021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pendaftaran Merek Online

Pendaftaran merek online menjadi mudah dengan bantuan konsultan merek Patendo. Kami siap membantu anda dalam pengurusan permohonan pendaftaran merek dagang dengan biaya terjangkau dan proses yang mudah. Hubungi Telp / WA 0853 5122 5081.

pendaftaran merek online

Dalam hukum Indonesia, aturan mengenai merek diatur dalam UU No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (“UU Merek dan Indikasi Geografis”).

Merek dan Indikasi Geografis adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa merek merupakan penanda identitas dari sebuah produk barang/jasa yang ada dalam perdagangan. Adapun merek terbagi menjadi dau, merek dagang yang digunakan pada barang dan merek jasa, yang digunakan pada jasa.

Merek dagang adalah merek yang digunakan pada produk atau barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang atau produkk sejenis lainnya.

Dalam jurnal pendaftaran merek yang berjudul Implementasi Pendaftaran Merek sebagai Bentuk Perlindungan Hukum Pada Home Industy Eggroll oleh Iffan Alif Khoironi menjelaskan pendaftaran untuk sebuah merek, negara tidak memberikan pendaftaran untuk merek yang memiliki persamaan dengan merek yang diajukan lebih dahulu tersebut kepada pihak lain untuk barang / jasa sejenis.

Bukanlah pemakaian, melainkan pendaftaranlah yang dianggap penting dan menentukan kepemilikan merek.

Pihak yang mendaftarkan suatu merek adalah satu-satunya pihak yang berhak atas merek tersebut dan pihak ketiga harus menghormati hak pendaftar merek sebagai hak mutlak. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek menggunakan stelsel kontitutif dalam menjelaskan masalah pendaftaran merek.

Skripsi pendaftaran merek juga telah dijelaskan oleh Taufikur Rohman dengan Judul Perlindungan Hukum Hak Merek bagi Pendaftar Pertama (first to file) di Indonesia (Analisis Putusan Nomor :304K/ Pdt.Sus-HKI/2014). Skripsi ini menjelaskan pentingnya mendaftarkan merek.

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Pendaftaran Merek Online?
Perlu diingat bahwa tidak semua merek dapat diterima pendaftarannya. Menurut UU Merek dan Indikasi Geografis, terdapat dua hal yang menyebabkan suatu merek tidak diterima pendaftarannya, yaitu karena merek tersebut tidak dapat didaftarkan dan merek tersebut ditolak.

pendaftaran merek online hki

Berdasarkan Pasal 20 UU Merek dan Indikasi Geografis, alasan suatu merek tidak dapat didaftarkan adalah:

1. Bertentangan dengan ideologi negara, peraturan perundang-undangan, moralitas, agama, kesusilaan, atau ketertiban umum.

2. Sama dengan, berkaitan dengan, atau hanya menyebut barang dan/atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

3. Memuat unsur yang dapat menyesatkan masyarakat tentang asal, kualitas, jenis, ukuran, macam, tujuan penggunaan barang dan/atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

4. Merupakan nama varietas tanaman yang dilindungi untuk barang dan/atau jasa yang sejenis.

5. Memuat keterangan yang tidak sesuai dengan kualitas, manfaat, atau khasiat dari barang dan/atau jasa yang diproduksi.

6. Tidak memiliki daya pembeda.

7. Merupakan nama umum dan/atau lambang milik umum.

Sedangkan menurut Pasal 21 UU Merek dan Indikasi Geografis, suatu merek dapat ditolak jika:

1. Merek tersebut memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan:

a. Merek terdaftar milik pihak lain atau dimohonkan lebih dahulu oleh pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis.

b. Merek terkenal milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis.

c. Merek terkenal milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa tidak sejenis yang memenuhi persyaratan tertentu; atau Indikasi Geografis terdaftar.

2. Merek tersebut merupakan atau menyerupai nama atau singkatan nama orang terkenal, foto, atau nama badan hukum yang dimiliki orang lain, kecuali atas persetujuan tertulis dari yang berhak.

3. Merek tersebut merupakan tiruan atau menyerupai nama atau singkatan nama, bendera, lambang atau simbol atau emblem suatu negara, atau lembaga nasional maupun internasional, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.

4. Merek tersebut merupakan tiruan atau menyerupai tanda atau cap atau stempel resmi yang digunakan oleh negara atau lembaga Pemerintah, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.

5. Merek diajukan oleh pemohon pendaftaran merek online yang beritikad tidak baik.

Dalam hal ini, pemohon pendaftaran merek online patut diduga memiliki niat untuk meniru, menjiplak, atau mengikuti merek pihak lain demi kepentingan usahanya sehingga dapat menimbulkan kondisi persaingan usaha tidak sehat, mengecoh, atau menyesatkan konsumen.

pendaftaran merek online haki

Apa Fungsi Merek?

Merek bukanlah hanya sebuah nama atau identitas saja. Akan tetapi, penggunaan sebuah nama Merek akan memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi para penggunanya. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan sebuah merek:

1. Suatu bentuk identitas atau tanda pengenal yang di sematkan kepada sebuah produk, atau jasa.

2. Sebagai alat bantu dalam memperkenalkan sebuah produk atau jasa kepada masyarakat umum.

3. Berfungsi untuk mencegah tidakan atau hal-hal yang dapat merugikan pihak pemegang hak merek dari pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap produk atau jasa sejenis.

4. Sebagai representasi atas reputasi produknya dan penghasil dari produk barang/jasa yang dimaksud.

Dengan demikian, konsumen akan lebih mudah untuk mengingat suatu barang/jasa dan mengetahui barang/jasa yang diinginkannya secara spesifik. Misalnya adalah merek Samsung yang identik dengan produk-produk elektronik dan merek Aqua yang identik dengan produk air minum dalam kemasan.

Selain itu, merek juga berfungsi sebagai alat promosi bagi produsen barang/jasa untuk menjajakan produk dengan merek yang telah didaftarkan tersebut.

Dengan adanya merek, produsen hanya tinggal menyebut merek produk beserta keunggulan-keunggulannya dalam iklan yang dibuatnya tersebut, tanpa harus menyebutkan identitas yang merupakan pembeda dari produk lain yang sejenis.

pendaftaran merek online murah

Kenapa Merek Harus Didaftarkan?

Walaupun terlihat sepele, merek merupakan salah satu aset hak kekayaan intelektual perusahan ataupun perorangan yang harus dilindungi dengan cara didaftarkan.

Merek yang telah didaftarkan dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan bagi pemilik yang berhak atas merek yang didaftarkan. Alat bukti tersebut berupa Sertifikat Merek yang diterbitkan oleh Menteri Hukum dan HAM.

Alat bukti ini dapat dijadikan sebagai dasar penolakan dan mencegah pihak lain memakai merek yang sama secara keseluruhan atau sama pada pokoknya untuk barang/jasa yang sejenis.

Pemilik merek terdaftar tersebut berhak untuk mengajukan gugatan pembatalan merek ke Pengadilan Niaga, melaporkan tindakan pembajakan merek sebagai tindak pidana, dan melakukan penyelesaian sengketa melalui arbitrase atau alternatif penyelesaian sengketa lainnya.

Mempunyai Usaha tapi belum Mendaftarkan Mereknya?

Apabila kita telah mempunyai suatu merek Dagang, sebaiknya segera daftarkan ke Dirjen HKI (Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual), jangan sampai Merek Dagang yang telah lama dibina, di jaga proses pembuatan dan Quality controlnya, telah di promosikan di semua lini, malah di tuntut oleh orang lain yang mereknya sama dengan Anda, tetapi telah terdaftar di Ditjen HKI.

Tujuan dari pendaftaran merek adalah agar merek tersebut dapat dikenali dan mendapatkan kepercayaan dari Konsumen, ada yang bertanggungjawab terhadap produk apabila ada yang komplain.

Mengontrol kapasitas produksi dan perlindungan agar merek tersebut tidak disalah gunakan oleh orang lain, apabila terjadi plagiasi Anda mempunyai kekuatan hukum untuk menuntut pemakai merek untuk kelas dan jenis barang/jasa yang sama.

Untuk Pengajuan Permohonan merek bisa dilakukan secara online atau manual. Untuk pengajuan permohonan pendaftaran merek online bisa mengunjungi laman dgip.

Pelayanan elektronik ini adalah terobosan terbaru dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual agar masyarat bisa mendaftarkan secara elektronik dari manapun dan kapanpun juga, keuntungannya adalah dengan online biaya lebih murah dibandingkan dengan pendaftaran manual.

pendaftaran merek online mudah

Panduan Pendaftaran Merek Online 2019

Pendaftaran merek online bisa diakses melalui aplikasi merek atau aplikasi permohonan yang ada di laman dgip. Untuk panduan ini akan menjelaskan pendaftaran merek online melalui aplikasi merek. Isikan alamat web dgip pendaftaran merek pada browser komuper.

Untuk memulai permohonan pendaftaran oline, login sebagai pemohon terlebih dahulu, masukkan email sebagai username dan password kemudian klik tombol login. Sistem akan menampilkan ke halaman utama aplikasi. Pilih menu Permohonan Online.

Klik tombol Tambah untuk membuat permohonan baru. Kemudian  pilih tipe pemohonan dan jenis permohonan. Sebagai contoh tipe permohonan : Merek Dagang dan jenis permohonan : Umum.

Kemudian klik tombol detail kelas (barang/jasa). Akan muncul pop up pilihan kelas barang/ jasa. Masukkan uraian barang/jasa sebagai contoh masukkan Telur. Kemudian klik tombol cari.

Sistem akan memunculkan data uraian barang/jasa sesuai dengan kata yang di input. Pilih uraian barang/jasa dan beri tanda ceklis pada kelas yang dipilih. Lalu klik tombol Pilih.

Jika pemohon pendaftaran merek online akan melakukan pemesanan lebih dari satu kelas, lakukan langsung ceklis pada beberapa kelas, kemudian baru klik tombol Pilih.

Lalu field kelas akan terisi dan menghitung data yang di ceklis jika uraian barang/jasa untuk lebih dari satu kelas. Kemudian klik tombol Pesan Kode pembayaran.

Jika Anda sudah mengetahui jumlah kelas yang akan dibayarkan untuk pengajuan permohonan, Anda dapat langsung memesan kode pembayaran pada halaman dgip.

Setelah melakukan Pembayaran , kembali ke halaman permohonan online  klik tombol Tambah. Setelah itu klik tombol Sudah. Akan muncul halam tab general. Pada halaman tab general dalam pendaftaran merek online pilih Tipe pemohon. Ada beberapa pilihan diantaranya :

1. Merek Dagang : untuk merek dagng, dengan pilihan kelas dagang 1-34.

2. Merek Jasa : untuk merek jasa, dengan pilihan kelas 35-45.

3. Merek Dagang dan Jasa : untuk merek yang memiliki kelas dagang dan jasa dengan minimal pembayaran 2 kelas dan wajib memilih kelas 1-34 dan 35-45.

4. Merek Kolektif : untuk merek kolektif dengan pilihan kelas 1-45.

Masukkan kode pembayaran yang sudah dipesan pada aplikasi kemudian klik tombol Check.

Setelah berhasil memasukkan kode pembayaran, klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk menyimpan data. Kemudian lanjutkan untuk pengisian data dan identitas diri. Jika data pemohon telah sesuai kemudian klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

Pemohon pendaftaran merek online harus memilih tipe merek yang akan diajukan. Untuk tipe merek tiga dimensi, hologram dan suara wajib memasukkan data label merek tambahan.

Selanjutnya dalam pendaftaran merek online akan menampilkan tab kelas. Klik tombol Tambah di halaman tab kelas, kemudian sistem akan menampilkan pop up tambah kelas. Lakukan pencarian kelas dengan memilih nomor kelas atau mengisi uraian Bahasa atau uraian English.

Setelah pemohon pendaftaran merek online mengisi data kelas selanjutnya sistem akan menampilkan pop up tambah dokumen. Pilih Jenis Dokumen yang ingin di tambahkan, masukkan Keterangan dan Upload File. File yang wajib diupload adalah tanda tangan pemohon untuk surat pernyataan.

Klik tombol Download untuk mengunduh lampiran dokumen yang di upload dan pengecekan apakah dokumen yang di upload sudah benar. Klik tombol Hapus jika ingin menghapus lampiran dokumen.

Pastikan dokumen yang Anda upload benar dan sesuai. Jika telah selesai menambah Dokumen Lampiran, klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

Jika Pemohon ingin melihat permohonan online yang sudah selesai, klik tombol Tanda Terima dan Surat Pernyataan untuk download file dalam bentuk PDF. Dengan cara klik tombol Tanda Terima, kemudian sistem akan menampilkan file yang telah dipilih untuk dicetak dalam bentuk PDF.

Pendaftaran online memang sedikit merepotkan, akan tetapi merek harus didaftarkan agar memiliki perlindungan hukum. Jika tidak ingin repot, serahkan saja kepada konsultan yang ahli dibidang pendaftaran merek dan mempunyai jam terbang cukup untuk mengurus pendaftaran merek dagang Anda, akan lebih mudah dan efisien.

pendaftaran merek online terjangkau

Syarat & Tata Cara Pengajuan Pendaftaran Merek Online

Persyaratan permohonan pendaftaran merek online harus memuat:

a. Tanggal, bulan dan tahun permohonan.

b. Nama lengkap, kewarganegaraan dan alamat pemohon.

c. Nama lengkap, alamat kuasa jika permohonan yang diajukan melalui kuasa.

d. Nama negara dan tanggal permintaan merek yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dengan Hak Prioritas.

e. Label merek dengan ukuran paling kecil 2 x 2 cm (dua kali dua sentimeter) dan paling besar 9 x 9 cm (sembilan kali sembilan sentimeter). Untuk pengajuan permohonan online label merek disimpan dalam bentuk digital dengan format JPG.

f. Warna jika Merek yang dimohonkan pendaftarannya menggunakan unsur warna.

g. Kelas barang dan/atau kelas jasa serta uraian jenis barang dan/atau jenis jasa.

h. Pembayaran biaya permohonan.

i. Pemohon harus mengisi formulir secara elektronik melalui laman resmi Direktorat Jenderal.

j. Pemohon juga harus mengunggah/upload dokumen jika menggunakan kuasa (Konsultan KI) dan jika ada hak prioritas.

k. Untuk permohonan online, surat penyataan kepemilikan merek dan formulir permohonan pendaftaran akan dihasilkan oleh sistem, pemohon hanya menggungah/upload dokumen tanda tangan pemohon dan/atau kuasa.

l. Setiap permohonan memuat kelas barang dan/atau jasa. Kelas barang dan/atau jasa memuat jenis barang dan/atau jasa.

m. Ketentuan mengenai kelas barang dan/atau jasa.

n. Jika merek yang diajukan berupa bentuk 3 (tiga dimensi), label merek yang dilampirkan dalam bentuk karakteristik dari merek tersebut yang berupa visual dan deskripsi klaim perlindungan.

o. Jika merek yang diajukan berupa suara, label merek yang dilampirkan berupa notasi dan rekaman suara.

p. Jika merek yang diajukan berupa suara yang tidak dapat ditampilkan dalam bentuk notasi, label merek yang dilampirkan dalam bentuk sonogram.

q. Jika merek yang diajukan berupa hologram, label merek yang dilampirkan berupa tampilan visual dari berbagai sisi.

Pendaftaran merek pada domain name di indonesia harus didasari dengan iktikad baik dan tidak akan merugiukan kepentingan atas keberadaan domain name yang di ajukan.

Pengajuan domain name juga akan diberikan pernyataan untuk menjamin dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri terhadap sengketa yang berkenaan dengan nama domain tersebut.

Domain name yang didaftarkan berfungsi sebagai alamat dan nama dalam msistem jaringan komputerisasi dan telekomunikasi, lebih bersifat sebagai amanat yang diberikan masyaratak hukum pengguna internet, ketimbang sebagai suatu property.

Berbeda dengan merek yang mengembang asas first to file, domain name berasas universal yakni first come first server basis. Dalam proses pendaftaran online tidak ada pemeriksaan subtantif oleh Dirjen HKI. Sepanjang tidak dapat dibuktikan beriktikad tidak baik, maka perolehan domain name bukanlah tindak pidana.

Pendaftaran merek ppt bisa diakses melalui google salah satunya pada laman https://slideplayer.info/slide/2909180/. Dalam ppt tersebut menjelaskan mengenai pendaftaran merek.

pendaftaran merek online terpercaya

Perpanjangan Merek Dagang

Menurut Pasal 35 ayat (1) UU Merek dan Indikasi Geografis, merek yang terdaftar mendapat pelindungan hukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan permohonan pendaftaran merek dagang yang telah memenuhi persyaratan minimum. Jangka waktu perlindungan hukum ini dapat diperpanjang untuk jangka waktu yang sama.

Adapun permohonan perpanjangan perlindungan merek dapat diajukan melalui pendaftaran merek online atau manual dalam bahasa Indonesia oleh pemilik merek atau kuasanya dalam jangka waktu enam bulan sebelum berakhirnya jangka waktu pelindungan bagi merek terdaftar dengan dikenai biaya.

Permohonan perpanjangan pendaftaran merek online ini masih dapat diajukan dalam jangka waktu paling lama enam bulan setelah berakhirnya jangka waktu pelindungan merek terdaftar tersebut dengan dikenai biaya dan denda sebesar biaya perpanjangan.

Permohonan perpanjangan pendaftaran merek online disetujui jika pemohon melampirkan surat pernyataan mengenai merek yang bersangkutan masih digunakan pada barang atau jasa sebagaimana dicantumkan dalam sertifikat merek; dan barang atau jasa masih diproduksi dan/atau diperdagangkan.

Perpanjangan jangka waktu pelindungan merek terdaftar ini kemudian dicatat dan diumumkan dalam Berita Resmi Merek.

Hal yang Perlu Dipahami tentang Pendaftaran Merek Online

Anda yang sedang merintis bisnis dan punya keseriusan untuk menjalankan bisnis dalam jangka panjang. Anda sebaiknya melakukan persiapan dan perencanaan dengan matang. Satu hal yang harus Anda lakukan adalah pendaftaran merek dagang Anda.

Merek dagang dapat mengembangkan dan mendukung legalitas bisnis Anda. Beberapa dari Anda mungkin berniat untuk membuat brand secara online. Sebelum Anda melakukan pengurusan merek online, Anda perlu membaca ulasan berikut ini.

daftar merek

1. Tentang Pendaftaran Merek Online.

Pendaftaran pendaftaran brand merupakan salah satu cara untuk mempermudah orang mengajukan permohonan pendaftaran. Hal ini sudah diberlakukan dan sebenarnya bisa dilakukan. Sayangnya, pendaftaran merek online hanya dapat diakses oleh kalangan terbatas. Pengurusan ijin merek online bisa diakses dalam fitur e-filling.

2. Ada Beberapa Formulir Pendaftaran Merek Dagang yang Dapat di Unduh Secara Online.

Pendaftaran merek online memang tidak dapat diakses oleh umum. Tetapi Anda dapat mengunduh beberapa formulir serta beberapa berkas penting untuk pendaftaran hak merek atau hal lain terkait dengan merek dagang.

Beberapa formulir yang dapat diunduh diantaranya, formulir untuk permohonan merek, surat pernyataan terkait lisensi, formulir untuk keperluan perpanjangan merek, dan lainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Ini Alasan Penting Anda harus Mendaftarkan Merek Dagang

1. Mendapat Perlindungan secara Hukum.

Sebagai negara hukum, Indonesia memberikan perlindungan dan melakukan pengaturan dengan dasar hukum yang diakui negara. Salah satu hal yang dilindungi negara adalah hak kekayaan intelektual termasuk merek dagang. Ketika Anda mengurus hak paten merek dagang bisnis Anda dan sudah mendapat pengesahan dari pemerintah.

Secara hukum merek dagang yang Anda daftarkan akan dilindungi oleh hukum negara. Perlindungan hukum terhadap merek dagang akan menjaga Anda dari tindakan penjiplakan maupun penyalahgunaan atas merek dagang bisnis Anda.

Persoalan tersebut bisa saja terjadi dalam persaingan bisnis yang tidak sehat. Hal inilah yang menjadi salah satu pentingnya mendaftar merek dagang Anda. Apabila merek dagang sudah terdaftar.

Merek dagang Anda akan lebih aman dari tindakan tidak terpuji dari pesaing bisnis atau oknum yang mencoba mendapat keuntungan dengan cara yang tidak tepat. Keamanan penyalahgunaan merek dagang Anda akan terjamin secara hukum.

Jadi, seandainya ada tindakan penyalahgunaan merek dagang bisnis Anda. Secara hukum Anda bisa melakukan penuntutan dan membawa kasus tersebut ke pengadilan. Keterjaminan hukum menjadi alasan penting bagi Anda untuk mematenkan merek dagang.

Anda bebas memilih menggunakan jasa konsultan merek untuk pendaftaran pendaftaran brand. Hal yang terpenting adalah Anda segera mendaftarkan merek dagang Anda.

2. Waktu Perlindungan yang Cukup Panjang.

Berdasarkan undang-undang, merek dagang yang terdaftar akan mendapat perlindungan dalam kurun waktu 10 tahun setelah merek dagang diakui secara resmi oleh pemerintah.

Perlindungan selama 10 tahun tentu saja sudah mencukupi bagi para pelaku bisnis. Merek dagang yang waktu perlindungannya sudah habis harus dilakukan perpanjangan.

Prosedur perpanjangan merek dagang tidak sama dengan mematenkan merek. Ada beberapa syarat suatu merek dagang bisa diperpanjang yakni, merek dagang masih sesuai dengan sertifikat merek. Selain itu, merek dagang yang akan diperpanjang juga harus aktif diproduksi dan dipasarkan.

3. Menambah Nilai dan Citra Bisnis Anda.

Kelegalan suatu perusahaan dapat menjadi pengukur bahwa bisnis tersebut memiliki potensi. Ketika Anda membuat nama brand Anda. Merek Anda akan diakui banyak pihak terutama pemerintah.

Hal ini tentu meningkatkan citra bisnis perusahaan Anda. Jika citra perusahaan Anda makin baik, hal ini bisa meningkatkan bisnis Anda di mata para investor dan konsumen, sehingga berdampak pada baik pada bisnis Anda ke depannya.

4. Anda bisa Bebas Mengembangkan Bisnis.

Adanya merek dagang akan memberi rasa aman bagi Anda dan perusahaan. Selain itu, Anda dapat memperluas pasaran Anda tanpa takut ada yang mencoba menyalahgunakan merek dagang Anda. Merek dagang akan membuat bisnis Anda lebih eksklusif.

Hal ini bisa berguna untuk memperluas bisnis Anda. Salah satu ekspansi bisnis yang bisa Anda cobakan ketika merek Anda sudah terdaftar baik lewat membuat nama brand dari jasa konsultan atau secara mandiri adalah waralaba. Bisnis ini sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan usaha Anda secara cukup drastis.

Waralaba sangat digemari dalam beberapa tahun terakhir ini. Pengembangan bisnis dengan cara ini dapat meningkatkan keuntungan Anda berkali-kali lipat.

5. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Bisnis Anda.

Kebanyakan konsumen mengutamakan keamanan ketika mereka menggunakan suatu produk atau jasa. Salah satu hal yang bisa membuat rasa aman pada konsumen yaitu merek dagang yang punya reputasi dan tepercaya.

Kelegalan merek dagang Anda dapat menjadi nilai lebih dari bisnis yang Anda jalankan. Merek dagang terdaftar juga membuat bisnis Anda lebih profesional sehingga menarik minat konsumen.

Anda juga dapat melindungi konsumen Anda dari kebingungan saat ada yang memalsukan produk merek dagang Anda. seandainya merek dagang Anda tidak dilegalkan.

Ada kemungkinan orang menggunakan nama merek dagang Anda untuk produk yang mereka buat. Hal ini tentu bisa membuat konsumen Anda bingung dan tertipu. Konsumen Anda akan lebih terlindungi.

6. Produk dan Bisnis Anda jadi Lebih Berkualitas.

Dalam perkembangan bisnis produk memegang peranan yang penting. Produk yang berkualitas dapat mengundang banyak konsumen untuk membeli produk yang Anda jual. Kualitas produk tidak hanya didapat dengan peningkatan proses produksi tetapi juga membuat branding.

Ketika merek dagang Anda sudah mendaftarkan hak paten merek online. Produk Anda akan terjaga keamanannya. Hal ini bisa terjadi karena produk dengan merek dagang Anda akan terhindar dari pemalsuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sebab, ada kalanya merek dagang yang tidak terdaftar, produknya dipalsukan dengan kualitas yang buruk sehingga menurunkan kepercayaan dan reputasi bisnis Anda.

7. Bisa Membantu Promosi Anda.

Hak paten merek dapat menjadi sarana Anda untuk berpromosi. Kebanyakan merek dagang yang terdaftar akan mendapat liputan dan siarkan. Hal ini bisa menjadi cara tidak langsung untuk mengenalkan merek Anda ke khalayak umum. Dengan demikian, merek Anda akan lebih banyak dikenal orang.

pendaftaran merek online aman

Saat yang Tepat untuk Mendaftarkan Merek Dagang

1. Lebih Cepat Lebih Baik.

Banyak pembisnis pemula yang kebingungan untuk menentukan waktu terbaik untuk membuat branding mereka. Makin cepat Anda membuat hak paten merek Anda, maka Anda akan lebih banyak mendapat keuntungan. Pendaftaran yang lebih dini sangat baik karena proses pengurusan merek dagang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Alasan utama Anda harus segera mematenkan merek dagang Anda secepatnya adalah berlakunya prinsip first to file. Prinsip ini berarti orang yang lebih dahulu membuat nama brand dan sudah mendapat pengakuan, ia lebih berhak atas merek tersebut sekalipun Anda yang lebih dahulu menciptakannya.

Hal ini bisa sangat merugikan Anda dan bisnis Anda, sebab kemungkinan besar Anda tidak boleh menggunakan merek tersebut dan secara hukum Anda tidak terlindungi.

2. Merek Dagang yang Sudah Lama Dipakai bisa Tetap Didaftarkan.

Dalam hal hak paten terdapat syarat keaslian atau kebaruan. Sedangkan pada merek dagang tidak menggunakan syarat tersebut. Hal ini berarti Anda bisa tetap melakukan pendaftaran hak paten merek dagang yang sudah Anda gunakan dan dipasarkan sejak lama.

Tentunya, dengan syarat merek Anda belum pernah terdaftar atau didaftarkan oleh pembisnis lain.

Apabila Anda sampai sekarang belum melakukan pendaftaran hak merek dagang Anda. Segeralah melakukannya supaya Anda tidak didahului orang lain yang sebenarnya tidak ‘berhak’ atas merek dagang tersebut.

Anda bisa melakukan pendaftaran hak merek dengan memakai jasa konsultan atau mendaftarkan sendiri merek Anda dengan mengikuti ketentuan yang ada.

pendaftaran merek

Tips Melakukan Pendaftaran Merek agar Lancar

1. Mencari Berbagai Informasi Penting tentang Pendaftaran Merek Dagang.

Sebelum Anda melakukan pendaftaran merek online atau mendatangi kantor kepengurusan secara langsung. Anda harus mencari informasi terkait merek dagang dan cara pendaftarannya dengan sebaik mungkin.

Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari internet. Cari tahu beberapa hal terkait, tahapan pendaftaran merek, lama waktu proses pendaftaran merek, berkas yang diperlukan dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk memahami secara singkat perbedaan beberapa jenis hak kekayaan intelektual. Supaya Anda tidak salah mendaftar. Perhatikan juga hal-hal yang terkait dengan aturan dan ketentuan permohonan pendaftaran merek dagang supaya Anda tidak salah mengerti.

Pemahaman yang baik terkait dengan pembuatan merek dapat memperlancar dan mempermudah Anda dalam mengurus pendaftaran langsung ataupun pendaftaran merek online.

2. Menyiapkan Persyaratan dengan Baik.

Sama halnya dengan urusan administrasi pada umumnya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pendaftaran merek online atau langsung bisa dilakukan.

Anda sebaiknya menyiapkan persyaratan pendaftaran merek dengan baik. Untuk memudahkan Anda, lebih baik Anda membuat daftar persyaratan registrasi merek. Catatlah berkas yang diperlukan dan siapkan satu persatu.

Setelah semua berkas telah siap. Anda bisa melakukan pengecekan persyaratan dengan mengecek pada daftar yang sudah Anda buat, beri tanda pada syarat pendaftaran merek yang sudah siap.

Dengan hal sederhana tersebut Anda bisa memastikan bahwa berkas persyaratan Anda lengkap, sehingga proses pendaftaran dapat berjalan dengan efektif.

3. Mengikuti Petunjuk yang Diberikan.

Dalam setiap prosedur administratif pasti akan disertai dengan beberapa petunjuk Anda ketentuan. Hal ini bermanfaat untuk memastikan bahwa proses berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan para pemohon mendapat kejelasan tentang proses mendaftarkan brand.

Hal yang sama juga terjadi pada pendaftaran merek dagang secara langsung dan pendaftaran merek online. Supaya Anda tidak salah prosedur, bacalah dengan baik petunjuk pendaftaran. Ikuti aturan yang berlaku sehingga proses pendaftaran Anda berjalan dengan lancar.

Kesalahan dalam menjalankan petunjuk pendaftaran dapat merugikan Anda. Pahami tata cara pendaftaran merek, tempat pengajuan berkas, serta penjelasan lainnya.

4. Mengecek Halaman Pengumuman.

Hal yang tidak kalah penting saat melakukan pendaftaran merek online atau langsung yakni melakukan pengecekan proses secara rutin. Pada setiap proses biasanya sudah ada jangka waktunya tersendiri.

Nantinya pengajuan merek dagang Anda akan disiarkan dalam berita resmi dalam situs HAKI. Anda harus selalu mengecek pengumuman secara rutin akan mengetahui perkembangan pengajuan Anda.

5. Siapkan Dana yang Mencukupi.

Pendaftaran merek online maupun registrasi merek langsung memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Selain proses yang cukup memakan waktu, pendaftaran merek juga membutuhkan biaya.

Maksud dari biaya ijin merk dalam hal ini tidak saja berupa dana yang Anda keluarkan untuk keperluan persiapan persyaratan tetapi juga proses pendaftaran juga memerlukan pembayaran dalam jumlah tertentu.

pendaftaran merek online murah

Besarnya biaya pendaftaran merek sangat bergantung pada cara membuat ijin merek Anda. Untuk mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pendaftaran merek online atau offline.

Anda dapat mengecek secara langsung pada salah satu halaman dalam situs HAKI. Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk setiap keperluan pengurusan pendaftaran merek dagang akan berbeda-beda. Misalnya, besaran biaya perpanjangan merek akan berbeda dengan biaya mengurus izin merek awal.

Penggunaan Jasa Konsultan Merek untuk Melakukan Pendaftaran Merek Anda.

1. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga.

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang pendaftaran merek online atau langsung. Anda mungkin merasa prosesnya sangat rumit. Apabila Anda merasa keberatan dengan proses pendaftaran merek dagang. Ada bisa menggunakan jasa konsultan merek yang terpercaya untuk membantu Anda dalam mengurusi pendaftaran merek Anda.

Penggunaan jasa konsultan berlisensi akan sangat meringankan beban Anda. Terlebih bagi Anda yang sangat sibuk dengan urusan bisnis yang Anda jalani. Jasa konsultan hki terdaftar dapat membantu Anda mengurus pendaftaran merek online atau secara offline.

Dengan begitu, Anda akan menghemat tenaga dan waktu Anda, sehingga bisa dipergunakan untuk menangani bisnis Anda.

2. Proses Pemberkasan Lebih Mudah.

Seperti yang Anda mungkin telah ketahui. Dalam pengurusan pendaftaran merek online maupun offline. Diperlukan formulir pendaftaran merek serta dokumen pendukung yang sesuai dengan ketentuan. Ada banyak berkas yang perlu mulai dari surat kuasa sampai etiket merek.

Bagi Anda yang asih awam dengan berbagai tipe pemberkasan untuk pendaftaran merek dagang. Anda bisa menggunakan jasa konsultan merek.
Jasa konsultan HKI yang sudah berpengalaman dapat membantu Anda mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk mengurus pendaftaran merek online atau offline.

Apabila Anda merasa kesulitan dan mengalami hambatan dalam pemberkasan jasa konsultan HKI dapat menolong Anda menyiapkan semua berkas sebaik mungkin.

3. Mendapat Masukan yang Berguna.

Apabila Anda seorang pemula yang belum memahami seluk beluk merek dagang. Anda mungkin akan dibuat bingung dengan prosedur pendaftaran merek serta istilah dalam pendaftaran merek dagang.

Kebingungan Anda tersebut, tentu bisa menghambat kelancaran proses mendaftar merek Anda. Hal tersebut tidak perlu terjadi jika Anda menggunakan jasa konsultan merek, para konsultan dapat mempermudah proses pendaftaran merek Anda secara resmi.

Jasa konsultan HKI terdaftar juga bisa memberikan Anda saran dan masukan yang sangat bermanfaat. Anda dapat pula bertanya berbagai hal tentang merek dagang. Bagi Anda yang mengalami masalah terkait pelanggaran tentang merek dagang.

Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan merek untuk lebih memahami aturan hukum dan perlindungan hak atas merek dagang. Pendaftaran merek online seperti yang telah disebutkan di atas, belum bisa digunakan secara umum.

Hanya pihak tertentu yang mendapat akses untuk melakukan pendaftaran dengan cara tersebut. Pendaftaran merek sangatlah penting walaupun prosesnya tidak mudah. Penggunaan jasa konsultan merek merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin membuat merek dengan mudah dan efektif.

Pemohon cukup mengirimkan data melalui online (email) kemudian Konsultan yang akan mengurus semua pendaftaran. Pendaftaran merek online akan memudahkan pendaftar dalam negeri maupun luar negeri, sehingga lebih hemat dan efisien.

Salah satu Konsultan HKI terdaftar yang dapat membantu pendaftaran merek online dari luar negeri adalah Patendo, pemohon pendaftaran online hanya perlu mengirim data untuk persyaratan. Patendo siap membantu Anda, email cs@patendo.com atau kunjungi www.patendo.co.id

Apapun jenis barang / jasa yang andapasarkan harus dilindungi agar tidak digunakan orang lain baik berupa obat, obat diet, beras, sembako, buku, jilbab, hijab, kosmetik, sabun,make up, skincare, deterjen, bulu mata, masker wajah, parfum, lipstik, cream bedak, fashion, pakaian, sepatu, sandal, clothing, jaket, tas, baju, baju muslim, batik, baju koko, kemeja, kerudung, jilbab bordir, pakaian anak kecil, jeans, konveksi, sandal jepit, restoran, kuliner.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.