Pengertian Reputasi Mereka

Pengertian reputasi merek harus diketahui oleh setiap orang yang hendak atau sedang menjalankan sebuah usaha. Sebab, reputasi merek atau citra merek memiliki peranan penting, terutama dalam pengembangan merek. Hal itu menyangkut kredibilitas yang nantinya dijadikan pedoman oleh calon konsumen untuk mencoba atau membeli suatu produk. Dengan demikian mereka akan memiliki pengalaman tertentu yang bisa menentukan apakah akan loyal pada merek atau oportunis, yakni mudah berpindah ke merek lain. Reputasi merek adalah representasi dari semua persepsi terhadap merek itu sendiri. Jadi, bila konsumen memiliki reputasi positif terhadap suatu merek, sangat mungkin untuk melakukan pembelian.

Pengertian reputasi merek

Sebetulnya, ada banyak sekali pengertian reputasi merek dagang menurut para ahli, salah satunya ialah: sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk di dalam benak konsumen (Mowen, 1994: 82). Reputasi merek mengacu pada skema memori yang berisi pemahaman konsumen atas atribut atau logo usaha dagang, kelebihan, pemakaian, kondisi, pengguna serta karakteristik pemasar/pembuat produk tersebut. Menurut Wijaya, reputasi atau citra merek ialah apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh konsumen ketika melihat atau mendengar suatu merek.

Atau dengan kata lain kesan konsumen terhadap merek tersebut yang lalu menuntun mereka untuk bersikap, apakah ingin membeli, sekedar mencoba atau tidak ingin mencobanya sama sekali. Citra yang terbentuk dari sebuah merek akan mendasari keputusan konsumen untuk mencoba, bahkan setia pada merek tersebut. Umumnya, konsumen sering membeli produk yang mereknya sudah terkenal. Adanya asumsi bahwa semua merek terkenal mudah dicari, selalu tersedia, dapat diandalkan serta mempunyai kualitas tinggi lah yang membuat mereka merasa percaya dan lebih nyaman.

Boush dan Jones mengemukakan bahwa brand image mempunyai beberapa fungsi, antara lain sebagai market entry (pintu masuk pasar), source of added product value (sumber nilai tambah produk) dan channel power (kekuatan dalam penyaluran produk). Berkaitan dengan fungsi pertama, reputasi merek juga berperan dalam hal brand extension, brand alliance dan pioneering advantage. Produk pionir yang memiliki reputasi merek kuat biasanya akan memperoleh keuntungan, sebab bisa mengalahkan produk follower. Hal itu dikarenakan produk follower akan memerlukan biaya yang sangat tinggi untuk menggeser produk pionir.

logo usaha dagang

Memahami pengertian reputasi merek juga dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan merek dari pasar ke pasar. Fungsi kedua, yakni reputasi merek bisa menjadi sumber nilai tambah produk. Para pebisnis mengakui bahwa reputasi merek tidak hanya merangkum pengalaman konsumen atas produk, tapi juga dapat mengubah pengalaman tersebut. Contoh sederhananya, konsumen akan merasa bahwa produk makanan atau minuman yang berasal dari merek favorit atau terkenal memiliki rasa yang jauh lebih baik dibanding kompetitor apabila diuji secara unblinded. Fungsi ketiga adalah sebagai indikator dalam saluran distribusi. Jadi, dalam menghadapi kompetitor, merek tak hanya berperan secara horizontal, melainkan juga vertikal.

Itu digunakan untuk memperoleh saluran distribusi serta mempunyai kontrol dan daya tawar pada persyaratan yang dibuat oleh distributor. Fungsi lainnya, yakni reputasi merek bisa menjadi penyimpan nilai perusahaan atau corporate store of value. Maksudnya, merek adalah penampung hasil investasi iklan dan peningkatan kualitas produk. Perusahaan bisa menggunakannya untuk mengkonversi ide pemasaran menjadi keuntungan yang kompetitif dalam jangka panjang. Menurut Aaker dan Keller, terdapat hubungan antara pengertian dari reputasi merek dan asosiasi merek yang membantu konsumen mengingat kembali segala informasi tentang produk.

HKI

Keller sendiri berpendapat bahwa ada beberapa faktor yang membentuk reputasi atau citra merek, yakni: strength of brand association (kekuatan asosiasi merek), tergantung pada informasi tersebut masuk dan bertahan dalam ingatan konsumen sebagai bagian dari citra merek. Favourability of brand association (keuntungan asosiasi merek), mempengaruhi proses pemasaran karena dengan terciptanya asosiasi merek. Uniqueness of brand association (keunikan asosiasi merek), jadi suatu merek harus mempunyai kelebihan atau keunggulan agar dapat bersaing dengan produk lainnya sekaligus menjadi alasan bagi konsumen dalam memilih merek tertentu.

Keunikan tersebut didasarkan pada atribut, fungsi dan citra produk. Kotler mengatakan bahwa citra merek harus dibangun melalui semua media yang ada dan bisa disampaikan dalam bentuk lambang, visual atau media serta acara. Identitas merek ialah pesan yang disampaikan sebuah merek melalui tampilan produk, nama, logo atau simbol, iklan dan sebagainya. Identitas merek ini sangat berkaitan dengan reputasi merek karena merujuk pada persepsi konsumen terhadap merek itu sendiri. Tapi, masih sering dijumpai perbedaan persepsi antara pesan yang disampaikan oleh pemasar dengan yang diterima oleh konsumen. Sehingga merencanakan pesan dan menyampaikannya pada target pasar merupakan tantangan terbesar mereka.

Seberapa pentingkah mengetahui pengertian reputasi merek dan mengelolanya?

Ditjen HKI

Selama omzet penjualan meningkat dan pemilik usaha memperoleh banyak keuntungan, persoalan merek tidak begitu penting. Tapi, pernyataan tersebut biasanya hanya ada dalam pikiran orang yang tidak memiliki visi. Sebab, seorang manager atau pelaku bisnis biasanya memikirkan bagaimana cara membangun reputasi merek untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Merek adalah salah satu aspek penting serta berguna sebagai pembeda antara produk atau jasa satu dengan lainnya. Merek tersebut bisa berupa nama, simbol, tanda atau hal lain yang dipakai untuk pembanding.

Karena fungsinya tersebutlah merek harus dibuat supaya dikenal oleh banyak orang. Tapi, masalahnya merek yang dimiliki perusahaan dikenal seperti apa? Beruntung bila sejak awal masyarakat mengenalnya sebagai merek yang bagus, bergengsi dan berkualitas. Namun, akan menjadi persoalan berat jika sejak awal kemunculannya telah menimbulkan skandal dan mengakibatkan merek dikenal memiliki citra jelek. Oleh sebab itulah, Anda harus tahu dan paham mengenai pengertian reputasi merek usaha supaya bisa membangunnya dengan citra yang baik dari awal.

Reputasi merek tersebut mengacu pada pendapat atau opini orang lain. Semakin baik reputasi sebuah merek, artinya semakin banyak orang yang memberi penilaian “good and reliable” terhadap merek tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa reputasi merek bisa menjadi pembeda yang mengindikasikan sebuah merek lebih bagus, superior dan berkualitas daripada merek lainnya dalam satu kategori produk.

    Chat WA