Prosedur pendaftaran merek

Prosedur pendaftaran merek harus diikuti dengan baik jika Anda sedang dalam persiapan untuk memulai usaha atau bisnis. Mungkin jika jenis usaha yang hendak dijalankan berbentuk franchise atau waralaba, hal tersebut tidak perlu dimasukkan ke dalam perencanaan. Tapi, apabila ingin membangun bisnis dengan merek yang diciptakan sendiri, misalnya produk snack, lulur dan lain-lain, maka wajib mendaftarkan merek dagang terlebih dahulu.

Berbicara soal ini, sekarang ada berbagai macam bisnis, baik online atau offline yang dapat kita temukan di luar sana. Produk yang mereka tawarkan pun beranekaragam. Namun, tahukah Anda bila ternyata ada beberapa pengusaha yang belum mendaftarkan merek dagang mereka. Salah satu alasannya adalah dana yang diperlukan untuk mengajukan registrasi merek ke lembaga terkait tidak sedikit.

prosedur pendaftaran merek

Sebagian besar dari mereka, terutama yang masih pemula, berpikir bahwa sebaiknya menjalankan usaha terlebih dulu barang satu atau dua tahun. Setelah usaha mulai berkembang, barulah merek dagang didaftarkan. Sebetulnya, cara yang demikian kurang tepat, mengingat saat ini persaingan bisnis semakin ketat. Itu secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap merek dagang. Masalah yang paling sering dialami pelaku bisnis dalam hal ini adalah ada produk dari kompetitor yang muncul dengan merek sama dan telah didaftarkan pula.

Jika sudah demikian, Anda tidak bisa meminta merek dagang tersebut kembali karena orang lain sudah lebih dulu melakukan prosedur pendaftaran merek.

Padahal selama merintis usaha itu hasil penjualan yang Anda dapatkan cukup baik. Tentu masalah ini semaksimal mungkin harus dihindari dalam perjalanan bisnis. Jika Anda ingin mendaftarkan merek dagang, ketahui dulu langkah-langkahnya.

Pertama, menelusuri merek untuk mencegah penolakan dari pihak terkait. Anda bisa melakukan penelusuran dengan bantuan kami. Tidak perlu secara langsung datang ke kator kami karena kami melayani pertanyaan dan konsultasi melalui email maupun live chat yang tertera di website.

Kedua, menyiapkan syarat yang dibutuhkan.

Ketiga, melakukan prosedur pendaftaran merek, yakni pengajuan merek oleh pemohon secara langsung kepada kami. Disini, pemohon akan mengisi data yang dibutuhkan untuk registrasi merek dan menyerahkan beberapa syarat lain, bukti pembayaran serta penerimaan permintaan pendaftaran merek.

prosedur pendaftaran merek baju

Langkah keempat dalam prosedur pendaftaran merek adalah pengecekan kelengkapan dokumen. Jika ada syarat yang masih belum dipenuhi, kami akan mengkonfirmasikan kepada Anda untuk melengkapinya.

Prosedur pendaftaran merek kelima adalah pengecekan kembali. Apabila tidak ada masalah pada tiap prosesnya, merek akan dipublikasikan dan akta merek akan dikirim pada pemohon atau kuasanya setelah permohonan diberi persetujuan untuk berada dalam daftar merek.

Demikianlah beberapa proses yang harus Anda jalani ketika hendak mendaftarkan merek dagang. Kedengarannya memang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar tapi dengan bantuan kami semua menjadi mudah, karena efeknya untuk bisnis Anda sangat besar. Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda ingin menjalankan usaha dengan lancar dalam waktu lama, bukan? Oleh karena itu, mulailah dengan niat dan perencanaan yang baik. Serta maksimalkanlah kedisiplinan Anda dalam menjalankan bisnis dengan mengikuti aturan yang ada dan tidak mengabaikan prosedur pendaftaran merek.

    Call Us
    Chat WA