Prosedur Pendaftaran Hak Merek Secara Umum

Prosedur pendaftaran hak merek secara umum terbagi ke dalam dua proses. Proses pertama berkaitan dengan pengajuan merek yang dilakukan oleh pemohon. Pada proses awal, pemohon menyerahkan berkas atau formulir pendaftaran merek yang sebelumnya telah diisi lengkap dan jelas. Penyerahan formulir ini bisa dilakukan melalui jasa konsultan HKI kami. Formulir ini harus disertai dengan surat pernyataan yang menerangkan bahwa merek yang didaftarkan adalah resmi miliknya.

prosedur pendaftaran hak merek

Selain itu, berkas juga harus lengkap, hardcopy merek, bukti pembayaran biaya daftar, bukti penerimaan pendaftaran, dan salinan peraturan penggunaan merek. Dalam proses ini, pemohon juga bisa sekaligus mengurus hak paten merek dagang di Indonesia melalui konsultan kami akan lebih mudah. Pengurusan hak paten ini biasanya sudah termasuk ke dalam prosedur tadi. Yang perlu menjadi catatan ketika mendaftar adalah waktu dan juga persyaratan yang lengkap. Waktu pendaftaran merek dagang juga sering menjadi faktor diterima atau tidaknya suatu merek dagang atau jasa. Proses pendaftaran ini memakan waktu yang tidak sebentar. Dan oleh karena itulah, tidak sedikit pemohon membatalkan pengajuan pendaftaran merek dagangnya. Agar mudah segera hubungi konsultan KI kami.

Dalam prosedur pendaftaran hak merek diperlukan bukti pembayaran biaya daftar biaya pengurusan hak paten merek produk di Indonesia sendiri cukup murah.

mengurus hak paten merek dagang di Indonesia

Bukti pembayaran permohonan ini harus disertakan pula pada proses pendaftaran. Semua bukti pembayaran dari pengurusan hak paten merek tersebut haruslah disertakan pada saat penyerahan berkas berikut formulir pengajuan permohonan. Biaya-biaya diatas sewaktu-waktu bisa saja berubah. Dan bagi Anda yang menggunakan jasa konsultan, biaya diatas disesuaikan dengan jasa konsultan yang digunakan. Bisa dipahami jika prosedur yang berlaku dalam pendaftaran hak paten merek ini tidaklah mudah. Perlu adanya pengetahuan terlebih dahulu dan cara pengajuan merek, oleh sebab itu diperlukan bantuan konsultan hki kami.

Jika rincian biaya pengurusan hak paten merek sudah diketahui maka langkah selanjutnya dalam prosedur pendaftaran hak merek adalah mendaftarkan berkas merek tersebut.

Biaya pengurusan hak paten merek produk

Itulah alur tahapan atau prosedur dalam proses daftar hak paten merek dagang HKI secara global. Pada pelaksanaannya, proses daftar ini sering terkendala dimulai dari kelengkapan syarat pada saat pengajuan permohonan. Maka disarankan bagi Anda yang berencana mendaftarkan hak paten merek, usahakan untuk meminta bantuan konsultan merek kami.

    Chat WA