Perlindungan Merek Terkenal

Perlindungan merek terkenal bagi setiap orang yang memilikinya, pasti ingin karyanya untuk dihargai. Penghargaan karya ini dilakukan dengan cara masing-masing yang mana salah satunya adalah melalui perlindungan payung hukum agar merek atas produk ciptaan dari seseorang atau suatu kelompok tertentu bisa terlindungi dan tidak asal tercomot oleh orang lain Ciptaan Dari Seseorang atau Suatu Kelompok Tertentu Bisa Terlindungi dan Tidak Asal Tercomot Oleh Orang Lain. Ada banyak kasus orang mengalami banyak kerugian karena karya yang dihasilkan ditiru dan dikomersilkan oleh pihak lain.

Perlindungan Merek Terkenal

Saat Anda belum mendaftar hak paten untuk karya yang dihasilkan maka dapat dipastikan bahwa akan sangat sulit mengklaimnya. Indonesia sendiri sudah memiliki peraturan berupa undang-undang yang mengatur perlindungan merek tertentu. Peraturan ini terdapat di dalam Undang-Undang No. 15 tahun 2011 dimana dalam pasal 4 dijelaskan bahwa suatu merek tidak dapat didaftarkan atas dasar pemohon yang mana pemohon tersebut beritikad tidak baik.

Selain itu, ada juga pasal 6 ayat 1 yang menjelaskan bahwa permohonan pengajuan merek harus ditolak apabila merek yang diajukan oleh pemohon tersebut mempunyai kesamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek yang sudah terkenal milik pihak lain untuk barang dan/atau sejenisnya. Jadi tidak sembarang orang bisa menjiplak dan meniru merek yang sudah dikeluarkan oleh pihak atau orang lain. Untuk mempermudah pendaftaran merek anda, silahkan hubungi konsultan HKI kami.

Tentang Perlindungan Merek Terkenal

Indonesia sangat menentang penjiplakan, pembajakan dan pencurian kekayaan intelektual. Bagi Anda yang memang saat ini sedang menciptakan suatu produk tertentu dan ingin memberikan merek pada produk yang dihasilkan, tidak ada salahnya membaca artikel ini karena nantinya Anda bisa mengetahui bagaimana perlindungan merek yang diterapkan. Untuk selanjutnya, saat berbicara tentang perlindungan terhadap merek terkenal, Indonesia sendiri menganut sistem yang dikenal dengan sistem konstitutif dimana mengharuskan kepada para pelaku usaha atau pencipta merek untuk tetap mendaftarkan merek yang telah diciptakannya.

Hal ini jelas menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia sangat menghargai prestasi anak bangsa dan memang sangat ingin melindunginya. Salah satu sistem Indonesia dalam hal perlindungan merek adalah menganut sistem konstitutif dan dalam sistem konstitutif ini nanti terdapat sistem first to file yang mana sistem ini menjelaskan dalam kaitannya pendaftaran merek harus dilakukan oleh orang yang berhak atas merek tersebut.

Artinya bisa dikatakan yang mendaftarkan adalah orang yang menggagas merek tersebut dan yang memang pemilik merek tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan merek terkenal. Mendaftarkan mereka Anda sesegera mungkin adalah jalan bijaksana agar terhindar dari kerugian.

Perlindungan Merek Terkenal indonesia

Sekarang saatnya untuk mengetahui kriteria merek terkenal yang ada di Indonesia. Kategori merek terkenal di Indonesia itu jelas sangat banyak sekali namun berdasarkan penjelasan peraturannya yang terdapat dalam Undang-Undang nomor 15 tahun 2001 pasal 6 ayat 1, kategori merek terkenal ini nanti adalah suatu merek yang harus dilakukan uji pertimbangan pengetahuan masyarakat akan merek tersebut, harus memperhatikan pula reputasinya sebagai merek yang terkenal karena promosi atau investasi besar-besaran yang dilakukan pemiliknya dan juga yang paling penting adalah bukti adanya pendaftaran merek yang dilakukan oleh pemilik sekaligus pencipta merek tersebut.

    Chat WA