Prosedur Pendaftaran Hak Paten

Prosedur pendaftaran hak paten pada dasarnya dimulai dengan pengajuan permohonan bisa kepada Konsultan Hak Kekayaan Intelektual. Permohonan hak paten ini dilakukan oleh seorang inventor yang memiliki satu invensi atau satu kesatuan invensi. Invensi disini merupakan produk barang atau jasa yang ingin di hak patenkan. Beberapa kasus seringkali ditemukan pendaftaran satu invensi untuk satu kesatuan invensi lainnya. Misal, pendaftaran invensi alat tulis, meliputi juga alat-alat didalamnya, seperti tinta, pensil, pulpen, dan alat tulis lainnya.

Prosedur pendaftaran hak paten

Mengecek paten merek ini bisa menjadi acuan dan riset agar pengajuan bisa diterima. Untuk bisa mendapatkan daftar paten merek yang ada di berbagai wilayah.

Dalam prosedur pendaftaran hak paten, terdapat tata cara yang harus dilakukan oleh setiap pemohon hak paten. Salah satunya adalah tata cara permohonan untuk pendaftaran merek dagang. Tata cara permohonan ini tidak bisa serta merta dilakukan. Ada beberapa langkah yang harus disiapkan dan dilakukan sebelum pengajuan. Salah satunya adalah mengisi formulir permohonan pendaftaran merek melalui konsultan kami. Pengisian form ini penting dilakukan agar permohonan bisa segera diproses dan diterima.

prosedur syarat pendaftaran merek dagang

Terutama pada bagian identifikasi merek yang akan didaftarkan. Dalam pengisian identifikasi ini, tidak hanya nama merek yang harus dijelaskan secara terperinci. Tetapi juga syimbol atau logo merek yang juga termasuk dalam surat pengajuan permohonan. Beberapa identifikasi meliputi unsur bahasa yang digunakan, pelafalan, tipe merek, tulisan merek, logo merek, hingga warna dan syimbol dalam penulisan merek. Dari informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa sebelum melakukan permohonan pendaftaran diharuskan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan merek yang akan didaftarkan.

cek paten merek

Selanjutnya, persyaratan berupa persyaratan dan formulir pemohon akan dilakukan pemeriksaan hingga sertifikat merek pemohon siap diterbitkan. Biasanya, dari pengajuan permohonan hingga diterbitkan sertifikasi merek dagang atau jasa dibutuhkan waktu sekitar 12 – 15 bulan lamanya.

    Chat WA