Proses & syarat pendaftaran hak paten merek

Proses & syarat pendaftaran hak paten merek perlu anda pelajari dengan benar agar prosesnya bisa berjalan dengan baik. Mendaftarkan hak paten sebuah merek memang perlu sekali karena merek merupakan salah satu kekayaan intelektual yang harus dilindungi oleh hukum. Syarat pendaftaran hak paten sebuah merek memang banyak dan prosesnya cukup panjang. Anda perlu menunggu sampai beberapa bulan sampai pendaftaran disetujui dan Anda mendapatkan izin hak paten terhadap merek Anda.

Proses & syarat pendaftaran hak paten merek

Yang termasuk ke dalam merek yang didaftarkan di sini harus berupa nama merek dagang, logo merek dagang, dan warna merek dagang secara lengkap agar bisa jadi identitas dari produk yang Anda jual. Selain merek dagang, merek yang bisa didaftarkan adalah merek kolektif, dan merek jasa. Fungsi merek dagang itu ada banyak, antara lain menjamin reputasi produk, menjadi pembeda dengan produk lain, menunjang pertumbuhan industri, dan memperkenalkan atau mempromosikan produk. Inilah mengapa Anda harus memberikan sebuah merek pada produk yang dijual, dan agar lebih aman harus didaftarkan secara resmi.

Merek dagang adalah berupa nama, gambar, huruf, kata, kombinasi, angka, dan susunan dari sebuah barang. Agar tidak ada masalah lainnya lebih baik sebelum mendaftarkan merek dagang maka Anda harus cek dulu nama merek yang akan digunakan. Siapa tahu nama yang akan Anda ajukan sudah didaftarkan oleh orang lain. Jika begini maka sudah pasti permohonan Anda akan ditolak. Untuk pengecekan merek bisa menghubungi konsultan HKI kami.

logo merek dagang

Merek dagang adalah berupa logo, nama, bentuk, huruf merek produk Anda. Anda sudah memiliki hak atas merek yang didaftarkan, jika nanti ada orang yang mengusik nama merek ini maka Anda bisa menuntut ke jalur hukum jika memang ada hal yang tidak diinginkan karena mereknya sudah resmi milik Anda.

    Chat WA