021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pengalihan Hak Merek Terdaftar | Syarat dan Manfaat – Patendo

pengalihan hak merek terdaftar

Ingin melakukan pengalihan hak merek terdaftar? Patendo siap membantu anda dalam pengalihan hak merek. Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah pengalihan merek usaha. Hak atas merek merupakan suatu hak yang diterima oleh pemilik merek usaha terdaftar dari lembaga yang berwenang.

Sebuah brand atau merek yang sudah didaftarkan tersebut, nyatanya bisa dialihkan atau dipindahtangankan ke pihak lain. Adapun aktivitas pengalihan ini memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu informasi untuk pihak lain. Informasi tersebut menyatakan bahwa merek terdaftar tersebut sudah dialihkan dan menjadi kepunyaan pihak lain.

Hal ini guna mencegah terjadinya penolakan pada saat pemeriksaan substantif ketika sang pemilik yang baru melakukan permohonan untuk mendaftarkan merek dengan nama yang tidak berbeda untuk produk atau jasa yang serupa.

Lalu faktor apa saja yang membuat merek dialihkan ke pihak lain? Bagaimana syarat yang harus dipenuhi guna mendukung adanya pengalihan hak merek ini? Untuk mengetahui lebih dalam, simaklah pembahasannya di bawah ini.

Mengetahui Syarat dan Manfaat Penting dari Pengalihan Hak Merek

Proses mengenai pengalihan merek usaha diatur dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Indikasi Geografis pada pasal 41 hingga pasal 42. Menurut Undang-undang tersebut, hak atas merek yang terdaftar bisa dialihkan ke pihak lain karena beberapa hal. Berikut adalah faktor penyebabnya:

1) Pewarisan

2) Wasiat

3) Wakaf

4) Hibah

5) Perjanjian

6) Alasan lainnya yang disetujui oleh peraturan perundang-undangan (Perpu).

Hal yang dimaksud dari alasan lainnya yang disetujui oleh peraturan perundang-undangan yaitu berbagai macam akibat yang menyebabkan suatu peristiwa hukum yang saling menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Contohnya saja berubahnya status kepemilikan suatu merek yang dikarenakan terjadinya restrukturisasi, pembubaran badan hukum, akuisisi (mengambilalihkan perusahaan), ataupun merger (gabungan dari beberapa perusahaan yang menyatu).

Pengalihan hak merek usaha tersebut tentunya sangat wajib untuk dicatatkan. Jika tidak dilakukan pencatatan mengenai proses pengalihan ini, maka pihak ketiga tidak akan terkena dampak hukum. Sebab, penentuan yang diakibatkan hukum tersebut akan berjalan setelah proses pencatatan pengalihan hak atas merek usaha.

Hal tersebut supaya pengawasan akan lebih dipermudah dan kepastian hukum akan terwujud. Tidak hanya berlaku pada brand yang telah didaftarkan saja, pengalihan ini juga bisa terjadi pada merek yang masih dalam tahap proses permohonan.
Ketika sang pemohon hendak mengajukan permohonan untuk mengalihkan hak, maka dia harus memberikan lampiran berupa berkas pendukung yang lainnya.

Berkas-berkas tersebut yaitu sertifikat merek terdaftar serta bukti lainnya yang mendukung dalam kepemilikan hak merek tersebut, seperti akta ataupun surat bukti hak yang dialihkan.

Syarat penting dalam permohonan pengalihan hak merek

Syarat penting dalam permohonan pengalihan hak merek

Untuk mengajukan permohonan pencatatan pengalihan merek usaha yang didaftarkan secara resmi, dilakukan oleh pemilik merek ataupun kuasanya. Proses pencatatan ini bisa dilakukan secara online melalui jasa konsultan merek HKI.
Dalam proses pengajuan permohonan untuk pengalihan hak merek usaha, pemohon perlu menyiapkan persyaratan seperti berikut ini:

1. Untuk warga negara Indonesia, sertakan fotokopi KTP dari kedua belah pihak.

2. Untuk warga negara asing, sertakan fotokopi KITAS atau KITAP pemohon.

3. Jika dari suatu badan usaha, sertakan fotokopi NPWP Perusahaan dan KTP direktur.

4. Surat permohonan untuk mengalihkan hak merek.

5. Fotokopi sertifikat merek terdaftar ataupun bukti permohonan.

6. Bukti untuk pengalihan hak merek usaha yang terdiri dari:

a) Surat penetapan waris

Surat penetapan waris adalah surat yang menentukan siapa yang akan menjadi ahli waris, menentukan tentang harta peninggalan, menentukan pembagian harta peninggalan, serta menentukan bagian masing-masing ahli waris. Surat penetapan waris ini ditulis oleh sang pewaris dan dikeluarkan oleh Pengadilan Agama.

b) Surat wasiat

Surat wasiat merupakan pemberian dari seseorang ke orang lain, dalam hal ini adalah hak merek usaha yang dimilikinya. Di mana surat wasiat yang sah tersebut perlu dilaksanakan oleh sang ahli waris setelah orang yang memberi surat wasiat ini meninggal.

c) Akta wakaf

Akta wakaf adalah surat bukti yang menyatakan keinginan seseorang untuk memberikan hak merek kepunyaannya untuk dikelola oleh pihak lain. Hal tersebut sudah disesuaikan dengan peruntukan hak merek wakaf yang tercantum dalam bentuk akta.

d) Akta hibah

Akta hibah merupakan berkas lainnya yang menjadi syarat pengalihan merek usaha. Biasanya akta hibah dibuatkan apabila seseorang ingin menyerahkan apa yang dimilikinya ke orang lain dengan berbagai macam alasan tanpa adanya proses jual beli. Adapun akta hibah ini menjadi sebuah pengikat bahwa hal yang telah dipindahkan dari pihak satu ke pihak yang lainnya, tidak bisa dimintakan biaya pembelian maupun ditarik lagi.

e) Akta perjanjian

Akta perjanjian adalah surat dari hasil kesepakatan yang dilakukan oleh dua belah pihak atau lebih guna mengerjakan berbagai hal yang sudah disepakati. Contohnya seperti surat perjanjian melakukan jual beli, perjanjian menyerahkan hak atas merek, dan lain sebagainya.

7. Apabila pemohon memakai jasa konsultan merek HKI dalam proses pengajuannya, maka harus menyertakan surat kuasa yang sudah disediakan oleh jasa konsultan merek HKI.

8. Jika dari sebuah badan usaha, sertakan surat kuasa perusahaan yang disediakan oleh jasa konsultan merek HKI.

9. Surat pemakaian hak merek oleh yang menerima hak merek tersebut dan diberikan materai. Surat ini akan disiapkan oleh jasa konsultan merek HKI.

10. Apabila penerima pengalihan ini berasal dari badan hukum, harus menyertakan fotokopi akta mendirikan badan usaha yang resmi.

11. Bukti pembayaran biaya pengalihan hak merek.

Akan tetapi jika permohonan untuk pengalihan dan dokumen pendukung tersebut ditulis di dalam bahasa asing, maka sang pemohon perlu melampirkan dokumen yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Di mana penerjemahan tersebut dikerjakan oleh penerjemah yang resmi.

Jika semua dokumen persyaratan tersebut dianggap telah mencukupi semua syarat yang ada, maka harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap permohonan pengalihan merek. Di mana pemeriksaan tersebut dimulai sejak tanggal pengajuan permohonan diterima dan berlangsung selama 15 hari.

Bagi berkas persyaratan yang sudah dinyatakan lengkap, dalam kurun waktu maksimal 6 bulan sejak tanggal penerimaan permohonan, akan dilaksanakan pencatatan mengenai pengalihan merek terdaftar. Seperti yang sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (PermenKumHam) nomor 67 tahun 2016 pasal 45, nantinya hal itu akan diumumkan pada lembaga yang berwenang.

Jika pelaksanaan pencatatan di lembaga terkait sudah membuahkan hasil, langkah selanjutnya sang pemohon atau kuasa akan mendapatkan surat pemberitahuan secara resmi. Surat pemberitahuan ini disampaikan dalam kurun waktu maksimal 15 hari sejak tanggal dilakukannya pencatatan pada pengalihan.

Kendala dalam proses pengalihan hak merek usaha

3 Kendala dalam proses pengalihan hak merek usaha

Dalam proses pengalihan, tentu saja ada berbagai macam kendala yang sering terjadi. Berikut ini adalah beberapa kendala yang harus dihadapi dalam proses permohonan untuk mengalihkan hak merek usaha.

o Surat wakaf, surat hibah, maupun surat beli yang diajukan di bawah tangan perlu dilegalisasi oleh notaris ataupun lembaga yang berwenang.

o Pada hal pengalihan hak merek dengan cara fatwa waris, maka perlu melampirkan surat yang menyatakan keterangan waris serta surat kematian yang mendapatkan pengesahan dari notaris atau lembaga yang berwenang.

o Pada hal mengalihkan hak badan hukum dengan cara jual beli yang dikerjakan di bawah tangan, maka sang pemohon perlu menyertakan surat persetujuan yang ditulis tangan dari komisaris.

10 Manfaat pengalihan hak merek terdaftar

10 Manfaat pengalihan hak merek terdaftar

Keuntungan yang anda dapatkan dari proses pengalihan merek dagang ini pada umumnya tidak jauh berbeda dari saat pertama kali merek tersebut didaftarkan oleh pemilik aslinya secara resmi. Lalu keuntungan-keuntungan apa saja sih yang bisa diperoleh dari adanya pengalihan atas merek dagang ini. Untuk pembahasan yang lebih lanjut, simaklah 10 manfaat pengalihan hak merek usaha berikut ini:

1. Sebagai alat untuk melakukan promosi

Setelah dilakukannya pengalihan merek tentu saja anda sudah menjadi pemilik merek yang resmi. Dengan adanya merek tersebut tentunya anda bisa lebih efisien dan lebih mudah dalam mengembangkan usaha yang akan dijalani. Adapun dalam kegiatan pemasaran atau promosi barang atau jasa yang dijual, anda hanya perlu menyebutkan nama mereknya saja.

2. Sebagai faktor pembeda dengan produk lainnya

Dengan semakin maraknya usaha-usaha sejenis yang bermunculan, kadang kala produk buatanmu mempunyai kemiripan dengan para pesaing lainnya. Contohnya saja produk handphone yang kini banyak di jual di pasaran dengan berbagai merek seperti Apple, Xiaomi, Samsung, ROG, dan lain sebagainya.

Walaupun produk-produk tersebut memiliki beberapa kesamaan fisik, tetapi setiap mereknya tentunya mempunyai karakteristik dan daya tariknya sendiri di mata konsumen.
Dengan begitu, para konsumen akan menentukan sendiri produk dari merek apa yang akan dipilih dan dipercayai. Oleh karenanya penting untuk para pelaku usaha memiliki dan mendaftarkan merek, karena bisa dijadikan pembeda dari produk satu dengan produk yang lainnya.

3. Mempunyai identitas produk

Merek yang telah didaftarkan pastinya membuat usaha yang telah dijalani mempunyai identitas. Hal tersebut sudah tertuang di dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Indikasi Geografis.

Berdasarkan Undang-undang tersebut, merek bisa mengandung arti sebuah tanda yang penampilannya dibuat secara grafis. Baik berupa logo, kata, angka, huruf, nama, gambar, susunan warna, hologram, suara, 2 dimensi, 3 dimensi, maupun perpaduan dari dua elemen atau lebih. Hal tersebut bertujuan untuk membedakan produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dalam segala aktivitas perdagangan.

Kini berbagai produk atau jasa terbaru yang anda luncurkan mempunyai identitas. Di mana identitas tersebut sangat bergantung kepada strategi branding dalam masyarakat. Apakah dalam mempromosikan merek tersebut sebagai produsen yang banyak menghadiahi bonus, mengedepankan kualitas, atau memiliki harga murah.

Tidak hanya itu, identitas ini juga bisa memberikan label pada produk sebagai gambaran dari kualitas produk. Contohnya seperti yang kita ketahui bahwa produk dengan merek Apple bukan penggambaran dari buah, tetapi suatu brand dari produk elektronik.

4. Menerima hak yang bersifat eksklusif

Apabila Pengalihan merek terdaftar tersebut sudah resmi dialihkan ke dirimu, maka anda akan sepenuhnya mendapatkan perlindungan merek berdasarkan Undang-undang Merek dan Indikasi Geografis. Dengan adanya perlindungan tersebut, maka pihak lain sudah tidak dapat memakai nama merek tersebut tanpa diizinkan oleh pemilik aslinya.

Jika hal itu terjadi, anda dapat menuntutnya berdasarkan hukum yang berlaku. Lain halnya jika anda memberikan izin pihak lain untuk memakai merek usahamu, maka akan dilakukan pemberian izin secara resmi.

5. Nilai aset perusahaan akan semakin bertambah

Branding adalah salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Branding ini sangat berperan penting pada keberlangsungan bisnis. Contohnya saja ketika perusahaan sedang mengalami krisis dan bahkan mau bangkrut, justru branding akan menyelamatinya dengan mengundang berbagai investor. Di mana para investor ini datang untuk menanamkan modalnya.

Apabila merek yang dihibahkan kepadamu sudah terdaftar secara resmi, tentunya nilai branding merek akan semakin berharga. Karena tanpa adanya pengakuan dari negara, merek usaha yang dialihkan tersebut akan digunakan oleh pihak lain secara sembarangan, sehingga membuat nilai jualnya semakin menurun.

6. Merasakan nilai ekonomis

Mempunyai branding yang baik dan sempurna tentunya menjadi impian oleh semua pelaku usaha. Nah, jika merek yang anda punya berhasil melalui proses branding, biasanya basis konsumen yang anda miliki lebih besar. Tidak hanya itu, ketika hendak menerbitkan produk yang baru dijamin masyarakat akan lebih mudah menerimanya.

Pada umumnya, suatu perusahaan yang tidak memberikan identitas atau merek pada produk mereka, biasanya calon konsumen akan kurang mempercayai produk tersebut.

7. Produk akan lebih mudah terjual

Tidak hanya semakin dikenal oleh masyarakat luas, tetapi dengan adanya branding yang cukup kuat, semua produk yang anda jual peluang untuk cepat laris menjadi lebih besar daripada produk dari merek terbaru. Apalagi kualitas yang dimiliki dari merek tersebut terkenal sangat mumpuni, pastinya setiap pembaharuan yang dikeluarkan oleh perusahaan akan lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Nah jadi ketika anda mendapatkan merek dengan branding yang cukup kuat di pasaran, maka untuk menjual berbagai produk lama hingga baru akan lebih dipermudah. Pastinya merek usaha tersebut sudah terdaftar secara resmi dan tidak ada pesaing lain yang mampu mencuri bahkan menirunya.

8. Mempunyai identitas yang resmi

Merek dari hasil pengalihan tersebut tentunya telah didaftarkan dan memiliki status resmi. Itu tandanya akan menaikkan kepercayaan di mata para konsumen. Sebab mereka membeli produk dari merek yang terpercaya, bukan yang abal-abal.

Anda hanya perlu memfokuskan diri dalam melakukan promosi pada merek tersebut, supaya popularitas merek usahamu memiliki jangkauan masyarakat yang lebih luas, tanpa harus takut ada pihak lain meniru ataupun mencurinya. Identitas yang resmi ini akan menjadi salah satu tanda bukti bahwa merek usahamu sangat profesional dan terpercaya.

9. Peluang untuk membuka bisnis semakin terbuka lebar

Dalam dunia bisnis, melakukan kerja sama dengan pihak lain merupakan langkah penting yang wajib dilakukan guna mengembangkan usaha yang dijalani. Semakin banyak pihak yang membantu usahamu, maka akan semakin mendorong kita untuk selalu membuat inovasi yang lebih kreatif dan mengoptimalkan setiap potensi yang ada.

Akan tetapi, masih banyak pihak yang tidak bersedia untuk mengadakan kerja sama dengan merek yang legalitasnya tidak resmi. Apalagi jika anda ingin menjalin suatu kerja sama dengan perusahaan asing, akan lebih sulit lagi untuk mereka mengakui merek yang belum terdaftar secara resmi.

Lain halnya jika merek usaha yang dialihkan ke anda telah terdaftar. Peluang untuk melebarkan usaha justru akan semakin tinggi. Misalnya dengan membuka waralaba, franchise, mengajukan kerja sama ekspor, dan sebagainya.

10. Merek akan menerima perlindungan setelah didaftarkan

Lain halnya dengan hak paten dan hak cipta yang mempunyai persyaratan keaslian (orisinalitas) dan kebaruan (novelty). Perlu anda ketahui jika dilihat dari konsep, merek yang baru akan mendapatkan perlindungan hukum setelah berhasil didaftarkan dan sertifikat merek sudah diterbitkan oleh lembaga terkait.

Dari pengalihan hak merek tersebut, kemudian lahirlah sebuah hak eksklusif yang diterima oleh pemilik merek dari lembaga yang berwenang. Hak eksklusif ini berlaku hingga 10 tahun ke depan, sejak tanggal pemilik merek menerimanya dan bisa dilakukan perpanjangan.

Sekian pembahasan singkat mengenai manfaat penting dan syarat-syarat dokumen yang harus dilengkapi untuk pengajuan pengalihan hak merek usaha. Jadi, merek yang sudah terdaftar nyatanya bisa dialihkan ke pihak lain. Hal itu disebabkan oleh adanya perjanjian warisan, wasiat, wakaf, hibah, dan berbagai alasan lainnya.

Manfaat yang didapati dari adanya pengalihan hak merek ini juga bermacam-macam. Dengan dialihkannya merek usaha terdaftar, diharapkan pihak tersebut dapat menggunakan merek tersebut dengan baik dalam berbagai kegiatan produksi dan perdagangan. Patendo membantu dalam pengalihan hak merek terdaftar anda.

0 0 votes
Article Rating
Bagikan :
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x