Perbedaan Merek Dan Label

Perbedaan merek dan label seringkali kita kurang memahaminya. setiap orang yang mendiami suatu wilayah negara tertentu memiliki hak untuk berkarya dan menciptakan suatu barang. Dimana karya tersebut dapat menjadi sebuah produk yang menunjang kesejahteraan baik bagi dirinya sendiri dan terlebih bagi masyarakat yang membutuhkan produk tersebut. Salah satu langkah untuk mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar adalah dengan memberikan merek serta label pada produk yang telah dihasilkan. Dengan begitu nilai jual dari produk yang telah diciptakan ini jauh lebih tinggi dan memang jauh lebih bernilai di mata masyarakat.

Perbedaan Merek Dan Label

Berbicara mengenai merek dan label dari suatu produk yang telah dihasilkan oleh seseorang, tentunya di Indonesia sendiri sebisa mungkin melindungi hak paten dari merek atau label yang telah digagas oleh seseorang. Hal yang kemudian menjadi persoalan adalah banyak orang yang nyatanya belum terlalu paham mengenai perbedaan merek dan label yang mana memang keduanya ini sering kali dianggap sama. Padahal merek dan label memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Bagaimana penjelasan mengenai pembeda merek dan label ini? Pertama terlebih dahulu membahas mengenai merek. Merek atau suatu brand itu pengertiannya sangat luas sekali. Selain memiliki pengertian yang sangat luas, merek juga memiliki beberapa penggolongan yang mana nantinya akan lebih dijelaskan lebih detail lagi. Tidak hanya merek saja yang memiliki pengertian yang luas dan juga penggolongannya. Melainkan label juga faktanya memilki pengertian yang luas. Untuk itu, bagi Anda yang memang belum terlalu memahami mengenai label dan juga merek sebaiknya menyimak baik-baik penjelasan berikut ini.

Detail dari Perbedaan Merek dan Label

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa merek dan juga label itu sama-sama memiliki pengertian yang cukup panjang dan tidak hanya mengenai pengertiannya semata melainkan juga merek dan juga label ini memiliki penggolongannya sendiri. Diharapkan dengan penjelasan berikut masyarakat akan semakin lebih mengetahui tentang perbedaan merek dan label. Guna membahas mengenai perbedaan merek dan label ini, terlebih dahulu dimulai dari merek, merek atau yang biasa disebut sebagai sebuah brand ini merupakan suatu nama, simbol, istilah dan juga rancangan yang mana nantinya berfungsi untuk memberikan tanda pengenal atas barang atau jasa yang dihasilkan oleh seseorang atau kelompok dan tujuannya adalah untuk membedakan produk tersebut dengan produk lain yang biasanya dihasilkan oleh pesaingnya.

Perbedaan Merek Dan Label

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa merek pun ada penggolongannya yang mana penggolongan merek ini adalah sebagai berikut:

  1. Kepemilikan
    Berdasarkan pemiliknya biasanya merek ini terdiri atas merek produsen dan juga merek distributor.
  2. Luas Daerah Geografis
    Yang mana merek ini biasannya terdiri atas merek nasional yang produknya hanya di skala nasional dan juga merek regional yang mana produknya hanya dipasarkan di daerah penghasil produk itu sendiri.
  3. Tingkat Penting Atau Tidaknya Merek yang Dipakai
    Merek biasanya ada yang merek primer yakni untuk barang-barang yang memang bernilai tinggi dan juga ada merek sekunder untuk barang yang kualitasnya tidak terlalu tinggi
  4. Merek dari Barang yang Dihasilkan.
  5. Untuk merek yang berdasarkan barang dihasilkan ini ada merek individual yakni untuk barang yang hanya terdapat satu macam saja dan ada juga merek kelompok yang biasanya digunakan untuk beberapa macam barang yang telah dihasilkan.

Nah, detail mengenai merek sudah dijabarkan. Jika berbicara mengenai merek maka tentu saja erat kaitannya dengan hak paten yang mana cara mematenkan merek dagang ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan konsultan Haki kami (Hak Kekayaan Interlektual). Apakah merek wajib dipatenkan? Jawabannya memang sangat wajib dikarenakan hal ini untuk melindungi merek tersebut agar tidak diklaim oleh orang lain atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sedikit penjelasan mengenai perbedaan merek dengan label. Sekarang saatnya membahas label yang mana label ini merupakan suatu bagian dari barang yang dihasilkan tetapi kalau label lebih menjerumus ke keterangan atau kata-kata tentang barang tersebut. Jadi bisa dikatakan label adalah keterangan yang berupa kata-kata untuk lebih menjelaskan secara detail dari produk yang telah diproduksi. Biasanya label berupa teks dengan dekripsi singkat namun padat dan jelas yang bisa langsung membuat masyarakat memahami manfaat produk tersebut.

Saat sudah mengetahui mengenai perbedaan antara merek dan label, maka tentu saja harus bisa mengetahui mengenai cara mematenkan produk karena ini nanti sangat penting untuk mengamankan keoriginalan produk yang telah tercipta. Cara mematenkan produk Anda bisa dikatakan cukup mudah dengan menghubungi konsultan HKI kami. Tujuannya nanti agar merek Anda sudah mengantongi hak paten kepemilikan dan tidak ada yang mengklaim atau menjiplaknya.

    Chat WA