Syarat membuat merek

Syarat membuat merek perlu untuk diketahui semua orang, terlebih yang mempunyai sebuah produk baru. Sebab, membuat merek tidak bisa dilakukan sembarangan. Merek akan sangat menentukan popularitas dari produk itu sendiri sekaligus kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karena itu, riset serta analisis sebelum membuat merek perlu duntuk dilakukan.

Nah, agar merek yang Anda pilih mantap serta menarik, berikut ini syarat membuat merek yang harus Anda ketahui.

1. Merek Harus Mencerminkan Produk
Konsumen akan lebih mudah mengenal sebuah produk jika merek yang digunakan memberi gambaran yang jelas terhadap produk itu sendiri. Sebagai contoh, sebuah produk terbuat dari singkong, maka kata “Singkong” bisa disertakan dalam merek tersebut. Dengan begitu, tanpa melihat bagian dalam produk tersebut, konsumen sudah bisa membayangkan isi dari produk itu. Variasi nama juga bisa Anda gunakan dalam hal ini. Berikut ini beberapa contoh variasi nama merek.

Syarat membuat merek

a. Nama deskripsi, sebagai contoh Singkong Keju. Konsumen langsung bisa membayangkan bahwa produk tersebut terbuat dari bahan singkong yang rasanya dimodifikasi dengan keju.
b. Nama akronim, sebagai contoh La Luna. Konsumen akan bisa menebak bahwa produk tersebut berasal dari nama perusahaan pemroduksi yang disingkat.
c. Merek kreatif. Untuk bisa menciptakan merek seperti ini, Anda memerlukan pemikiran lebih mendalam. Berbagai bahasa juga bisa Anda gunakan sebagai merek, seperti bahasa sanskerta, nama berdasarkan mitologi Yunani, dan sebagainya.

Dari uraian di atas, pada intinya, syarat membuat merek yang pertama adalah pilihlah nama yang sekaligus bisa mencerminkan produk itu sendiri dan image yang ingin diciptakan.

2. Merek Tidak Lebih dari Tiga Suku Kata
Pembatasan suku kata ini jelas untuk mempermudah bagi konsumen dalam mengingatnya. Tidak hanya itu, Anda juga lebih bisa membuat kata yang lebih serasi dengan tiga suku kata tersebut. Semakin indah merek yang dibuat dari tiga suku kata ini, semakin membuat konsumen mudah untuk mengenalnya. Dalam hal ini, kata-kata simple yang friendly di telinga masyarakat bisa menjadi pilihan. Jangan lupa pula untuk mengikuti tren kata yang sedang digemari masyarakat. Kata-kata seperti ini akan semakin memudahkan Anda dalam mendongkrak popularitas produk.

3. Merek Mudah untuk Diucapkan
Membuat merek yang mudah untuk diucapkan menjadi syarat membuat merek selanjutnya. Semakin mudah konsumen untuk mengucapkannya, semakin mudah produk tersebut diingat dan digunakan oleh konsumen. Coba perhatikan beberapa merek, baik alat elektronik, media sosial, maupun produk lainnya, yang menggunakan kata yang sangat mudah diingat. Mereka dengan cepat akan mendulang kesuksesan daripada yang memiliki merek yang sulit diucapkan.

Syarat membuat merek baju

4. Merek Mempunyai Hubungan dengan Logo
Kekuatan merek akan semakin sempurna jika didukung oleh logo. Ingat, otak manusia akan lebih cepat menyerap gambar daripada tulisan. Dengan kata lain, membuat merek yang bisa dihubungkan langsung dengan logo akan memberi peluang merek tersebut menjadi terkenal. Oleh karena itu, semaksimal mungkin, sisipkan merek pada logo, sehingga konsumen dapat langsung mengenal merek produk Anda meskipun hanya melihat logonya dari kejauhan.

5. Merek Cukup Unik
Syarat membuat merek selanjutnya adalah pilihlah nama yang unik. Pada umumnya, seseorang akan lebih mengingat nama-nama unik yang jarang didengar daripada nama lainnya yang sudah umum. Keunikan akan memberi kesan tersendiri hingga membekas di benak konsumen. Namun, memang dibutuhkan kreativitas serta riset untuk bisa memilih merek yang unik dan digemari masyarakat.

6. Hindari Merek yang Sama dengan Produk Lain
Untuk menjamin keorisinilan merek yang Anda miliki, Anda harus pastikan merek yang dipilih belum digunakan untuk produk lain. Dalam hal ini, Anda bisa memeriksanya dari mesin pencari Google. Jika dalam mesin ini merek yang Anda tuliskan ada banyak sekali, gunakan merek lain yang mempunyai makna sama, namun tetap memenuhi syarat membuat merek sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat membuat sebuah merek bagi produk baru Anda. Ingat, merek menjadi andil terbesar untuk mencapai kesuksesan produk Anda di tengah masyarakat, selain kerja keras, usaha pemasaran, dan pastinya modal awal.

    Call Us
    Chat WA