lisensi, keberatan terhadap Permohonan, permohonan banding serta lain-lainnya yang ditentukan dalam Undang-undang ini, wajib dikenai biaya yang besarnya ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

Pemilik Merek terdaftar dapat mengajukan gugatan terhadap pihak lain yang secara tanpa hak menggunakan Merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya untuk barang atau jasa yang sejenis berupa:

a. Gugatan ganti rugi, dan/atau.

b. Penghentian semua perbuatan yang berkaitan dengan penggunaan Merek tersebut.

Gugatan atas pelanggaran Merek dapat diajukan oleh penerima Lisensi Merek terdaftar baik secara sendiri maupun bersama-sama dengan pemilik Merek yang bersangkutan. Selain penyelesaian gugatan, para pihak dapat menyelesaikan sengketa melalui Arbitrase atau Alternatif Penyelesaian Sengketa.

hak Kekayaan intelektual merek dagang

Ketentuan Pidana Merek

Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan Merek yang sama pada keseluruhannya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan Merek yang sama pada pokoknya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah). Tindak pidana merek diatas merupakan delik aduan.

hak merek dagang

Pendaftaran Merek Dagang

Pendaftaran Merek, menurut UU Merek memberikan hak ekslusif kepada perusahaan pemilik merek guna mencegah pihak-pihak lain untuk memasarkan produk-produk yang identik atau mirip dengan merek yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan dengan menggunakan merek yang sama atau merek yang dapat membingungkan konsumen.

Adanya merek pada suatu produk akan memudahkan konsumen untuk mengenal produk tersebut. Bahkan merek yang disematkan pada produk lebih mudah merasuk dalam benak konsumen untuk diingat dibanding dengan jenis dan nama generik dari produk itu sendiri. Sebab itulah, merek memiliki peran penting dalam pemasaran produk yang disebut dengan branding.

Tanpa adanya pendaftaran merek, investasi yang dimiliki dalam memasarkan sebuah produk dapat menjadi sesuatu yang sia-sia karena perusahaan pesaing dapat memanfaatkan merek yang sama atau merek yang mirip tersebut untuk membuat atau memasarkan produk yang identik atau produk yang mirip.

Jika seorang pesaing menggunakan merek yang identik atau mirip, pelanggan dapat menjadi bingung sehingga membeli produk pesaingnya tersebut yang dikiranya produk dari perusahan sebenarnya.

Hal ini tidak saja mengurangi keuntungan perusahaan dan membuat bingung pelanggannya, tetapi dapat juga merusak reputasi dan citra perusahaan yang bersangkutan, khususnya jika produk pesaing kualitasnya lebih rendah.

Mengingat nilai dari merek dan peran yang dimiliki oleh sebuah merek dalam menentukan suksesnya sebuah produk di pasar, maka sudah seharusnya merek di daftarkan sejak awal dimualinya usaha, guna mendapat perlindungan dalam pasar yang bersangkutan.

Selain itu, sangat mudah untuk melisensikan sebuah merek yang sudah terdaftar pada perusahaan lain, yang selanjutnya akan menambah sumber pendapatan perusahaan yang bersangkutan, dan dapat menjadi dasar bagi persetujuan bisnis waralaba.

Dengan adanya merek yang membuat produk yang satu beda dengan yang lain diharapkan akan memudahkan konsumen dalam menentukan produk yang akan dikonsumsinya berdasarkan berbagai pertimbangan serta menimbulkan kesetiaan terhadap suatu merek (brand loyalty).

Kesetiaan konsumen terhadap suatu merek yaitu dari pengenalan, pilihan dan kepatuhan pada suatu merek.

Sebagai identitas produk sekaligus representasi reputasi dari bisnis yang dijalankan, perkara merek dagang tidak boleh diabaikan atau dinggap sepele. Bayangkan jika Anda telah bertahun-tahun menjalankan bisnis dengan merek yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Sayangnya, Anda tidak mendaftarkan merek tersebut, karena mungkin merasa masyarakat sudah mengenalnya.

Tiba-tiba pesaing mendaftarkan merek yang selama ini Anda gunakan, sehingga ia memiliki hak eksklusif atas penggunaan merek tersebut. Akibatnya, pesaing dapat dengan mudah mengambil pangsa pasar bisnis yang telah Anda rintis sejak lama.

Parahnya lagi, Anda sebagai pemilik merek yang sebenarnya, bisa diminta untuk tidak menggunakannya karena hak eksklusif atas merek tersebut sudah dipegang atau dimiliki orang lain. Sebab itu pelaku bisnis perlu mendaftarkan merek dagangnya yang mencerminkan identitas produk sekaligus reputasi bisnis yang telah dirintisnya.

Pendaftaran merek dilakukan dengan mengajukan permohonan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI). Bagaimana caranya? Berikut step by step cara mendaftarkan merek.

1. Melakukan penelusuran pendaftaran merek

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam upaya mendaftarkan merek adalah menelusuri merek yang sudah didaftarkan lebih dulu. Penelusuran ini dapat dilakukan dengan mengakses database merek DJHKI yang beralamat di http://.dgip.

Perlunya melakukan penelusuran merek tersebut adalah untuk mengetahui ada tidaknya merek pelaku usaha lain yang sudah terdaftar atau diproses lebih dulu pendaftarannya yang memiliki persamaan baik keseluruhan maupun pada pokoknya saja dengan merek yang akan Anda daftarkan.

Apabila ditemukan adanya merek sama yang sudah didaftarkan lebih dulu, maka Anda tidak bisa mendaftarkan merek Anda.

Jika dipaksakan, pasti akan ditolak. Jadi, mau tidak mau Anda harus mengubah merek yang akan Anda daftarkan. Sebaliknya, jika hasil penelusuran tidak ditemukan adanya merek sama yang sudah atau sedang diajukan oleh pihak lain, maka Anda bisa segera mengajukan pendaftaran merek tersebut.

2. Mengajukan pendaftaran merek dagang

Dalam mengajukan pendaftaran merek, Anda harus mengisi formulir permintaan pendaftaran merek yang dibuat rangkap dua secara lengkap disertai tanda tangan Anda atau pihak yang Anda beri kuasa.

Setelah formulir diisi lengkap, selanjutnya diserahkan atau diajukan kepada DJHKI disertai dengan dokumen-dokumen yang disyaratkan. Untuk pendaftaran merek secara perorangan, dokumen yang disyaratkan berupa:

a. Kartu identitas pemohon (KTP atau paspor).

b. Etiket merek sebanyak 3 lembar dengan ukuran minimum 2 x 2 cm dan maksimum 9 x 9 cm.

c. Surat Pernyataan Hak, seperti surat pendaftaran merek yang menyatakan bahwa Anda sebagai pemohon memang memiliki hak untuk mengajukan pendaftaran atas merek tersebut dan akan menggunakannya dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

d. Surat Kuasa, jika Anda menggunakan jasa Konsultan Merek atau Konsultan HKI dalam pengajuan pendaftaran merek tersebut.

Sementara untuk pendaftaran merek atas nama badan hukum harus dilengkapi dengan dokumen berikut:

a. Akta notaris pendirian badan hukum atau badan usaha.

b. Surat keterangan domisili perusahaan.

c. NPWP perusahaan.

d. Kartu identitas direktur atau pengelola perusahaan (KTP atau paspor).

e. Etiket merek sebanyak 3 lembar berukuran minimum 2 x 2 cm dan maksimum 9 x 9 cm.

f. Surat Pernyataan Hak, yang menyatakan perusahaan sebagai pemohon berhak untuk mendaftarkan merek tersebut dan menggunakannya dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

g. Surat kuasa, apabila perusahaan menggunakan jasa pihak ketiga baik Konsultan Merek atau Konsultan HKI untuk mengurus pendaftaran merek dagang tersebut.

Dalam proses pengajuan formulir pendaftaran merek yang dilengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan, Anda sebagai pemohon juga diharuskan membayar tarif pendaftaran merek. Jika syarat administratif telah terpenuhi, maka Anda akan mendapatkan Tanggal Penerimaan.

Selain dilakukan secara offline, pendaftaran merek juga dapat dilakukan secara online (e-filing).Sayangnya, untuk pendaftaran secara online ini aksesnya masih terbatas hanya pada Kanwil Kemenkumham, Universitas, dan Konsultan HKI.

3. Menunggu masa pengumuman

Terhitung selambat-lambatnya 15 hari sejak Anda memperoleh Tanggal Penerimaan, permohonan pendaftaran merek Anda akan diumumkan dalam berita resmi merek. Masa pengumuman ini berlangsung selama dua bulan.

Selama masa pengumuman, segala keberatan atas pendaftaran merek yang Anda daftarkan dapat diajukan.

Artinya, jika ada pihak yang berkeberatan atas pendaftaran merek tersebut dapat mengajukannya selama masa pengumuman. Atas keberatan yang diajukan, Anda sebagai pemohon dapat menyampaikan sanggahan atas keberatan tersebut.

4. Pemeriksaan Substantif

Setelah masa pengumuman berakhir atau penyampaian sanggahan atas keberatan telah berakhir, proses pendaftaran merek masuk tahap pemeriksaan substantif.

Pada tahap ini nantinya akan diputuskan bisa tidaknya merek dagang Anda didaftarkan. Tahapan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, selambat-lambatnya 150 hari sejak dimulainya pemeriksaan substantif harus sudah menghasilkan suatu putusan pendaftaran merek dagang tersebut diterima atau ditolak.

Apabila hasil pemeriksaan substantif memutuskan menolak merek dagang yang didaftarkan, maka Anda berhak untuk mengajukan banding ke Komisi Banding Merek. Sementara merek dagang yang pendaftarannya diterima atau disetujui, maka Dirjen HKI akan menerbitkan Sertifikat Pendaftaran Merek selambat-lambatnya 15 hari sejak tanggal pendaftaran merek.

Dari tahapan yang harus dilalui, pendaftaran merek dagang memang tergolong cukup sederhana. Namun, di balik kesederhanaan tahapan tersebut, terdapat proses panjang sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa mencapai 7 hingga 9 bulan.

Hal ini disebabkan oleh tingginya volume permohonan pendaftaran merek dagang yang masuk tetapi tidak didukung dengan kuantitas tenaga pemeriksa yang dimiliki Dirjen HKI. Meskipun demikian, setiap proses akan sampai juga pada hasil akhir, yakni hak eksklusif untuk menggunakan merek dagang dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Agar merek anda terlindungi sehingga menjadi aset tak berwujud yang bernilai tinggi, segera daftarkan merek dagang anda melalui cs@patendo.com. Atau konsultasi merek dagang hubungi wa 0813 8670 6312 Konsultan HKI terdaftar Patendo.

fungsi pendaftaran merek jakarta

Apa keuntungan mendaftarkan Merek Dagang?

Terdapat beberapa keuntungan yang akan di dapatkan jika mendaftarkan merek :

1. Nilai kualitas produknya akan selalu terjaga.

2. Mendapat perlindungan hukum.

3. Terhindar dari Plagiarisme.

4. Berfungsi sebagai alat promosi.

5. Menjaga kepercayaan customer dan loyalitas customer.

6. Jangkauan pemasaran yang baik.

7. Meningkatkan penjualan.

8. Terbukanya peluang waralaba, licensing dan join venture.

9. Daya tarik Investor.

Merek yang sudah didaftarkan pada pemerintah akan secara otomatis dilindungi dan aman dari segala tindak plagiarisme yang kemungkinan dilakukan kompetitor.

Pemerintah, melalui Undang-undang Merek yang diterbitkan juga akan melindungi merek dari pihak lain yang berusaha memasarkan produk dengan Merek yang sudah didaftarkan yang juga dapat berpotensi membingungkan konsumen.

Merek dapat mengenal produk Anda lebih dekat.dengan konsumen Karenanya, Anda dapat menjadikan Merek sebagai alat promosi yang efektif. Bahkan, nilai penjualan akan semakin meningkat jika Merek Anda sudah terdaftar ke Dirjen HKI.

Tanpa pengakuan dari pihak yang berwenang, Anda menempatkan Merek pada posisi berbahaya dan dapat digunakan seenaknya oleh kompetitor.

Tanpa Merek, Anda membuka pintu untuk potensi peniruan dan penyalahgunaan oleh kompetitor. Kerugian akibat tidak mendaftarkan Merek sudah banyak dialami para pemilik usaha, terutama Merek yang bergerak di bidang industri kreatif dan UMKM.

Karena telah memiliki hak eksklusif atas Merek, pendaftar memiliki hak untuk mengembangkan usahanya ke arah bisnis waralaba yang kini makin menjamur di masyarakat. Hal ini jelas dapat menguntungkan bisnis Anda, terutama dalam segi finansial.

formulir merek

Saat ini sangat mudah mencari contoh kasus pendaftaran merek melalui media online. Hal ini sebagai contoh bahwa perlindungan Hak atas sebuah Merek menjadi sangat penting.

Karena itu, pentingnya melakukan pendaftaran Merek untuk sebuah barang atau jasa. Meski usaha masih kecil, Justru dengan mendaftarkan Merek, bisnis Anda dapat memiliki perlindungan secara hukum dan sebagai pebisnis atau pengusaha merasa lebih aman dalam mengembangkan bisnis.

Merek dagang, telah menjadi identitas bagi orang yang mempunyai usaha. Ibaratkan sebuah nama yang menjadi penanda bahwa produk tersebut adalah milik seseorang.

Merek menjadi penting karena tanpa adanya hal tersebut orang-orang akan bingung tentang produk tersebut. Lihatlah berbagai produk makanan atau minuman dengan bahan dasar yang sama pasti akan punya nama yang berbeda-beda untuk menandakan siapa pemilik juga merek tersebut akan menjadi ciri khas.

6 Manfaat Merek Dagang dan Kerugian Jika Harus Menunda Mendaftarkan Merek

Merek Dagang, Identitas Produk yang Tak Boleh Dilupakan

Sebenarnya mengapa harus membuat dan mendaftarkan produk barang dan jasa usaha Anda ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI)? Sebelum membahas hal tersebut kita akan membahas terlebih dahulu mengenai apa itu merek dagang.

Merek bisa dikatakan merupakan sebuah identitas pengenal sebuah produk barang dan jasa. Merek ini bisa dalam bentuk tanda maupun simbol pengenal dari sebuah bisnis. Bisa dikatakan merek ini seperti nama yang ada di identitas pengenal sehingga orang-orang bisa membedakan antara satu orang dan orang lainnya.

Melihat posisi dari merek itu sendiri yang menjadi identitas pengenal sebuah produk, merek ini menjadi sangat diperlukan terutama jika Anda ingin melebarkan usaha bisnis. Jangan sampai produk yang Anda miliki tanpa merek sehingga orang-orang hanya mengenali jenis produk Anda tanpa bisa membedakan produk Anda dengan barang sejenis karena tidak memiliki tanda pengenal.

djki dagang

Kegunaan Merek Dagang

Merek ini sangat penting tanpa melihat skala dan eksistensi dari usaha Anda. Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegunaan merek itu sendiri cukup banyak, yaitu:

1. Alat promosi

Dengan memiliki merek dari produk yang Anda jual, maka ini bisa digunakan untuk media promosi yang efektif. Merek ini akan memudahkan terutama dari segi pemasaran.

Bayangkan jika produk Anda tanpa merek? Tidak mungkin Anda mengenalkan produk dengan mengatakan: Mari berbelanja pakaian yang saya produksi di jalan tertentu dan sebagainya.

2. Pembeda atau Kartu Identitas

Dengan memiliki merek, Anda dapat menonjolkan kelebihan ataupun keunikan dari produk dibandingkan produk jenis serupa yang ditawarkan di tempat lain. Anda dapat menonjolkan kelebihan produk seperti pakaian yang lebih tebal dan halus yang merupakan ciri khas dari merek Anda.

3. Faktor Penentu Keputusan Pembeli

Keberadaan merek akan sangat mempengaruhi perilaku pembeli. Pembeli seringkali mencari suatu produk baik barang dan jasa dengan mengategorisasikan merek produk tersebut.

Kenyamanan seseorang terhadap merek tertentu akan membuat orang tersebut enggan untuk beralih ke merek lainnya meski fungsi barang yang ditawarkan sama. Untuk itu pembuatan merek dagang yang baik serta packaging yang menarik akan sangat menarik perhatian pembeli.

4. Menjadi Aset Perusahaan

Merek menjadi aset perusahaan terutama ketika usaha Anda termasuk usaha yang sudah bertahan cukup lama dan terkenal di masyarakat. Beberapa pihak bahkan bersedia membayar mahal hanya untuk membeli sebuah merek produk yang sudah memiliki nama baik di masyarakat.

5. Meningkatkan nilai jual produk

Seringkali produk dengan jenis barang dan kualitas yang sama memiliki harga jauh berbeda hanya karena salah satunya memiliki merek dan satunya tidak. Atau bisa jadi salah satu merek lebih terkenal dibanding merek lainnya. Sehingga posisi merek memainkan peran penting dalam meningkatkan nilai jual produk usaha Anda.

6. Jaminan mutu produk

Merek dapat menjadi jaminan atas mutu produk barang dan jasa dari usaha yang Anda miliki. Produk yang memiliki merek tertentu cenderung akan sangat menjaga mutu kualitas barangnya karena merek ini menjadi jaminan dari keberlangsungan produknya.

7. Sebagai Pengingat

Keberadaan merek bagi suatu produk terutama yang terdengar unik dan mudah diucapkan akan membuat orang selalu mengingat merek produk Anda.

daftar merek dagang

Berbagai Jenis Merek Dagang Berdasarkan Tujuan Produk

Setelah memahami mengenai betapa pentingnya keberadaan merek bagi sebuah produk baik barang dan jasa untuk perkembangan usaha Anda, tentunya hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis-jenis merek yang paling sesuai untuk jenis produk dan usaha Anda.

Tentunya penamaan yang tepat sesuai dengan jenis produk sangat penting karena nama merek dan logonya harus menyesuaikan jenis produk yang dijual bahkan target pasar dari produk yang ingin dipasarkan. Berikut ini merupakan informasi mengenai jenis merek berdasarkan tujuan dari produk:

1) Merek Citra

Jenis merek citra merupakan jenis merek yang ditujukan untuk mengangkat kesan dan nilai dari suatu produk. Dengan menggunakan jenis merek citra, Anda dapat mengangkat nilai-nilai Andalan dari suatu produk sehingga bernilai lebih dibanding produk lainnya. Misal penggunaan merek citra adalah pada merek Sepatu Millennial.

Penggunaan kata millennial ini, perusahaan ingin menonjolkan sisi millennial dan keren dari produk sepatu yang diproduksi. Dengan menggunakan nama produk millennial, dapat terlihat bahwa sasaran pasar dari produk ini adalah kaum pemuda millennial.

Sehingga seolah-olah Anda yang menggunakan produk ini akan terlihat millennial dan jika tidak menggunakannya menjadi kurang millennial. Merek ini akan menimbulkan kesan tersendiri di masyarakat sehingga meningkatkan nilai jual dari produk.

2) Merek Fungsional

Sesuai dengan namanya, merek fungsional berkaitan langsung dengan fungsi dari produk baik barang dan jasa yang didaftarkan. Secara umum, merek fungsional berfungsi untuk memberikan persepsi tertentu terhadap barang dan jasa kepada konsumen terkait dengan layanan dan performa utama yang ditawarkan dari produk tersebut.

Jenis merek fungsional banyak dipakai oleh para pembisnis untuk meningkatkan daya jual dari layanan dan barang usaha mereka. Patut diingat bahwa jangan sampai merek dagang yang kita sematkan berbeda dengan kualitas yang kita berikan ke konsumen.

Misal dari penggunaan merek dagang fungsional bagi produk seperti nama Warung Sambal Pedas. Nama sambal dan pedas adalah dua hal yang sangat berhubungan. Anda tentunya tidak menginginkan sambal yang rasanya tidak pedas.

Sehingga dengan menamai warung sambal pedas akan terbentuk persepsi tersendiri di konsumen bahwa rasa sambal yang dibuat di warung ini pedas dan tidak mengecewakan untuk orang-orang yang mencari rasa pedas.

Dari titik ini, Anda sebagai pengusaha jangan sampai membohongi publik dengan menamai warung Anda sambal pedas namun ternyata sambal Anda tidak terasa pedas sama sekali. Atau Anda sering kehabisan stok sambal sehingga konsumen sering kehabisan sambal ketika ingin membeli di warung Anda.

3) Merek “Pengalaman”

Merek pengalaman atau eksperiensial adalah merek dagang dari suatu barang maupun layanan yang mengutamakan pengalaman dari para konsumen ketika menikmati layanan dan barang yang Anda tawarkan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa merek eksperiensial mengutamakan kesan dari orang-orang yang menikmati produk Anda.

Misalnya adalah bagi Anda yang membuka taman wisata dengan nama Taman Cinta, maka orang-orang sudah akan terpersepsikan dengan arti kata cinta itu. Akan banyak yang penasaran mengapa nama taman itu taman cinta. Dengan ini Anda harus menyediakan fasilitas-fasilitas yang membuat nyaman pengunjung dan simbol-simbol yang menunjukkan kesan cinta.

Untuk pemilihan jenis merek dagang berdasarkan tujuan dari produk mungkin agak sedikit membingungkan. Untuk itu Anda dapat berkonsultasi langsung dengan jasa pembuatan merek di mana Anda akan dibantu oleh orang-orang berpengalaman di bidang pembuatan merek.

Dengan menggunakan jasa pembuatan merek, Anda akan dibantu dalam menentukan nama merek maupun logo serta bentuk penulisan dari merek yang membuat orang-orang tertarik terhadap produk Anda.

Setelah menentukan merek dagang untuk produk baik barang dan jasa, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan merek Anda ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI).

Perlunya mendaftarkan merek ke Ditjen HKI adalah untuk mendapatkan perlindungan hukum merek dari upaya pencurian dan pencontekan orang-orang tidak bertanggung jawab.

pendaftaran merek hki

Maksud dari Hak Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual merupakan kekayaan yang muncul berdasarkan upaya berpikir seseorang yang kemudian menghasilkan produk tertentu. Dari kekayaan yang muncul dari upaya berpikir ini kemudian akan dilindungi oleh pemerintah berdasarkan hukum yang berlaku.

Hak cipta adalah hak khusus milik pengusul hak cipta ke badan Ditjen HKI untuk memanfaatkan merek yang dimiliki untuk meningkatkan bisnis dan memperbanyak produknya.

Terdapat dua fungsi penting yang ditawarkan dari pengajuan hak cipta yaitu, yang pertama adalah hak moral yang melindungi hak pencipta dari merek yang ia ciptakan sehingga tidak akan dicuri oleh orang lain. Hak moral merupakan salah satu hak utama yang diperlukan pada hari ini di mana produk-produk terus berkembang dan saling bersaing.

Beberapa kasus yang terkait dengan kecolongan daftar merek dagang seperti perusahaan yang baru mendaftarkan merek padahal merek tersebut telah dipatenkan ke Ditjen HKI sehingga hal ini menjadi konflik berkelanjutan Kemudian adalah fungsi hak ekonomi di mana Anda sebagai pemilik merek memiliki hak untuk menyebarluaskan, meningkatkan, dan menyiarkan merek sehingga dapat meningkatkan usaha Anda.

Ditjen HKI

Bagaimana Cara Mendaftarkan Merek Dagang?
Setelah Anda menentukan merek yang Anda inginkan untuk produk baik barang dan jasa, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan merek dagang ke Ditjen HKI. Secara umum, gambaran langkah-langkah untuk proses pendaftaran merek dagang adalah seperti berikut:

1. Cek nama merek dagang ke website Ditjen HKI

Untuk memastikan apakah merek yang Anda daftarkan sudah terdaftar atas nama orang lain atau belum, carilah merek yang belum didaftarkan karena Ditjen HKI akan menolak pendaftaran merek yang sudah terdaftar di database-nya.

Penelusuran merek berdasarkan kelas merek yang sudah ditetapkan. Langkah ini dilakukan untuk menghindari penolakan karena tentunya akan sangat merepotkan apabila Anda sudah mendaftar dan menyiapkan berkas-berkasnya dan ditolak hanya karena mirip dengan merek yang lain.

2. Menyiapkan persyaratan berkas-berkas

Berkas pertama yang disiapkan adalah formulir pendaftaran merek dagang rangkap empat yang sudah ditandatangani oleh pemohon maupun kuasanya dan diisi lengkap. Berkas yang tidak diisi lengkap akan dikembalikan lagi oleh Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI).

Yang selanjutnya adalah menentukan jenis produk baik barang dan jasa dari permohonan merek dagang yang diajukan. Jumlah jenis barang yang diajukan tidak terbatas, namun Anda tidak bisa menambah jumlah barang setelah tanggal penerimaan dari Ditjen HKI diterima oleh pemohon, namun Anda dapat mengurangi jenis barangnya.

Biaya pendaftaran yang harus dikeluarkan adalah sebesar satu juta Rupiah per sepuluh barang. Contoh cetakan merek sebanyak dua puluh lembar. Jika Anda mengajukan melalui jasa pendaftaran merek ataupun menguasakan ke seseorang, maka Anda harus menyertakan Surat Kuasa di dalamnya. Perpanjang merek juga bisa dilakukan oleh konsultan merek Patendo.

Surat-surat yang harus dipenuhi untuk pendaftaran HKI ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual adalah meliputi:

a) Surat Pernyataan Hak, merupakan surat dari pemohon yang menunjukkan tujuan dari pendaftaran merek barang dan jasa dan keterangan dari si pemohon bahwa pemohon memang memiliki hak untuk mengajukan pendaftaran merek ke Ditjen HKI.

b) Fotokopi Akta Pendirian Badan Hukum apabila pemohon dalam bentuk badan hukum usaha dan tidak pribadi.

c) Jika pemohon perseorangan maka yang diajukan adalah fotokopi Identitas Pemohon dalam bentuk KTP.

d) Fotokopi NWP Badan Hukum jika pemohon dalam bentuk badan hukum usaha dan tidak pribadi.

3. Pemeriksaan

Secara umum, ada dua bagian prosedur pendaftaran merek yang harus ditempuh oleh pemohon ketika mendaftarkan mereknya, yang pertama adalah pengajuan dokumen-dokumen kelengkapan merek oleh pemohon yang selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan oleh Ditjen HKI untuk diverifikasi.

Pemeriksaan dilakukan melalui dua tahap, yang pertama adalah pemeriksaan kelengkapan dokumen yang dikumpulkan. Apabila dokumen yang diminta tidak lengkap, maka Ditjen HKI akan memberikan waktu dua bulan untuk melengkapi sejak surat pertama permintaan diterima.

Pemeriksaan kedua setelah dokumen lengkap adalah pemeriksaan substantif yang dilakukan satu bulan setelah permohonan diterima dan dilakukan paling lama hingga sembilan bulan.

Waktu keseluruhan pembuatan merek dagang memakan waktu kurang lebih sekitar dua belas bulan atau satu tahun. Misalnya dari sejak pengajuan merek ke Ditjen HKI tertanggal 1 Mei 2018 maka baru akan dilakukan pemeriksaan substantif di tanggal 1 Juni 2018 dan maksimal adalah 1 Maret 2019.

4. Pengajuan Keberatan oleh Pemohon

Pengajuan keberatan dapat dilakukan oleh pemohon secara tertulis kepada Ditjen HKI dalam waktu maksimal dua bulan setelah waktu penerimaan salinan keberatan.

Setelah Ditjen HKI menyetujui merek tersebut untuk didaftarkan maka dalam waktu dua bulan setelahnya merek tersebut akan diterbitkan secara resmi. Jika Anda merasa keberatan dan sebagainya, Anda dapat mengajukan hal tersebut setelah disetujui dalam waktu sepuluh hari oleh Ditjen HKI pada laman berita resmi merek.

Untuk itu Anda harus mengecek berkala pengumuman yang dikeluarkan Ditjen HKI dalam waktu tiga bulan, jangan sampai Anda tertinggal informasi penting mengenai keberlanjutan registrasi merek produk Anda.

5. Pemeriksaan Ulang

Jika saat pengumuman hasil pemeriksaan substantif dokumen Anda disetujui oleh Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI), maka Anda dapat mengajukan keberatan dan pemeriksaan ulang apabila Anda merasa keberatan.

Apabila pemohon keberatan dan mengajukan tuntutan tertulisnya ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI), maka berikutnya akan dilakukan pemeriksaan kembali oleh Ditjen HKI.

Waktu pemeriksaan kembali dilakukan dalam jangka waktu maksimal dua bulan. Jika tidak ditemukan permasalahan maka selanjutnya Ditjen HKI akan menerbitkan Sertifikat Merek.

Sertifikat Merek merupakan secarik surat yang mengakui kepemilikan suatu pihak atas merek dagang tertentu. Waktu terbitnya maksimal tiga puluh hari semenjak tanggal permohonan disetujui dan dituliskan dalam daftar umum merek.

Pemohon belum dapat melakukan tuntutan hukum apapun terhadap pihak yang telah memanfaatkan merek dagang Anda selama merek tersebut masih dalam proses pendaftaran ke Ditjen HKI. Namun, Anda dapat menuntut pihak yang menggunakan merek Anda tanpa izin setelah merek Anda terdaftar secara sah di Ditjen HKI.

Bagi Anda yang cukup sibuk dan tidak punya waktu untuk mengurus sendiri proses pendaftaran merek dagang ke Ditjen HKI, Anda dapat mendaftarkan merek dagang lewat jasa pembuatan merek.

Dengan menggunakan jasa pembuatan merek, Anda akan dibantu dari mulai pembuatan merek hingga merek Anda terbit di Ditjen HKI. Hal ini tentu saja sangat membantu apalagi jika Anda termasuk orang yang awam dalam hal birokrasi. Tentunya ini akan sangat menghemat waktu Anda dan sangat praktis.

Merek dagang yang dimiliki sebuah perusahaan memiliki manfaat yang sangat besar. Manfaat tersebut tidak hanya bisa dirasakan saat ini tetapi juga di masa mendatang. Berikut ini adalah 6 manfaat merek dagang dan kerugian menunda mendaftarkan merek dagang yang perlu diketahui setiap pengusaha baik pemula maupun senior.

  1. Kekayaan Intelektual Dilindungi Undang – Undang

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 15 Tahun 2001, terdapat aturan jelas bahwa negara akan melindungi kekayaan intelektual seseorang yang mendaftarkan merek dagangnya secara legal.

Jadi, jika ada pembuatan merek dagang dengan konsep sangat identik maka hal ini akan dapat dicegah atau diatasi. Pelaku pembuatan merek yang mirip tersebut dapat dianggap plagiat dengan beberapa ketentuan dan wajib mencabut konsepnya.

  1. Karya Tidak Diambil Orang Lain

Manfaat merek dagang yang kedua adalah karya tidak diambil orang lain. Dengan mendaftarkan merek dagang maka secara legal karya tersebut telah menjadi hak milik si pendaftar atau pengusaha yang bersangkutan.

Jadi tidak ada pihak yang diperbolehkan memakai karya tersebut dalam hal ini adalah merek dagang. Jika ingin menggunakannya maka harus ada kerjasama waralaba dan pada sistem ini pengusaha diuntungkan dengan perizinan pemakaian SOP serta identitas usaha.

  1. Dapat Berkompetisi Secara Sehat

Kompetisi yang sehat akan terjadi apabila semua aspeknya terpenuhi. Jika tidak mendaftarkan merek maka salah satu aspek sudah tidak dipenuhi. Dengan demikian, akan ada masalah di kemudian hari seperti terciduk oleh penyelidik atau merek dagangnya diplagiat orang lain. Apabila tidak didaftarkan maka negara tidak punya wewenang dan kewajiban untuk melindungi merek yang bersangkutan meskipun diplagiasi.

  1. Tidak Dihantui Penyelidikan

Penyelidikan tentang merek – merek nakal atau tidak terdaftar kerap dilakukan secara rutin. Sanksinya tentu beragam sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan segera mendaftarkan merek dagang maka seseorang akan lebih tenang dalam menjalankan bisnis karena tidak dihantui penyelidikan. Jikapun ada proses penyelidikan maka pengusaha tidak perlu was – was karena semua data telah valid dan legal.

  1. Filosofi Merasuk Dalam Setiap Produk

Pembuatan merek dagang tidak bisa dilakukan serta merta. Perlu dilakukan diskusi mendalam supaya filosofi dan identitas produsen dapat merasuk sebagai jati diri dalam produk atau layanan jasa. Oleh karena itu, ketika merek telah terdaftar maka visi dan misi perusahaan akan lebih terwakili.

  1. Menambah Nilai Jual

Produk bermerek tentu berbeda nilai jual dengan produk tidak bermerek. Hal inilah yang membuat merek dagang sangat penting dalam sistem jual beli. Tidak hanya dalam sistem jual beli pribadi, tetapi ketika berkompetisi pun pengusaha juga membutuhkan adu merek untuk meningkatkan volume penjualan. Ketika sudah berada di atas angin, maka merek tersebut akan sangat penting dalam menjelaskan tentang kualitas produk.

pendaftaran merk

5 Alasan ini kenapa Anda yang mempunyai usaha wajib mendaftarkan merek dagang Anda:

1. Peraturan Perundang-undangan

Untuk merek ini telah di atur dalam perundang-undangan yaitu no 15 tahun 2001. Pendaftaran merek dagang di atur ketat dalam undang-undang. Pendaftaran ini ibarat ijin usaha yang akan Anda kantongi selama memproduksi suatu produk. Jika ada yang tidak mendaftarkan merek dagangnya akan mendapat sanksi sesuai yang ada dalam undang-undang.

2. Bukan Produk Ilegal

Dengan adanya merek yang Anda kantongi akan membuat produk yang Anda hasilkan dianggap legal. Jika produk tersebut telah di daftarkan tentu akan punya ijin usaha hingga orang akan semakin yakin dengan produk yang Anda jual. Banyak orang yang meremehkan hal tersebut, terutama usaha kecil yang baru berdiri. Akibatnya orang akan ragu dan tidak tertarik dengan produk yang belum mengantongi ijin usaha.

3. Menghindari Plagiat

Sekarang makin marak penjiplakan atau plagiat akan suatu produk agar dapat bersaing dalam bisnis ekonomi. Apalagi jika produk tersebut laris dan belum punya ijin usaha atau belum terdaftar merek nya.

Yang seperti ini rawan akan penjiplakan. Hingga merek sangat penting untuk di daftarkan. Agar Anda yang sudah lelah menghasilkan suatu produk yang bermutu dan bermanfaat, tapi orang lain yang akan menikmati keuntungan dari nama dagang yang dijiplak.

4. Sebagai Identitas

Suatu produk yang mempunyai merek akan punya ciri khas dan identitas akan merek yang disandang. Identitas ini yang akan membedakan antara produk yang satu dengan produk yang lain yang serupa. Orang lain juga akan lebih ingat dengan produk yang mempunyai merek yang unik dan menarik.

5. Sumber Keuntungan

Untuk pendaftaran merek dagang memang akan melaui proses yang panjang. Terkadang hal tersebut yang membuat sebagian orang malas untuk mendaftarkan merek dagang mereka. padahal ini adalah hal yang sangat penting.

Selain punya nama paten, apabila sudaf didaftarkan, Anda akan mendapat keuntungan yang berlipat. Dengan nama tersebut orang yang membeli produk Anda akan lebih familiar dan mudah mengingatnya.

Otomatis akan banyak orang yang datang yang berakibat pada meningkatnya omset penjualan produk Anda. Jika sudah mengalami pelonjakan tentu keuntungan yang akan Anda dapat akan berlimpah dibandingkan saat Anda belum mendaftarkan merek Anda.

merek patendo

Dengan alasan tersebut Anda tidak perlu lagi untuk ragu saat Anda punya produk dan ingin produk Anda dikenal banyak orang. Bayangkan jika Anda tidak bergegas untuk mendaftarkan merek produk Anda, mungkin saja orang yang melihat peluang bagus dari penjualan produk Anda, akan mencuri merek yang Anda punya.

Selain itu dengan adanya merek yang paten tentu Anda akan lebih percaya diri dalam memasarkan produk yang Anda jual. Karena nama adalah identitas dan menunjukkan reputasi suatu produk. Bagaimana cara untuk membuat merek dagang yang baik ? Silahkan hubungi Konsultan HKi Terdaftar Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.