Permohonan Pendaftaran Merek

Permohonan pendaftaran merek merupakan langkah awal yang harus diperhatikan sebelum memulai sebuah bisnis. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini ada berbagai jenis usaha, mulai dari online maupun offline dengan merek dagang masing-masing.

Permohonan Pendaftaran Merek

Namun, ternyata di antara merek dagang itu ada yang belum didaftarkan karena masalah biaya permohonan pendaftaran merek ke konsultan HKI. Mungkin sebagian besar dari mereka, khususnya pemula berfikir, lebih baik menjalankan usaha terlebih dahulu hingga jangka waktu tertentu, kemudian barulah merek dagang didaftarkan. Sebetulnya, hal itu kurang tepat, mengingat persaingan bisnis yang terjadi saat ini semakin ketat dan kemungkinan bisa berpengaruh terhadap merek dagang.

Permasalahan yang sering muncul akibat kesalahan pebisnis ialah adanya produk saingan yang bermerek sama. Anda bisa membayangkan bagaimana rasanya, bukan? Jika telah memulai sebuah bisnis dan penjualannya cukup baik, tapi sesudah itu Anda tahu bahwa ternyata merek yang ingin disematkan pada produk digunakan oleh pebisnis lain. Bahkan, bisa saja merek tersebut telah terdaftar. Bila sudah demikian, Anda tidak bisa meminta merek itu kembali karena telah didaftarkan orang lain ke lembaga terkait. Tentunya Anda ingin mengurangi resiko ini hingga sekecil mungkin demi kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Setelah itu, baru memperhatikan hal-hal yang bisa memudahkan Anda untuk mengajukan pendaftaran merek dagang. Pertama, Penelusuran merek untuk menghindari penolakan dari lembaga terkait saat hendak mendaftarkannya. Penelusuran merk tersebut dapat dilakukan melalui konsultan HKI kami.

syarat Permohonan Pendaftaran Merek

 

Tapi, suatu merek tidak dapat didaftarkan apabila permohonan pendaftaran merek dilandasi dengan niat buruk.

Misalnya, seperti pengusaha sate ayam mendaftarkan merek ‘SATE ENDES’ di kelas serta jenis barang hasil olahan daging ayam. Kalau ada pengusaha lain yang mendaftarkan merek sama di kelas serta jenis jasa restoran dengan niat ingin menghalangi pengusaha sate ayam tadi, maka pendaftaran kedua dianggap sebagai itikad tidak baik dan tidak akan disetujui.

Selain itu, bila merek bertentangan dengan perundangan-undangan, kesusilaan atau ketertiban umum dan moralitas agama akan dibatalkan. Permohonan pendaftaran brand juga akan ditolak apabila memiliki persamaan baik pada pokok maupun keseluruhan dengan merek terkenal, merek yang telah terdaftar dan indikasi geografis yang telah dikenal. Hal itu juga berlaku pada merek yang menggunakan nama dan foto orang terkenal atau nama lembaga lain (kecuali jika telah mendapat persetujuan).

Menyerupai atau merupakan tiruan dari nama, singkatan nama, lambang, bendera, simbol negara, lembaga nasional dan lembaga internasional serta merupakan tiruan dari tanda atau cap resmi yang digunakan negara/lembaga pemerintahan, kecuali telah ada persetujuan secara tertulis. Sepertinya, mendaftarkan merek dagang terlihat sangat rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ya? Tapi tentu akan berdampak pada kelangsungan bisnis Anda, sehingga akan berjalan hingga bertahun-tahun. Maka dari itu, perencanaan awal untuk mendaftarkan merek ini merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh Anda abaikan.

    Chat WA