Syarat pendaftaran merek

Syarat pendaftaran merek adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi oleh pemohon ketika ingin melakukan registrasi terhadap label dagangnya. Mungkin beberapa dari Anda ada yang belum mengetahui pentingnya merek untuk kelangsungan bisnis. Padahal ada beberapa fungsi pemakaian merek yang bisa membantu perkembangan usaha, yaitu menjadi tanda pengenal untuk membandingkan hasil produksi antara seseorang, beberapa orang, badan usaha dengan orang lain atau badan usaha lain.

Merek juga berguna sebagai alat pemasaran, sehingga pebisnis bisa mempromosikan produk hanya dengan menyebut mereknya. Selain itu, merek dapat menunjukkan asal barang atau jasa dan menjadi jaminan atas kualitas barang yang dihasilkan. Tapi, supaya merek diakui dan dilindungi oleh suatu lembaga, Anda harus mendaftarkannya. Banyak manfaat yang diperoleh jika pebisnis memasukkan proses ini dalam planning atau perencanaan usaha.

Syarat pendaftaran merek

Pertama, merek bisa dijadikan sebagai alat bukti bagi sang pemilik yang berhak atas brand tersebut. Kedua, dapat menjadi dasar penolakan terhadap merek yang sama secara pokok atau keseluruhan pada produknya yang dimohonkan registrasi oleh pebisnis lain untuk barang atau jasa sejenis. Ketiga, sebagai dasar untuk menghindari orang lain menggunakan merek yang sama dalam peredarannya untuk barang atau jasa sejenis.

Bila hendak melakukan registrasi, ada beberapa syarat pendaftaran merek yang wajib dilengkapi.

Pertama, permohonan untuk mendaftarkan merek harus diajukan oleh pemohon.
Kedua, permohonan tersebut bisa diwakili oleh konsultan kami, baik secara elektronik maupun non-elektronik dalam Bahasa Indonesia.
Ketiga, dalam permohonan harus mencantumkan tanggal lengkap.
Keempat, pemohon wajib menyertakan identitasnya.
Syarat pendaftaran merek kelima, mencantumkan warna bila permohonan memakai unsur warna. Keenam, mencantumkan nama negara serta tanggal permohonan merek.
Ketujuh, memuat uraian jenis produk barang atau jasa, kemudian dilampiri label merek dan bukti pembayaran.
Kedelapan, biaya permintaan pendaftaran merek ditentukan oleh kelas barang dan atau jasa. Kesembilan, untuk merek yang berupa bentuk tiga dimensi, labelnya dilampirkan dalam format karakteristik dari merek tersebut.
Sementara untuk merek yang berupa suara, labelnya berbentuk notasi dan rekaman. Selanjutnya, permohonan pendaftaran merek harus melampirkan surat pernyataan kepemilikan merek yang dimohonkan saat registrasi.

Khusus untuk permintaan yang diajukan oleh lebih dari satu pemohon secara bersama-sama, mereka berhak atas merek tersebut. Jadi, semua nama akan dicantumkan dengan menetapkan salah satu alamat sebagai alamat pemohon. Permohonan ditandatangani oleh satu dari pemohon yang berhak dengan menyertakan persetujuan tertulis dari para pemohon yang diwakilkan.

Jika seorang atau beberapa pemohon adalah seorang WNA (Warga Negara Asing) dan badan hukum asing yang berkediaman di negara luar, harus diajukan melalui kuasanya. Untuk permintaan registrasi merek yang diajukan bersama-sama, surat kuasanya ditandatangani oleh semua pihak yang mempunyai hak atas merek tersebut. Syarat pendaftaran merek yang terakhir, yaitu permohonan untuk mendaftarkan lebih dari satu kelas barang dan atau jasa bisa diajukan dalam sekali proses saja.

Syarat pendaftaran merek baju

Di Indonesia terdapat puluhan merek yang telah terdaftar. Ada yang berkompetisi di pasaran dengan baik dan terus berkembang, tapi ada pula yang sedang mengalami kesulitan atau bahkan baru mengawalinya. Bila Anda termasuk dalam kategori terakhir, mulailah dengan merencanakan segala persiapan untuk registrasi merek, termasuk memenuhi syarat pendaftaran merek. Sebab, merek bisa memberikan eksistensi bagi sebuah produk, sehingga berbeda dengan yang lain dan juga diakui oleh masyarakat.

Sementara brand akan memberi ‘penghargaan’ atau nama baik bagi produk tersebut. Jadi, keduanya saling bergantungan. Perlu diketahui, bahwa semua brand besar diawali dari langkah yang kecil, saat mereka mendaftarkannya pada lembaga terkait. Meskipun melalui proses yang tidak mudah, seperti penelusuran merek, melengkapi syarat, melewati prosedur pendaftaran, menunggu proses pengecekan yang lumayan lama, mengajukan keberatan jika ada yang tidak sesuai dan melakukan investigasi ulang hingga pemohon menerima akta merek. Tapi, itu semua akan memberi efek yang baik bagi bisnis mereka. Oleh sebab itu, sebagai pebisnis pemula Anda harus segera mempersiapkan syarat pendaftaran merek dari sekarang.

    Call Us
    Chat WA